image Bersepeda dalam kondisi cuaca panas memiliki tantangan tersendiri terutama bagi tubuh, yang bila tidak diperhatikan malah akan bisa menyebabkan cedera.

Tips Bersepeda di Cuaca Panas

Text : Adi Supriyatna | Photo / Video : Adi Supriyatna | Media Source: Cyclingweekly | 29 June 2017

uploads/news/2017/06/tips-bersepeda-di-cuaca-90344bfdd63ebdf.jpg

Tips Bersepeda di Cuaca Panas

krakatau-granfondo-2017-89215734517b2b2
SPORTKU.COM

Bersepeda pada saat udara panas mungkin jauh lebih menarik daripada di musim dingin atau hujan.

Akan tetapi, kondisi tersebut memiliki tantangan tersendiri terutama bagi tubuh, yang bila tidak diperhatikan malah akan bisa menyebabkan cedera.  

Berikut lima tips sederhana yang bisa diikuti untuk menghindari kendala saat bersepeda pada cuaca tersebut.

Tetap terhidrasi
Salah satu hambatan terbesar dengan bersepeda pada cuaca panas adalah menjaga hidrasi yang cukup. Anda akan berkeringat lebih karena tubuh mencoba untuk mendinginkan diri secara alami. Tapi keringat akan menguap dengan cepat, yang berarti sulit bagi Anda untuk mengukur seberapa banyak cairan yang hilang.

Minumlah sedikit dan sesering mungkin saat bersepeda, dan pastikan Anda sudah banyak minum di tempat-tempat dimana Anda bisa mendapatkan minuman yang banyak - di sebuah kafe misalnya.

Minum dua botol air selama perjalanan panjang adalah cukup normal. Minuman dengan elektrolit bisa menjadi ide baik untuk mengganti cairan yang hilang lewat keringat, yang bisa menyebabkan kram. Memasukkan es batu ke dalam botol minum Anda sebelum pergi akan membantu agar minuman Anda tetap dingin, setidaknya selama setengah jam pertama.

Pakaian yang tepat
Bahan yang ringan akan membantu Anda mendinginkan dan mencegah keringat yang bisa membuat Anda tidak nyaman.

Sebuah jersey dengan ritsleting depan yang panjang dapat membantu Anda mengatur suhu tubuh dan lapisan dasar yang ringan juga dapat membantu mengangkat dan penguapan keringat dari kulit. Angin yang Anda ciptakan dengan berkendara bersama memiliki efek pendinginan sendiri.

Mengenakan sarung tangan setengah jari lebih baik daripada tidak menggunakan sarung tangan karena telapak tangan yang berkeringat bisa membuat sakit saat mencengkeram handlebar. Kaus kaki bersepeda yang ringan juga patut digunakan.

Celana pendek yang pas juga penting. Setiap gesekan halus yang diperburuk oleh keringat dapat menyebabkan rasa yang tidak nyaman dan dengan sangat cepat. Menggunakan krim chamois sebelum bersepeda bisa sangat membantu. Kenakan kacamata hitam dengan lensa UV 100% untuk mencegah kerusakan pada mata Anda dan melindungi mata dari debu, serangga dan lalat yang beterbangan.

Perhatikan permukaan jalan
Pada cuaca yang sangat panas, aspal bisa meleleh dan menyebabkan bercak tar menjadi licin atau lengket. Selain berbahaya bersepeda di permukaan yang tidak stabil, tar juga bisa menempel pada ban, menarik pasir dan kotoran.

Gunakan Tabir Surya
Beberapa pesepeda mungkin merasa bangga dengan warna cokelat pada kulit – akibta terbakar sinar matahari - setelah bersepeda. Tapi ada pula yang merasa malu karena terlihat seolah-olah Anda masih mengenakan kaos putih saat melepas atasan. Kulit terbakar dan paparan sinar ultraviolet yang berlebihan akibat sinar matahari berisiko kanker kulit.

Oleh karena itu, oleskan tabir surya pada bagian tubuh yang terbuka, seperti lengan, kaki, wajah dan khususnya bagian belakang leher Anda. Gunakan juga pada kaki bagian depan, di atas lutut dan betis. Sebab bagian tersebut biasanya terkena sinar matahari lebih banyak daripada bagian kaki lainnya.

Bersepeda pada pagi atau sore hari
Cara yang sangat tepat untuk menghindari pancaran sinar matahari yang parah adalah bersepeda dengan cara menghindari waktu terpanasnya. Jadi berangkatlah lebih awal atau di penghujung hari dimana anda masih bisa bersepeda dengan hangat, tapi tanpa banyak bahaya.

Berkendara pada pagi atau malam hari dapat memiliki manfaat tersendiri - jalan yang sepi dan melihat satwa liar yang biasanya disembunyikan saat matahari masih di atas langit.

Membawa jaket tahan angin yang ringan di saku belakang pada perjalanan malam merupakan ide bagus jika cuaca mendingin saat matahari terbenam.


Saat pulang ...

Perhatikan asupan cairan saat Anda tiba di rumah. Tapi jangan lupa untuk makan seperti biasanya setelah bersepeda. Membuat minuman pemulihan sebelum perjalanan Anda dan memasukkannya ke dalam lemari es akan menyegarkan tubuh. Mandi dengan air dingin atau shower juga akan membantu Anda mendinginkan dan membersihkan kotoran yang terakumulasi.

Bersepeda dalam kondisi cuaca panas memiliki tantangan tersendiri terutama bagi tubuh, yang bila tidak diperhatikan malah akan bisa menyebabkan cedera.

krakatau-granfondo-2017-89215734517b2b2.jpg

 

Text : Adi Supriyatna | Photo / Video : Adi Supriyatna | Media Source : Cyclingweekly | 29 June 2017

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company