image Sealant yang digunakan pada ban tubeless Ban jenis tubular. Ban ini banyak digunakan oleh pebalap profesional Ban jenis clincher, nyaman digunakan dan mudah dijumpai di pasaran

Yuk Kenali Jenis Ban Untuk Road Bike!

Text : Adi Supriyatna | Photo / Video : Cyclingweekly | Editor: Dedi Hermawan | Media Source: Cyclingweekly | 21 July 2017

uploads/news/2017/07/pilihan-ban-untuk-road-5461312c0622815.jpg

Pilihan Ban Untuk Road Bike

jenis-ban-untuk-road-214649d9bd06306
jenis-ban-untuk-road-17947f9d1508fe5
jenis-ban-untuk-road-635130bd424e126
SPORTKU.COM

Road bike atau yang juga populer disebut sepeda balap adalah sepeda yang ditujukan untuk digunakan di jalan raya atau aspal.

Ban pada sepeda ini memiliki postur yang lebih kecil dari MTB dan mungkin terkesan ringkih. 

Meski nampak sama, ban road bike rupanya terdiri dari beberapa jenis atau tipe. Di pasaran saat ini, setidaknya terdapat tiga jenis ban, yaitu jenis clincher, tubular dan tubeless.

Ban tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Apa saja?

Clincher
Ban jenis ini menjadi pilihan banyak pengguna road bike. Ban jenis ini memiliki bead (ujung ban) di bagian luar ban yang mengait ke bawah bibir di pelek, dengan ban dalam yang terpisah dan terpasang di dalamnya. konstruksinya sama dengan ban standar. Keuntungan utama dari sistem ini adalah, ban ini sangat nyaman digunakan dan mudah dijumpai. Ban dalam pada ban jenis ini akan mudah berubah posisi jika terjadi tusukan pada ban.

Baca juga:
KECELAKAAN, MARCEL KITTEL MUNDUR DARI TOUR DE FRANCE  

Tubular
Ban ini memiliki desain ban yang dijahit ke dalam ban dan semuanya menempel pada roda dengan menggunakan lem atau pita pelek (rim tape). Ban jenis ini banyak dipilih oleh kalangan pebalap karena memiliki hambatan dan rolling resistance (daya gesekan ban saat berputar di jalan atau lintasan) yang lebih rendah. Namun, ban ini akan merepotkan apabila terkena tusukan atau bocor.

Tubeless
Sesuai namanya, ban jenis ini tidak membutuhkan ban dalam. Ban ini mampu menempel pada pelek dengan sangat kuat untuk menahan tekanan udara pada ban. Ban ini biasanya menggunakan ban clincher yang diisi dengan cairan perekat khusus (sealant), yang mampu menutup lubang atau pori-pori yang terdapat pada bagian dalam ban.

Sistem ini sangat berguna untuk mengurangi terjadinya tusukan atau terjadinya kebocoran pada ban. Fitur perlindungan dari tusukan yang ditawarkan ban tubeless juga sangat mengesankan.

Jadi, ban jenis apa yang akan Anda gunakan?

 

Ban jenis tubular. Ban ini banyak digunakan oleh pebalap profesional
jenis-ban-untuk-road-17947f9d1508fe5.jpg

 

 

Baca juga:
MAKNA DI BALIK JERSEY IKON DI TOUR DE FRANCE

Text : Adi Supriyatna | Photo / Video : Cyclingweekly | Editor: Dedi Hermawan | Media Source : Cyclingweekly | 21 July 2017

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company