Rahasia Ketangguhan Toyota Team Indonesia di ITCC 2017

Text : Harsya Fikmazi | Photo / Video : Greg Bima | Editor: Andi Wahyudi | 28 July 2017

SPORTKU.COM

Seri ketiga ITCC 2017 kembali menjadi kekuasaan Toyota Team Indonesia. Honda Racing Indonesia belum mampu mengimbangi permainan yang diberikan Haridarma.

Putaran ketiga Indonesia Sentul Series of Motorsport (ISSOM) yang berlangsung akhir pekan (23/7) kemarin kembali menjadikan Toyota Team Indonesia (TTI) sebagai juaranya. Sementara rival utamanya, Honda Racing Indonesia, masih belum bisa memberikan irama seimbang atas permainan yang dihadirkan oleh Haridarma Manoppo. Meskipun Alvin Bahar memulai balapan dari posisi pertama, namun rupanya hal tersebut tidak menjamin bahwa Honda Jazz miliknya bisa dengan mudah menuntaskan balapan.

Baca juga:
KALAH DARI TOYOTA, HONDA AKHIRNYA BUKA SUARA

Ada sebuah rahasia di balik ketangguhan skuat Toyota Team Indonesia. Menurut Haridarma, yang menjadi pebalap tumpuan TTI, ada beberapa hal yang menjadi fokus timnya sebelum berlaga di seri ketiga ini. Salah satu penyumbang keberhasilan Toyota Team Indonesia kali ini adalah berkat konsistensi saat latihan dan juga peranan ban yang disupport oleh GT Radial dapat bekerja dengan sangat baik.

"Kalau saya sih merasa dukungan dari ban, menurut saya sangat baik. Karena dua hari terakhir sebelum balap, sebelum latihan resmi, kita mendapat full support dari GT Radial. Mereka mengecek segala macam, mulai dari panas temperatur ban. Adapun yang mereka cek adalah beberapa bagaian ban, mulai dari sisi luar, sisi tengah, tengah dalam, dan semuanya di cek. Jadi menurut saya dukungan dari ban kali ini sangat maksimal," ucap Hari usai balapan.

Selain itu, Hari juga mengakui bahwa ada celah kekurangan dari Honda Racing Indonesia yang dia manfaatkan. Hari beserta tim menilai bahwa untuk performa All New Yaris yang menjadi pacuannya, memiliki karakter yang lebih baik dari Honda Jazz milik Alvin Bahar. Pasalnya, berdasarkan riset internal, menurutnya, performa mobilnya lebih baik dan terus konstan di setiap lapnya dibandingkan pacuan Alvin Bahar.

Baca juga:
HONDA RACING INDONESIA BELUM MAMPU BANGKIT DARI KETERPURUKAN

"Sebenarnya begini, dari seri satu lalu, pantauan kita dalam internal bahwa keunggulan Toyota adalah selama 12 lap waktu kita stabil, sedangkan lawan kita, di awal lap mereka kencang, makin banyak lap yang ditempuh malah makin pelan, nah kelemahan tersebut yang kita manfaatkan," tambahnya.

Berkat perhitungan yang matang dan evaluasi yang ketat dalam tim, akhirnya Haridarma sukses membawa pulang podium pertama dalam tiga seri berturut-turut selama gelaran ISSOM 2017. Melihat hasil positif yang ditorehkan tersebut, semakin memberikan rasa optimisme yang kuat bagi Toyota Team Indonesia di tahun ini.

Text : Harsya Fikmazi | Photo / Video : Greg Bima | Editor: Andi Wahyudi | 28 July 2017

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company