image Rossi rasakan ban belakang tidak nyaman Rossi sebut Yamaha peyebab kekalahannya di MotoGP Catalunya 2017 Aksi Rossi di MotoGP Catalunya, Spanyol 2017

Rossi Ungkap Penyebab Kekalahannya di MotoGP Spanyol

Text : Suhartono | Photo / Video : Yamaha | Editor: Andi Wahyudi | 12 June 2017

uploads/news/2017/06/rossi-sebut-yamaha-sumber-765733a8dcc8cda.jpg

Ini Biang Kerok Kekalahan Rossi

rossi-ungkap-yamaha-penyebab-92065238098cc90
rossi-ungkap-yamaha-penyebab-495208e910b5e08
rossi-ungkap-yamaha-penyebab-1926650b053f77d
SPORTKU.COM

Valentino Rossi termenung dengan kesedihan yang mendalam setelah hanya mampu finish di posisi ke-8 di MotoGP Catalunya, Spanyol.

Akhir pekan kemarin menjadi mimpi buruk Rossi. Pebalap Italia itu tak bisa mencapai targetnya untuk finish di podium juara. Meskipun di awal-awal lap Rossi tampak kuat dan stabil dengan kondisi grip ban rendah, namun hal itu tak bertahan hingga balapan usai di lap ke-25.

Rossi mengungkapkan jika masalah yang dihadapinya kali ini mirip dengan saat dirinya tampil di Jerez. Di mana pada saat itu pebalap Movistar Yamaha tersebut hanya bisa finish di posisi ke-10. Kondisi trek dengan aspal 'tua' dan bersuhu 50 derajat membuat Rossi tak mampu berkutik.

"Jadi, kami sangat sangat sedih dengan akhir pekan ini, tentang hasil, tentang balapan. Karena yang pertama, ini adalah salah satu trek favorit saya dan kami berharap bisa melakukan balapan yang bagus, juga karena tahun lalu merupakan balapan besar dan saya menang," ungkap Rossi.

"Kami memiliki kekhawatiran kecil bahwa kita dapat menderita di sini seperti di Jerez, dan sangat aneh bahwa dalam dua balapan tahun lalu yang saya menangi, tahun ini adalah yang terburuk. Jadi kami sedikit khawatir dan selama akhir pekan kami mencoba banyak hal yang berbeda tapi sayangnya kami tidak pernah cukup cepat, dan hari ini balapan sangat-sangat sulit."

"Bagi saya, masalah utamanya adalah motornya lebih understeer dan masalah menjadi sangat besar dengan kondisi ban belakang minim grip. Pada akhirnya, masalah utamanya adalah traksi belakang, terutama di sebelah kanan, karena setelah sepuluh lap saya berada dalam masalah dan saya harus banyak melambat."

Berbagai upaya telah dilakukan oleh Rossi yang menangi balapan di Catalunya pada musim lalu. Namun sayang, segala upaya yang dia lakukan tetap tidak bisa memberikan hasil positif. Rossi tidak bisa menggeber Yamaha M1 dengan cepat saat keluar tikungan.

Memang sangat disayangkan jika Rossi musim ini gagal finish di podium. Padahal, Rossi tercatat sebagai pebalap tersukses di Sirkuit Catalunya dengan 10 kemenangan.

Pada era MotoGP yang dimulai tahun 2002, Rossi menjadi pebalap dengan kemenangan terbanyak di kelas premier. Rossi tercatat menang di tahun 2002 saat bersama Honda. Kemenangan Rossi kembali diraih pada tahun 2004 hingga 2006 yang menggunakan motor Yamaha. Dominasi Rossi dengan Yamaha kembali tercatat pada tahun 2009 dan 2016.

Jika bicara hasil di semua kelas, Rossi juga masih menjadi pebalap tersukses dengan 10 kemenangan. Dengan catatan kemenangan di tahun 1997 (125cc), 1998 dan 1999 (250cc), 2001 (500cc), dan di tahun 2002, 2004, 2005, 2006, 2009, 2016 (MotoGP).

Baca Juga
Usai Menangi MotoGP Catalunya 2017, Dovizioso Rasakan Keanehan
Dovizioso Catat Sejarah Baru Untuk Ducati

Text : Suhartono | Photo / Video : Yamaha | Editor: Andi Wahyudi | 12 June 2017

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

Indoclub Kembali ke Gery Mang

Indoclub Kembali ke Gery Mang

ROAD RACE
Daytona Fokus di Indoclub Championship

Daytona Fokus di Indoclub Championship

ROAD RACE
Busi Brisk Konsisten Dukung Indoclub

Busi Brisk Konsisten Dukung Indoclub

ROAD RACE
Dovizioso Juara MotoGP Qatar

Dovizioso Juara MotoGP Qatar

MOTOGP

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company