10 Data Menarik Sirkuit Assen

Text : Suhartono | Photo / Video : MotoGP | Editor: Andi Wahyudi | 21 June 2017

SPORTKU.COM

MotoGP kembali digelar di Sirkuit Assen, Belanda akhir pekan ini, 24-25 Juni. Banyak fakta menarik mengenai perjalanan balap motor di Assen.

Sirkuit Assen sudah menggelar balap motor Grand Prix (GP) sejak 1949. Sejak saat itu hingga sekarang Sirkuit Assen tak pernah absen dari MotoGP. Berbagai ubahan mengenai trek pun sudah beberapa kali dilakukan. Mulai dari pengurangan panjang sirkuit hingga sektor pit yang telah mengalami modifikasi.

Berikut beberapa fakta menarik mengenai Sirkuit Assen:

  1. Sirkuit Assen memulai debut menggelar balap motor pada tahun 1925. Saat itu masih berupa sirkuit tradisional.
  2. Tahun 1949, Sirkuit Assen pertama kali menggelar Grand Prix (GP) dan masih rutin hingga saat ini.
  3. Tahun 1950, Umberto Masetti menjadi pemenang saat balapan GP di Sirkuit Assen digelar sepanjang 298 kilometer dalam waktu 2jam 43.2detik. Dan itu menjadi balapan terpanjang dalam sejarah di Sirkuit Assen.
  4. Pada tahun 1951 pebalap Italia, Umberto Masetti mencatat rekor dengan motor balapnya Gilera 500cc yang mencapai kecepatan rata-rata 162,35 km/jam (100,88 mph).
  5. Pada tahun 1954, Geoff Duke, pebalap asal Inggris mencapai kecepatan rata-rata 170,69 km/jam (106,06 mph).
  6. Pada tahun 1975 mencatat peristiwa dramatis di Kelas 500cc. Barry Sheene dan Giacomo Agostini menyentuh garis finish bersamaan. Hal itu membuat petugas pencatat waktu menuliskan waktu finish keduanya sama. Saat itu, pencatatan waktu masih menggunakan metode manual.
  7. Yamaha menjadi pabrikan tersukses di Sirkuit Assen di era mesin 4-tak. Total Yamaha meraih 7 kemenangan. Disusul Honda dengan 5 kemenangan. Sementara Ducati baru meraih satu kemenangan pada tahun 2008.
  8. Valentino Rossi menjadi pebalap tersukses di Sirkuit Assen yang berhasil mempertahankan gelar beruntun. Rossi meraih kemenangan pada tahun 2004 dan 2005. Total, Rossi sudah mengantongi 8 kemenangan, 6 di MotoGP dan satu kemenangan di kelas 250cc dan 125cc.
  9. Musim 2016, Jack Miller berhasil menjadi juara di Sirkuit Assen pada balapan basah yang disusul oleh Marc Marquz dan Scott Redding di podium ketiga. Sedangkan Rossi gagal finish.
  10. Balapan di Sirkuit Assen selalu digelar pada hari Sabtu. Namun pada tahun 2016 untuk pertama kalinya balapan digelar hari minggu.

Baca Juga
Sejarah Lahirnya Grand Prix Assen

Text : Suhartono | Photo / Video : MotoGP | Editor: Andi Wahyudi | 21 June 2017

  • facebook share

RELATED NEWS

Petrucci Salip Zarco di Klasemen

Petrucci Salip Zarco di Klasemen

MOTOGP
Lorenzo Tuding Marquez Biang Kerok

Lorenzo Tuding Marquez Biang Kerok

MOTOGP
Klasemen Akhir MotoGP Rookies Cup

Klasemen Akhir MotoGP Rookies Cup

ROAD RACE
Rossi Mulai Kesal dengan Yamaha

Rossi Mulai Kesal dengan Yamaha

MOTOGP

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company