image Joe Hart (huffpost) Kiper manchester city Joe Hart, kiper senior Manchester City Edison Moraes, kiper muda berbakat Claudio Bravo (youtube)

Menilik Kiper Utama Man City Musim Ini?

Text : Handy Fernandy | Photo / Video : Sbnation | Editor: Dedi Hermawan | Media Source: transfermarkt | 13 July 2017

uploads/news/2017/07/siapa-kiper-utama-pilihan-30725a661dddbb1.jpg

Siapa Kiper Utama Pilihan City?

tiga-kiper-manchester-city-117974fd03b159f
tiga-kiper-manchester-city-83414cc9114be98
tiga-kiper-manchester-city-56766dedb89b551
tiga-kiper-manchester-city-1654242fdcaa5d0
tiga-kiper-manchester-city-4310544107d532b
SPORTKU.COM

Manchester City (Man City) kini memiliki tiga kiper terbaik di dunia. Siapa yang akan mengisi pos utama musim ini?

Man City membuat kejutan di bursa transfer beberapa waktu lalu dengan mendatangkan Ederson Moraes, kiper muda asal kesebelasan Benfica dengan menebus sang pemain seharga 35 juta Pounds atau sekitar Rp600 milyar.

Jumlah tersebut menjadikan nilai transfer kiper berpaspor Brasil tersebut melebihi harga jual Gianluigi Buffon yang dibeli Juventus dari Parma seharga 33 juta poundsterling atau sekitar Rp599 miliar pada tahun 2001 silam.

Kedatangan kiper berusia 23 tahun tersebut tentu menghadirkan tanda tanya. Pasalnya, saat ini Man City sudah memiliki Claudio Bravo dan Joe Hart. Kedua kiper tersebut diketahui merupakan andalan bagi tim nasionalnya masing-masing.

Claudio Bravo bahkan pada ajang Piala Konfederasi 2017 lalu tampil luar biasa. Ia sukses menyabet gelar Golden Glove atau kiper terbaik. Salah satu yang paling diingat adalah ketika mantan pemain Barcelona itu sukses mengagalkan tiga eksekusi penalti pemain Portugal di laga semifinal.

Total selama di Piala Konfederasi itu, Bravo bermain dalam tiga pertandingan dimana ia sukses menjaga gawangnya tetap perawan dalam satu pertandingan dan hanya kebobolan sebanyak dua gol saja sepanjang turnamen.

Baca juga
Evertonian Inginkan Rooney jadi Kapten

Sementara Joe Hart juga dapat dikatakan sukses menjalani masa “terapi’ di Serie A musim lalu. Bersama Torino, ia tampil sebanyak 36 pertandingan, dan pemain yang sempat membela Birmingham City itu sukses menjaga gawangnya dari kebobolan sebanyak lima kali.

Tak hanya itu menurut data yang bersumber dari Who Scored, kiper berusia 30 tahun tersebut sukses melalukan penyelamatan 104 kali. Hal tersebut membuatnya menjadi kiper dengan penyelamatan terbanyak nomor ke-9 di Serie A musim lalu.

Meskipun demikian, Ederson memiliki torehan yang sama baiknya dengan dua pemain di atas. Sejak dipercaya untuk menjadi pilihan utama di Benfica pada Maret 2016 silam, penampilannya begitu fenomenal.

Mengutip data dari Transfermarkt, musim lalu, Ederson tampil sebanyak 27 kali dan sanggup menjaga gawangnya tidak kebobolan dalam 18 pertandingan. Hal ini tentu jauh berbeda dengan Bravo yang hanya sanggup melakukan clean sheet sebayak 6 pertandingan dari 22 laga yang dijalani di musim lalu.

Kemungkinan besar Ederson akan didaulat untuk menjadi kiper utama dan Bravo menjadi pelapis. Hal ini dilihat tak hanya lewat catatan statistik musim lalu saja, tetapi juga usia kedua pemain tersebut. Ederson baru berusia 23 tahun sedangkan Bravo sudah menginjak usia 34 tahun.

Lantas bagaimana dengan Joe Hart? Kemungkinan ia akan menyusul langkah Willy Caballero yang memilih pergi dari Ettihad Stadium. Apalagi, kiper berusia 30 tahun tersebut selain memiliki hubungan yang tidak harmonis dengan Pep Guardiola, Manajer Man City, ia juga tengah diincar oleh klub yang memang membutuhkan tenaganya untuk bisa bermain regular agar bisa dipanggil Timnas Inggris di Piala Dunia 2018 mendatang.

Baca juga
Ngebir Saat Balapan

Text : Handy Fernandy | Photo / Video : Sbnation | Editor: Dedi Hermawan | Media Source : transfermarkt | 13 July 2017

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company