image Ryan Dungey - Foto KTM

Crossert Red Bull KTM Ryan Dungey Pensiun Balap

Text : Suhartono | Photo / Video : Mxlarge, KTM | Editor: Andi Wahyudi | 24 May 2017

uploads/news/2017/05/crosser-ryan-dungey-pensiun-27158c1d3d6803c.jpg

Crosser Ryan Dungey Pensiun Balap

crosser-ryan-dungey-pensiun-16596d013303327
SPORTKU.COM

Ryan Dungey mengumumkan pengunduran dirinya dari balap profesional dalam sebuah konferensi pers yang diselenggarakan oleh KTM.

Berita mengejutkan datang dari crosser andalan Red Bull KTM Factory Racing Team. Pebalap kelahiran Belle Plaine, Minnesota, Amerika pada tanggal 4 Desember 1989 silam tersebut mengumumkan gantung helm dalam sebuah konferensi persnya di Angel Stadium, Anaheim, California.

Pengumuman Dungey datang tak lama setelah mengamankan gelar juara umum AMA Supercross 2017 Kelas 450SX. Gelar juara untuk yang ketiganya berturut-turut di atas KTM 450 SX-F Factory Edition. Kuda besi tersebut juga menjadi pengantar Dungey meraih gelar juara dalam balapan terakhirnya di Sam Boyd Stadium, Las Vegas pada tanggal 6 Mei lalu.

"Sulit dipercaya bahwa hari ini telah tiba. Tapi setelah banyak berpikir dan berdoa selama beberapa bulan terakhir, hari ini saya mengumumkan masa pensiun saya dari balap profesional Supercross dan Motocross. Keputusan ini tidak mudah. Saya telah mencapai lebih dari yang pernah saya bayangkan atau impikan, saya merasa sangat terhormat," ungkap Dungey.

"Saya telah bekerja sekuat tenaga selama saya bisa tapi kenyataannya adalah olahraga kami ini sangat sulit, musimnya panjang dan dibutuhkan sejumlah pengorbanan besar, kerja keras dan disiplin untuk tetap di puncak. Secara fisik, saya merasa bahwa saya dalam kondisi terbaik."

"Untuk keluar di puncak dan memegang gelar juara untuk tahun ketiga berturut-turut adalah berkah yang luar biasa yang sangat saya banggakan. Saya suka balap dan saya menyukai olahraga ini tapi saya merasakannya di hati saya bahwa saya siap untuk melangkah sekarang."

"Saya telah menyelesaikan semua hal yang harus saya lakukan. Meskipun saya mengambil langkah mundur dari balap, saya masih berencana untuk terlibat dalam olahraga ini dan terus berusaha membuatnya lebih baik dengan cara apapun yang saya bisa. Saya akan selamanya berterima kasih atas kenangan yang telah saya buat dan persahabatan yang telah saya kembangkan di sepanjang jalan," pungkas Dungey.

Dungey dalam karirnya telah berhasil meraih total sembilan gelar juara AMAs Supercross dan Motocross, termasuk empat gelar AMA 450SX (2017, 2016, 2015, 2012), tiga gelar AMA 450 Class MX (2015, 2012, 2010 ), AMA West Coast SX Lites (2009) dan gelar AMA 250 Class MX (2009).

Selain itu, Dungey juga menjadi bagian penting dari kesuksesan tim Amerika di tahun 2009, 2010 dan 2011. Di mana dirinya berhasil membawa pulang tiga gelar Motocross des Nations Championships.

Dungey tidak hanya membuat langkah besar dalam karirnya di jalur balap, tapi juga menjadi orang berpengaruh dalam olahraga secara keseluruhan. Pada tahun 2015, Dungey memenangkan ESPY Award untuk kategori Best Male Action Sports Athlete, gelar tersebut juga dia raih di tahun 2016.

Masih di tahun 2016, Dungey mencapai tonggak sejarah lain untuk menjadi pebalap motorcross pertama yang pernah tampil di Wheaties Box.

Baca Juga
Ryan Dungey Juara Umum AMA Supercross 2017 Kelas 450SX

Text : Suhartono | Photo / Video : Mxlarge, KTM | Editor: Andi Wahyudi | 24 May 2017

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company