image

Keberuntungan Belum Memihak Scuderia Ferrari

Text : Harsya Fikmazi | Photo / Video : Scuderia Ferrari | Editor: Andi Wahyudi | 12 June 2017

SPORTKU.COM

Performa baik Ferrari masih belum bisa menghantarkan dua pebalapnya, Sebastian Vettel dan Kimi Raikkonen meraih podium di Canada.

Ada banyak faktor yang mempengaruhi hasil balapan; kecepatan mobil, strategi pebalap, dan keberuntungan. Bagi Ferrari, faktor keberuntungan itulah yang belum bisa mereka dapatkan saat melakoni Grand Prix Canada, (11/6). Pasalnya, pebalap utamanya, Sebastian Vettel, harus bersusah payah mengejar ketertinggalan dari rival utama mereka, Mercedes, yang berada di posisi terdepan. Salah satu penyebab yang membuat Sebastian Vettel harus berjuang ekstra karena bagian front wing mobilnya rusak akibat insiden di lap pertama yang disebabkan oleh mobil Max Verstappen.

Melihat kondisi yang tidak memungkinkan untuk melanjutkan balapan dengan kondisi tersebut, akhirnya tim memanggil Vettel untuk masuk pit dan melakukan penggantian front wing serta sekaligus melakukan penggantian ban untuk pertama kalinya. Vettel pun setuju bahwa performa mobilnya memang sedang dalam keadaan prima, hal tersebut juga direfleksikan dengan berhasilnya Vettel menembus empat besar setelah drop di posisi 18 alias paling buncit usai melakukan pit stop.

"Secara keseluruhan, kita tahu kita memiliki mobil yang kuat. Melihat kembali saat start, Bottas dan saya mencoba untuk bersaing namun Max datang dan hal ini tidak bisa dihindari. Saya tidak menyadari bagian front wing mengalami kerusakan separah itu, kami hanya fokus pada kecepatan penuh. Ternyata ada beberapa kerusakan tambahan di bagian bodywork lainnya," jelas Vettel dalam keterangan resminya.

Melihat hasil yang tidak begitu memuaskan, Kimi mengatakan timnya harus cepat move on dari keterpurukan tersebut. "Jika ini adalah hari yang buruk kami, maka kami harus menerimanya dan siap untuk melangkah ke depan," ujar Kimi. Melihat performa anak buahnya tidak maksimal, Maurizio Arrivabene pun tidak ngoyo. Ia tahu betul apa yang terjadi pada mobil kedua pebalap tersebut.

"Sayangnya mobil Seb rusak sehingga Ia tidak bisa lagi memberikan hasil terbaiknya. Awalnya, data kami menunjukan kerusakan tidak terlalu serius, hanya di lap berikut sayapnya pecah dan menyebabkan kerusakan lebih lanjut. Sedangkan untuk Kimi, menjelang akhir balapan, Ia sempat bermasalah dengan sistem pengeremannya," beber Arrivabene.

Mau tidak mau, setelah podium dikuasai oleh Mercedes, posisi klasemen konstruktor pun berubah. Kini Mercedes kembali berada di pucuk klasemen, dan Ferrari di posisi kedua. Sementara untuk klasemen pebalap, Sebastian Vettel masih perkasa di posisi puncak dengan raihan 141 poin.

Baca juga
DUA MERCEDES KUASAI GRAND PRIX KANADA

Sebastian Vettel belum beruntung di GP Canada 2017formula-1-monaco-528285a164331b9.jpg

Text : Harsya Fikmazi | Photo / Video : Scuderia Ferrari | Editor: Andi Wahyudi | 12 June 2017

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company