image

Perjalanan Waktu Leogang Bike Park

Text : Adi Supriyatna | Photo / Video : Pinkbike | Editor: Andi Wahyudi | 15 June 2017

SPORTKU.COM

Saalfelden-Leogang menjadi salah satu tempat penting dalam sejarah Piala dunia MTB downhill. Tempat ini jadi saksi bisu para juara dunia. 

Terletak di Salzburg, Austria, Leogang Bike Park telah lama dikenal sebagai ski resort dan bike park terbaik di Austria. Tempat ini berada di dataran tinggi Austria dan memiliki panorama alam yang sangat menawan.

Leogang muncul sebagai taman wisata alam sejak 2001 silam. Tempat ini pun selanjutnya menjadi favorit wisatawan yang ingin bermain ski maupun MTB. Sebagai lokasi bermain MTB, Leogang mulai dikenal berkat pebalap Skotlandia Joe Connell.

Terkait downhill, track DH Leogang telah menjadi venue Piala Dunia DH sejak 2010. Sejak itu, tempat ini selalu menjadi langganan event tersebut, kecuali tahun 2012, dimana tempat ini menjadi host Kejuaraan Dunia (World Championship).

Lintasan untuk event PD di sini dikenal dengan nama ‘Speedster’. Memiliki panjang 2.524 meter, track tersebut berada sangat dekat dari lintasan DH reguler, yang dibuka setiap akhir pekan.

Sebagian besar lintasan bergelombang di sepanjang lereng gunung dan berada di tempat terbuka. Hal itu membuat tempat ini sangat bagus untuk disaksikan. Lintasan ini juga sangat cepat dan penuh dengan beragam karakter seperti akar pepohonan yang mirip trek di Fort William, Skotlandia.

Juga hadirnya kawasan hutan yang pada saat hari cerah, pebalap harus mengatasi perubahan cahaya yang ekstrem saat mereka memasuki bagian hutan pinus. Hutan pinus di sini juga sangat padat, penuh patahan dan terdapat bagian akar yang terbuka.

Bagian terakhir tentu saja memiliki fitur yang berupa motor way, dengan lintasan berupa zig-zag, melintasi taman freeride dan memasuki gerbang finish. Daerah ini menjadi arena pertunjukan (amfiteater) alami yang mengesankan.

Selama menjadi tuan rumah PD DH, terdapat sejumlah drama sekaligus nama juara di sini. Josh ‘Ratboy’ Bryceland misalnya, meraih kemenangan yang luar biasa setelah mengalahkan Loic Bruni - yang kala itu menjadi pebalap tercepat di kualifikasi - terpeleset di sebuah kelokan. Kemenangan tersebut menjadi yang pertama bagi Ratboy.

Aaron Gwin juga pernah menjadi juara di Leogang dengan cara yang sangat dramatis. Rider asal AS itu finish tanpa bantuan rantai sepedanya yang terputus pada awal race. Gwin juga menjadi rider yang paling subur gelar juara di Leogang, dengan 4 gelar.

Mereka yang pernah menjadi juara di Leogang 

Elite putra
2016- 2017 Aaron GWIN (The YT Mob)
2015 Aaron GWIN (Specialized Racing)
2014 Josh BRYCELAND (Santa Cruz Syndicate)
2013 Steve SMITH (Devinci Global Racing)
2012 Greg MINNAAR* (Afrika Selatan/Kejuaraan Dunia)
2011 Aaron GWIN (Trek World Racing)
2010 Greg MINNAAR (Santa Cruz Syndicate)

Elite putri
2017 Tahnee Seagrave (Transition Factory Racing/FMD)
2016 Rachel ATHERTON (Trek Factory Racing)
2015 Rachel ATHERTON (GT Factory Racing)
2014 Manon CARPENTER (Madison Saracen Factory Team)
2013 Emmeline RAGOT (Lapierre Gravity Republic)
2012 Morgane CHARRE* (Perancis/Kejuaraan Dunia)
2011 Floriane PUGIN (Scott 11 Team)
2010 Sabrina JONNIER TMR10

Start gate track DH di Leogang Bike Park

leogang-jadi-venue-putaran-56643ee389b1de5.jpg

 

Baca juga:
MENGAPA 29ER TIDAK MENANG DI LEOGANG? 

 

Text : Adi Supriyatna | Photo / Video : Pinkbike | Editor: Andi Wahyudi | 15 June 2017

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company