image

Dunlop Monopoli Kejurnas IRS, FDR Dianaktirikan

Text : Suhartono | Photo / Video : Sonny Hastara | Editor: Andi Wahyudi | 7 July 2017

SPORTKU.COM

Polemik tentang regulasi di Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Indospeed Race Series (IRS) 2017 belum juga reda.

Kejurnas IRS 2017 sudah berlangsung dua putaran. Namun masih saja ada hal-hal kecil yang menimbulkan polemik. Salah satunya tentang regulasi ban di Kelas Kejurnas Sport 250cc. Di mana hingga Seri 2 lalu para pebalap di kelas ini masih diwajibkan menggunakan ban Dunlop.

Padahal di sisi lain, pabrikan ban lokal PT Suryaraya Ruberindo Industry (SRI) sudah menyiapkan ban radial untuk motor sport 250cc. Namun ban tersebut urung digunakan oleh para pebalap karena terganjal regulasi. Ban dengan ukuran 120/65-R17 untuk depan dan 150/55-R1& untuk belakang inipun hanya digunakan oleh pebalap di kelas komunitas.

"Kejurnas IRS 2017 tetap pakai ban Dunlop sampai akhir musim sesuai regulasi awal. Jadi kita tidak bisa ganti regulasi di tengah musim. Tapi tergantung FDR juga, kalau ban sudah siap kita akan serahkan ke pebalap dulu untuk dujicoba," ungkap Stevi Gunardi dari Indospeed selaku penyelenggara Kejurnas IRS.

Lebih lanjut, Gunardi menjelaskan jika saat ini ban radial FDR memang diperuntukkan bagi para peserta di kelas komunitas 250cc. "Jadi ban FDR untuk kelas 250cc baru buat komunitas. Ban kita kasih gratis dan setelah balapan dibalikin karena kita ingin tahu hasilnya seperti berapa durability-nya dan sebagainya," imbuhnya.

Jika melihat dari catatan best time, ban FDR memang masih tertinggal cukup jauh bila dibandingkan dengan Dunlop. Di mana best time FDR di Sirkuit Sentu Bogor, Jawa Barat masih berada di angka 1.46detik. Sementara sang kompetitor sudah menyentuh angka 1.43detik.

Kendati demikian, masih disayangkan oleh para pebalap dan tim. Sebab ban Dunlop Sportmax Alpha GP yang digunakan oleh para pebalap kini belum tersedia untuk trek basah. Hal ini memang mengganggu jalannya lomba, terutama jika terjadi hujan yang cukup deras sehingga balapan dibatalkan.

"Seri 3 nanti kemungkinan ban Dunlop untuk trek basah sudah tersedia," singkat Gunardi.

Jadi memang menjadi pertanyaan tersendiri yang sulit terjawab, kenapa Kejurnas IRS 2017 Kelas Sport 250cc masih menggunakan ban Dunlop. Sementara FDR sudah siap dengan ban radial miliknya. Atau hanya karena ban FDR belum diluncurkan ke pasar? Semoga terjawab di Seri 3 nanti.

Text : Suhartono | Photo / Video : Sonny Hastara | Editor: Andi Wahyudi | 7 July 2017

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company