Sempat Memimpin Balapan, Zarco Alami Kecelakaan di MotoGp Qatar 2017

Text : Suhartono | Photo / Video : Yamaha | Editor: Andi Wahyudi | 27 March 2017

SPORTKU.COM

Debut Johann Zarco di MotoGP mengejutkan publik. Penampilan luar biasa Zarco membuat para pecinta MotoGP tercengang. Sayang berujung singkat.

Tampil perdana di MotoGP 2017 Senin dinihari tadu, pebalap Perancis itu berhasil tampil memukau. Start dari posisi grid 4, Zarco langsung merengsek ke posisi terdepan. Bersama tim Monster Yamaha Tech 3, Zarco memimpin jalannya lomba di Sirkuit Losail, Qatar.

Pada lap pembuka, Zarco langsung memberikan serangan. Masih di lap pertama, Zarco sudah berada di posisi kedua dengan menempel ketat Andrea Iannone (Suzuki Ecstar). Tak butuh waktu lama, Zarco langsung mengambil alih kepemimpinan balapan dari Iannones.

Balapan terus berjalan, Zarco semakin jauh ke depan. Masuki lap ke-5, pebalap kelahiran 16 Juli 1990 silam itu semakin beringas. Posisinya sebagai pemimpin rombongan terus melebarkan jarak. Dia meninggalkan pesaingnya Marc Marquez di urutan kedua. Bahkan juara bertahan MotoGP 2016 itu harus tertinggal 0.780detik dari Zarco.

Zarco tak bergeming dan terus melakukan balapan dengan apik. Yamaha M1 tunggangannya mampu dia kuasai dengan mudah. Jaraknya semakin jauh dengan pebalap di belakangnya. Pada lap 6, Andrea Dovizioso yang sudah berada di urutan kedua harus tertinggal 1.447detik dari Zarco.

Sayang, kesialan Zarco datang. Pada lap ke-7, tanpa ada lawan Zarco melakukan kesalahan kecil yang berakibat fatal. Dirinya mengalami insiden kecelakaan tunggal di trek sepanjang 5.380meter. Pupus sudah mimpi Zarco untuk memimpin balapan hingga 20 lap.

"Meskipun hasil akhirnya, saya senang dan itu sangat baik untuk memimpin rombongan di balapan pertama saya. Pagi ini, kami memiliki lebih lama pemanasan karena tidak ada aktivitas pada hari Sabtu. Sirkuit itu tidak sempurna, tapi perasaan saya sangat kuat dan posisi grid saya ke-4 dekat ke atas," buka Zarco.

"Balapan sempat terganggu karena hujan dua kali dan ada penundaan. Ketika akhirnya balapan dimulai, saya fokus dan saya bisa melihat bahwa saya tidak jauh dari posisi pertama jadi saya ingin mengambil kesempatan untuk melakukannya dengan baik."

"Saya tahu bahwa saya mulai kuat dan saya menyusul beberapa pebalap di tikungan pertama dan saya kemudian masuk ke ritme yang konsisten. Saya terus mendorong tetapi pada lap keenam, saya memutuskan untuk bersantai, dan mungkin saya pergi ke racing line dan kemudian saya jatuh di tikungan kedua."

"Ini adalah rasa malu dan saya masih perlu belajar sehingga kesalahan adalah bagian dari pelajaran saya sebagai rookie di MotoGP. Saya senang pada akhirnya, itu disayangkan tentang hasilnya tetapi penting untuk kepercayaan diri saya dan saya bersemangat untuk putaran Argentina," pungkas Zarco.

Text : Suhartono | Photo / Video : Yamaha | Editor: Andi Wahyudi | 27 March 2017

  • facebook share

RELATED NEWS

Aleix Espargaro Berharap Keberuntungan

Aleix Espargaro Berharap Keberuntungan

MOTOGP
Masa-masa Sulit Adrian di Portugal

Masa-masa Sulit Adrian di Portugal

SUPERBIKE
Michelin Siapkan Balapan Kompetitif

Michelin Siapkan Balapan Kompetitif

MOTOGP
Poncharal Semangati Hafizh Syahrin

Poncharal Semangati Hafizh Syahrin

MOTOGP

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company