image

Wujud Keseriusan Madura United Sebagai Klub Profesional

Text : M Rusjdi Alatas | Photo / Video : Media Madura | Editor: Andi Wahyudi | 4 April 2017

SPORTKU.COM

Sejumlah langkah dan perencanaan yang dimiliki Madura United jelas menunjukan bagaimana kematangan tim berjuluk Sapeh Kerap sebagai klub profesional.

Perhelatan sepak bola nasional yang sempat terpejam bakal kembali menggelegar. Kerinduan para pecinta sepak bola nasionalpun bakal lunas terbayar, karena pada 15 Mei 2017 mendatang kompetisi Liga 1 akan dimulai.

Perhelatan ini tentunya akan menjadi sangat fenomenal, karena ini adalah kompetisi resmi pertama bagi Indonesia setelah terlepas dari sanksi FIFA sejak tahun 2015 silam.

Munculnya sejumlah regulasi anyar yang ditelurkan PSSI, juga seakan menambah gereget kompetisi musim ini. Tidak hanya soal keharusan pemain muda, pembatasan usia pemain dan marque player juga seakan membuat kompetisi Liga 1 bakal lebih kompetitif dibanding era-era sebelumnya.

Maka tak heran bila sejumlah klub sudah melakukan persiapan jauh sebelum kepastian kick-off Liga 1 diumumkan. Bahkan, tak sedikit dari klub-klub peserta yang sudah berpikir soal investasi pemain guna menghadapi kompetisi musim berikutnya.

Salah satunya Madura United. Tim berjuluk Sape Kerap kini tidak hanya berpikir soal bagaimana mereka mengarungi musim ini, namun pihak manajemen juga sudah memikirkan soal bagaimana caranya melakukan pembibitan pemain muda yang bakal menjadi andalan mereka di musim kompetisi berikutnya.

''Kami sadar, tidak mungkin setiap musim kami harus cari pemain muda kesana-kemari. Untuk itu mulai sekarang kami sudah melakukan pembibitan dengan memaksimalkan tim level usia yang kami punya,'' jelas Direktur Teknik Madura United, Fabio Oliveira.

''Jadi mereka yang usia 17-19, kami siapkan betul untuk menjadi calon pemain utama kami di masa depan. Karena Madura United memang memiliki program untuk menciptakan pemain,'' imbuhnya.

Untuk menunjukan keseriusannya, Madura United bahkan tengah mempersiapkan untuk memulai sebuah akademi sepakbola. Nantinya, akademi Madura United akan menerima siswa mulai dari level usia 10-12 tahun.

''Untuk saat ini akademi kami akan membina pemain di usia 16-18 tahun. Tapi memang rencana besar kami akademi akan mendidik pemain mulai dari 10 atau 12 tahun,'' ungkap Fabio.

Selain itu, sejumlah pemain yang kini berada di Tim U-21, menurut Fabio, juga telah dipersiapkan untuk menjadi pelapis bagi tim utama. Dengan begitu, Madura United memiliki lebih banyak opsi pemain bila terjadi kendala terhadap sejumlah pemain di tengah musim kompetisi.

''Kalau Tim U-21 memang kami siapkan sebagai pelapis tim utama. Jadi sejak saat ini Tim U21 kami sudah di treatment untuk siap bermain di level tim utama,'' terang pria asal Brasil tersebut kepada SPORTKU.

''Kami harus antisipasi semua kemungkinan, baik itu pemanggilan oleh Timnas ataupun cedera. Karena kami tidak hal-hal seperti itu menjadi penghalang bagi kami untuk mengarungi kompetisi,'' tambahnya.

Persiapan matang yang dilakukan Madura United memang bukannya tanpa alasan. Pasalnya tim yang kepemilikannya berada di tangan Ahsanul Qosasi ini memasang target tinggi dalam mengakhiri kompetisi musim ini.

''Target kami kembali duduk di posisi lima besar pada akhir kompetisi musim ini. Musim lalu kami berhasil mengakhiri kompetisi di posisi ketiga, jadi saya rasa target kami musim ini sangat masuk akal untuk dicapai,'' terang Fabio.

Tapi persiapan yang dilakukan Madura United dalam mencapai targetnya bukan hanya bisa dilihat dari bagaimana mereka menyiapkan para pemain muda. Namun Tim Sapeh Kerap juga baru saja mendatangkan pemain jebolan Liga Primer Inggris untuk menambah daya gedor lini depannya.

Ya, Peter Odemwingie yang pernah membela West Bromwich Albion, kini telah resmi berseragam Madura United. Pemain berpaspor Nigeria inipun yakin akan tampil lebih baik ketimbang pemain jebolan Liga Inggris lain yang telah lebih dulu datang ke Indonesia dan bergabung dengan Persib.

''Kalau soal bagaimana saya dengan Cole, saya hanya bisa bilang mungkin saya akan mencetak gol lebih banyak ketimbang dia,'' terang Peter.

Text : M Rusjdi Alatas | Photo / Video : Media Madura | Editor: Andi Wahyudi | 4 April 2017

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company