image

Lahirnya Motor Listrik Ancam Perusahaan Oli

Text : Suhartono | Photo / Video : Sonny Hastara | Editor: Andi Wahyudi | 3 July 2017

SPORTKU.COM

Banyak lahir teknologi baru untuk menjawab kebutuhan moda transportasi yang ramah lingkungan. Salah satunya adalah dengan sepeda motor listrik.

Motor maupun mobil dengan tenaga listrik kini memang menjadi salah satu solusi untuk mengurangi polusi udara, juga polusi suara. Komitmen para produsen kendaraan bermotor dalam hal ini pun sudah semakin nyata. Salah satunya adalah pabrikan PT Triangle Motorindo, produsen sepeda motor Viar yang baru saja meluncurkan skuter listrik Q1.

Lahirnya skuter listrik Viar Q1 pun bisa jadi akan melahirkan tren baru di Indonesia akan kebutuhan moda transportasi. Bisa juga dalam beberapa tahun ke depan keberadaan sepeda motor listrik menggeser dominasi motor konvensional yang saat ini masih menjadi andalan.

Prediksi moncernya sepeda motor listrik sebagai moda transportasi masa depan tak pelak menimbulkan kekhawatiran tersendiri bagi keberlangsungan hidup para produsen pelumas dunia. Tak terkecuali juga para pabrikan oli di Indonesia yang masih menggantungkan hidupnya di dunia otomotif.

"Tentunya lahirnya sepeda motor listrik bisa menjadi ancaman pabrikan pelumas," buka Ivan Rastianto, Marketing Manager Evalube.

Hanya saja, menurut Ivan, masih butuh waktu untuk menjadikan sepeda motor listrik mendapat kepercayaan dari masyarakat. Banyak faktor yang membuat keberadaan sepeda motor listrik bisa saja eksis atau bahkan sebaliknya di Indonesia.

"Tapi sepeda motor listrik masih butuh waktu untuk eksis di Indonesia. Tapi tergantung regulasi dari pemerintah. Indonesia juga pasti nunggu regulasi dari dunia. Karena kita sebagai pasar dan saat ini orang belum butuh (sepeda motor listrik)," imbuh Ivan.

Sebagai antisipasi, Evalube yang merupakan produk pelumas dari PT Wiraswasta Gemilang Indonesia (WGI) juga sudah mulai melakukan berbagai tindakan.

"Di sepeda motor listrik kemungkinan, pelumasan masih ada tapi memang tidak pada mesin. Mungkin di bagian roda atau di bagian lainnya. Ini yang sedang kita jajaki, bekersama dengan perusahaan aditif," pungkas Ivan.

Text : Suhartono | Photo / Video : Sonny Hastara | Editor: Andi Wahyudi | 3 July 2017

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company