image

Marquez dan Crutchlow Tolak Uji Coba Ban Michelin Saat Balapan

Text : Suhartono | Photo / Video : Ridersdomain | Editor: Andi Wahyudi | 17 April 2017

SPORTKU.COM

Dua pebalap Honda, Marc Marquez dan Cal Crutchlow masih ingin mencoba ban depan Michelin spesifikasi 2016 yang lebih keras.

Keinginan tersebut diutarakan langsung oleh Marquez dan Crutchlow. Hanya saja mereka tidak mau melakukan uji coba selama akhir pekan balapan seperti yang diusulkan saat Grand Prix Argentina belum lama ini. Di mana Michelin telah membawa ban depan tipe keempat ke Argentina dengan casing lebih keras seperti yang digunakan di Valencia November lalu.

Namun ban tersebut urung digunakan di MotoGP Argentina sesuai hasil rapat bersama dengan komisi keamanan. Dikeluarkan keputusan agar saat balapan tidak menggunakan ban baru tersebut. Hal itu membuat beberapa pebalap marah karena tidak bisa bergerak bebas di Sirkuit Rio Hondo karena ban dinilai terlalu lembut.

"Beberapa pebalap mengatakan (untuk Michelin), Bisakah Anda membawa sesuatu yang lebih keras? Dan saya salah satu dari pebalap yang meminta. Kata delapan pebalap (di Qatar) ban depan terlalu lembut," buka Crutchlow, pebalap dari Inggris dari tim satelit LCR Honda dikutip dari Autosport.

"Mereka sudah membawa (ban keras) pada balapan yang salah. Kami memiliki ban belakang yang sudah kami gunakan lima lap, kami memiliki empat ban depan, dan pada akhirnya hari Jumat seperti uji coba ban. Itulah alasan mengapa pebalap dengan Komisi Keamanan memutuskan untuk tidak menggunakan ban tersebut," imbuh Crutchlow.

Sementara itu, Marquez menjelaskan bahwa pebalap telah sepakat untuk tidak menggunakan lebih dari tiga jenis dari ban depan atau ban belakang di akhir pekan GP sepanjang musim 2017. Dan bahwa tidak ada persyaratan dengan alasan keselamatan untuk memperkenalkan jenis ban keempat.

"Kita tidak bisa memiliki lebih (dari tiga), atau kurang. Untuk beberapa alasan kenapa Michelin membawa ban lebih sejak awal dan kemudian kita berbicara di Komisi Keselamatan, mengapa kita harus menggunakan ban ini. Tidak ada alasan dalam keselamatan untuk menggunakan ban baru ini dengan karakter yang berbeda," tandas Marquez.

"Lebih baik untuk mencobanya di proper test, setelah Jerez," imbuh Marquez yang menekankan bahwa ia tetap tertarik untuk mencoba ban dengan motor barunya. Karena dia percaya hal itu cocok dengan gaya balapnya.

Baca Juga
Ducati Mulai Ragu dengan Lorenzo?

Text : Suhartono | Photo / Video : Ridersdomain | Editor: Andi Wahyudi | 17 April 2017

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company