image

Menanti Keajaiban Barcelona vs PSG

Text : M Rusjdi Alatas | Photo / Video : Uefa | Editor: Andi Wahyudi | 8 March 2017

SPORTKU.COM

Kekalahan 4-0 dari Paris Saint Germain (PSG) di leg pertama babak 16 Liga Champioins Eropa menjadi tamparan keras bagi Barcelona.

Namun dini hari nanti, Kamis (9/3), Barcelona yang bermain di kandang bakal dipastikan mampu memetik kemenangan.

Jangan dulu tertawa! Ingat, kita berbicara soal Barcelona. Tim yang sejak 1992 tak pernah absen dari gelaran Liga Champions Eropa.

Coba anda lihat catatan empat pertandingan terakhir La Blaugrana. Bisa dengan jelas terlihat kalau Luis Enrique telah melakukan sebuah perubahan besar. Keputusannya untuk mundur dari bangku kepelatihan musim depan, ternyata sama sekali tak memperngaruhi performa El Barca di lapangan seperti yang ditakutkan banyak orang.

Malahan, Enrique berhasil menemukan formula baru yang justru membuat Barcelona bermain lebih garang.

Semua dimulai saat Barcelona menghadapi Atletico Madrid di pekan 24 La Liga, 26 Februari lalu. Barcelona yang biasanya bermain dengan formasi 4-3-3, tiba-tiba saja menggunakan tiga pemain belakang dan menempatkan Messi di belakang Suarez yang diplot sebagai penyerang utama.

Memang, hasil kemenangan 2-1 atas Atletico Madrid belum cukup untuk membuktikan kalau pola anyar Enrique lebih menjanjikan. Tapi coba anda lihat dua pertandingan berikutnya, dengan sedikit penyempurnaan, Barcelona berhasil mencetak 11 gol dan hanya satu kali kebobolan.

''Jika ada tim yang bisa mencetak empat gol ke gawang kami, maka kami bisa mencetak enam gol ke gawang mereka. Hasil di leg pertama memang sudah sangat jelas, tapi ini adalah babak hidup mati, dan kami baru bermain setengah babak,'' terang Enrique seperti dilansir ESPN FC.

''Selama 95 menit, banyak hal yang bisa terjadi. Semoga saja semuanya adalah hal yang positif buat kami,'' tambahnya.

Tapi ingat, menang saja tidak cukup bagi Barcelona. Mereka tertinggal agregat 4-0, yang mengharuskan mereka untuk menang setidaknya 5-0 bila ingin melaju ke babak perempat final. Dan sayangnya, PSG bukanlah tim yang hanya bertumpu pada keberuntungan saat berhadapan dengan Barcelona.

Maka dari itu, meski bakal memetik kemenangan di laga kontra PSG nanti, namun perjalanan Barcelona di Liga Champioins Eropa akan tetap berakhir sampai di sini.

''Itu (kemenangan 4-0) sudah kami lupakan, kami harus fokus pada leg kedua. Di Paris, kami menunjukan konsentrasi luar biasa sejak menit pertama hingga akhir. Itu yang ada butuhkan untuk mengalahkan tim seperti Barcelona,'' ungkap Cavani kepada laman resmi PSG.

Di Maria yang menjadi salah satu pemain paling berpengaruh atas kemenangan PSG di leg pertama, tampaknya tak bisa diturunkan. Sang penyerang asal Argentina dan Thiago Motta mengalami cedera dan diragukan untuk tampil di leg kedua nanti.

Meski demikian, PSG memiliki sejumlah nama seperi Lucas Moura yang dipastikan tetap bisa membahayakan pertahanan Barcelona.

Perkiraan Susunan Pemain:

Barcelona (3-4-3): Ter Stegen, Pique, Umtiti, Alba, Rafinha, Mascherano, Busquets, Rakitic, Messi, Suarez, Neymar.

PSG (4-3-3): Aurier, Silva, Kimpembe, Kurzawa, Verratti, Rabiot, Matuidi, Moura, Cavani, Draxler.

Text : M Rusjdi Alatas | Photo / Video : Uefa | Editor: Andi Wahyudi | 8 March 2017

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company