image

Esensi Slalom Berada di Perangkat Rem Tangan

Text : Harsya Fikmazi | Photo / Video : Greg Bima | Editor: Andi Wahyudi | 6 July 2017

uploads/news/2017/07/ini-pentingnya-modifikasi-rem-6827162956bdafa.jpg

Ini Pentingnya Modifikasi Rem Tangan

galeri-gymkhana-seri-2-5653181499ac95e
james-sangar-by-gregbima-3707288703f57cf
SPORTKU.COM

Balap ketangkasan slalom menitikberatkan pada fitur utama rem tangan kendaraan. Seperti apa pentingnya modifikasi rem tangan untuk slalom?

Ajang balap adu ketangkasan slalom memiliki satu kunci penting pada kendaraan. Fitur rem tangan menjadi hal vital dan harus diperhatikan, untuk itu dalam mengikuti balap slalom, James Sanger, sebagai master slalom Indonesia menyampaikan beberapa penjelasan mengenai seberapa penting rem tangan pada mobil balap slalom.

Modifikasi rem tangan ini berguna untuk kelincahan peslalom saat menari di antara cone yang disiapkan oleh panitia. Oleh karenanya, sebagai master slalom Indonesia, James Sanger, berpesan untuk melakukan beberapa modifikasi pada rem tangan kendaraan. Tentunya, hal ini akan berdampak pada kelincahan mobil saat berada di antara cone sebagai rintangan peslalom.

Jika dibedakan antara rem tangan kendaraan biasa dan rem tangan pada mobil balap slalom, sejatinya memiliki peranan yang berbeda. Di kendaraan biasa, fitur rem tangan hanya berperan sebagai pengunci ban ketika parkir. Sedangkan rem tangan yang diperuntukan untuk balap slalom menjadi ruh utama sehingga harus dimodifikasi agar menghasilkan cengkraman yang jauh lebih baik dari rem tangan biasa.

Disebutkan oleh peslalom Nos Fajar Trans ini bahwa untuk modifikasi rem tangan, biasanya mobil balap slalom menggunakan double caliper agar menghasilkan performa yang lebih mumpuni.

"Ya kalau rata-rata di Indonesia kita bikin kustom karena kita pakai double caliper. Jadi kalau kita lihat rem tangan standar kan hanya untuk sekedar berhenti. Ketika berhenti kita tarik rem tangannya, mobil tidak akan jalan, tapi ketika jalan kita tarik rem tangan, maka rem tangan tersebut tidak akan bekerja. Oleh sebabnya kita modifikasi sedemikian rupa agar rem tangan yang kustom tadi, meskipun lagi jalan terus kita tarik, itu masih akan tetap bekerja," beber Om Cici, sapaan akrab James Sanger.

Tidak hanya dari segi caliper saja yang dibedakan, kebanyakan tuas rem tangan pun turut menggunakan dengan yang lebih ergonomis. Hal ini tentunya akan memberikan kemudahan ketika digunakan dalam balap slalom. Mereka yang profesional biasanya menggunakan tuas rem tangan yang lebih panjang dan hampir sejajar dengan dada pebalapnya.

Baca juga:
MODIFIKASI MOBIL UNTUK IKUT BALAP SLALOM

James Sanger, peslalom Nos Fajar Transgaleri-gymkhana-seri-2-5653181499ac95e.jpg

Text : Harsya Fikmazi | Photo / Video : Greg Bima | Editor: Andi Wahyudi | 6 July 2017

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company