image

Mengapa 29er Tidak Menang di Leogang?

Text : Adi Supriyatna | Photo / Video : Pinkbike, UCI MTB | Editor: Andi Wahyudi | Media Source: Mbr | 14 June 2017

SPORTKU.COM

Ukuran roda tidak memenangkan balapan, pebalaplah yang melakukannya. Dan, Aaron Gwin raih tiga kemenangan Leogang World Cup berturut-turut.

Piala Dunia Downhill akhir pekan lalu di Leogang mungkin menyaksikan aksi Loris Vergier yang luar biasa dan berpikir tidak ada yang akan mengalahkannya. Banyak kalangan menduga, untuk kedua kalinya gelar juara Piala Dunia DH akan jatuh ke pengguna roda 29er.

Jangan Lupakan Gwin
Tapi fakta ternyata berbicara lain. Kemampuan dan skill-nya Aaron Gwin membuatnya mampu memenangkan Leogang. Bukan ukuran rodanya.

Mengenai ukuran roda, bertentangan dengan kepercayaan populer – bila di trek mulus keuntungan roda yang lebih besar akan kurang terasa. 29er berprestasi bila pada kondisi trek yang kasar.

Ada juga teori yang beredar. Pada kecepatan super tinggi, sepeda 29ers lebih lambat dari 27,5 inci. Alasannya memang belum jelas dan membutuhkan energi lebih banyak untuk menjaga roda yang lebih besar agar terus berputar. Tapi stopwatch tidak berbohong!

Secara teknis, Leogang dimenangkan oleh pebalap yang mendaratkan lompatan yang paling akurat. Ketika mendarat, transisi itu, bisa dibilang, roda kecil yang menghasilkan drive yang lebih dari roda yang besar.

Aaron Tidak Terbang
Ini adalah fakta yang diketahui bahwa Aaron Gwin banyak bersepeda di trek BMX. Dia mengatakan bahwa dia pergi setiap minggu ke track BMX lokalnya.

Gwin tahu betul, menjaga rendahnya lompatan dan menjadi beberapa milimeter yang sempurna saat mendarat di downslopes adalah saat dimana waktu bisa diperoleh.

Itu mungkin tidak terlihat cepat atau keren - sama sekali tidak terlihat sebenarnya. Tapi bagaimana Gwin menang di Leogang?

Belum selesai
Seperti semua balapan terbaik Piala Dunia, masih ada pertanyaan yang harus dijawab. Apakah Jack Moir akan menang jika roda depannya tidak dicuci dan membuatnya kehilangan beberapa detik dalam sebuah kecelakaan? Akankah kemenangan Aaron Gwin mampu mengatasi keuntungan yang harusnya dimiliki roda lawan- lawannya di Vallnord? Apakah Danny Hart akan bertahan dengan keluarganya? Apakah Loic Bruni akan memakan kata-katanya dan mengambil roda besar Spez Demo untuk berlomba di Vallnord? Apakah kita akan melihat kembalinya Rachel Atherton dan cara kemenangannya?

Aaron Gwin di Leogang

gwin-juara-di-leogang-2385043f3681110.jpg

Baca juga
HIGHLIGHTS PD DH LEOGANG

Text : Adi Supriyatna | Photo / Video : Pinkbike, UCI MTB | Editor: Andi Wahyudi | Media Source : Mbr | 14 June 2017

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company