image Aksi Gilles Villeneuve Insiden Gilles Villeneuve

Kisah Kehidupan Pebalap Kanada Gilles Villeneuve

Text : M. Aditia Prapanca | Photo / Video : Crash Throtle | Editor: Andi Wahyudi | 8 June 2017

uploads/news/2017/06/dibalik-sirkuit-gilles-villeneuve-67138acfd88e10c.jpg

Dibalik Kisah Sirkuit Gilles Villeneuve

gilles-vileneuve-by-gregbima-9485553d5a899c8
gilles-vileneuve-by-gregbima-457703fedc62d02
SPORTKU.COM

Formula 1 seri ketujuh berlangsung di Grand Prix Kanada tepatnya di Sirkuit Gilles Villeneuve pada akhir pekan ini (11/6).

Nama sirkuit ini diambil untuk mengenang pebalap Gilles Villeneuve asal Kanada yang meninggal karena kecelakaan Formula 1 di Grand Prix Belgia. Mantan pebalap Ferrari ini meninggal dalam sebuah kecelakaan di kualifikasi GP Belgia tahun 1982.

Kematian Gilles Villeneuve
Saat itu mobil Ferrari Gilles Villeneuve menabrak pebalap Jochen Mass dengan kecepatan 225 km/jam di GP Belgia. Ia berambisi memperbaiki catatan waktu di kualifikasi dengan memacu mobil secepat mungkin di lap terakhir.

Dengan delapan menit tersisa di sesi kualifikasi, Gilles mencoba mendahului Jochen Mass yang melambat saat memasuki tikungan. Jochen Mass saat itu melihat Gilles melaju dengan kencang mendekati mobilnya, dan seketika bagian belakang mobil Jochen ditabrak oleh Gilles.

Akibatnya, mobil Gilles terbang dan terpelanting beberapa kali di udara. Parahnya lagi Gilles terpental keluar dari mobil dengan helm terlepas dari kepalanya. Tim dokter mengahampiri Gilles dengan muka sudah berwana biru dan tidak bernapas. Tetapi denyut nadinya masih berdetak, lalu segera dibawa ke rumah sakit Universitas St Raphael.

Setelah mendapatkan perawatan pertama, Gilles Villeneuve divonis menderita patah tulang fatal. Pebalap Kanada ini masih tetap hidup dengan dukungan alat bantu pernapasan. Namun melihat kondisi Gilles yang memprihatinkan tersebut, istri Gilles dengan saran dokter, mencabut alat bantu tersebut dan pada tanggal 8 Mei 1982 pukul 21.02, Gilles Villeneuve dinyatakan meninggal dunia.

Meninggal Dipuncak Karir
Gilles meninggal di usia 32 tahun saat sedang berada di puncak karirnya. Gilles bisa dibilang menjadi salah satu ikon F1 era 1980 dan memiliki penggemar sangat banyak. Pebalap kelahiran 18 Januari 1950 ini pertama kali berlaga di Formula 1 tahun 1977 bersama tim Marlboro McLaren.

Ditahun 1978 Gilles dilirik oleh Scuderia Ferrari dan menandatangani kontrak 5 tahun hingga 1982. Prestasi terbaik Gilles adalah menjadi juara kedua tahun 1979 bersama Ferrari. Serta menjadi juara pertama di Grand Prix Amerika Serikat tahun 1979.

Walaupun belum pernah menjadi juara dunia Formula 1, tetapi Gilles dinilai memiliki attitude yang baik sebagai pebalap Formula 1. Oleh karena itu Scuderia Ferrari sangat menyukai Gilles dengan prilakunya dan mengkontrak sampai lima tahun.

Bahkan Gilles Villeneuve menjadi legenda pabrikan mobil asal Italia yaitu Ferrari. Di Sirkuit Autodromo Enzo e Dino Ferrari ada sebuah tikungan yang dinamai Gilles serta sebuah lukisan bendera Kanada, yang menandakan disinilah Gilles melakukan balapan terakhir pada 1982.

Juara Dunia Dibayar Oleh Anak
Gilles Villeneuve menikah dengan Joann Barthe pada tahun 1970 dan memiliki dua anak yaitu Jacques Villeneuve dan Melanie. Awal karirnya Gilles membawa keluarganya berkeliling dunia untuk saksikan Formula 1.

Bahkan jika Formula 1 berlangsung di Eropa, Gilles dan keluarganya selalu menggunakan mobil karavannya untuk menyaksikan F1. Tradisi itu membekas kepada anak laki-lakinya, Jacques Villeneuve. Ia pun mengikuti jejak bapaknya berlaga di Formula 1.

Jacques Villeneuve berlaga di Formula 1 selama 11 musim dari tahun 1996 sampai 2006. Karir terbaik di Formula 1 Jacques meraih juara dunia pada tahun 1997 bersama tim Rothmans Williams Renault. Kemenangan ini dipersembahkan Jacques untuk sang ayah tercinta.

 

 

Baca Juga
Robert Kubica Uji Coba Mobil Renault

 

Text : M. Aditia Prapanca | Photo / Video : Crash Throtle | Editor: Andi Wahyudi | 8 June 2017

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company