Paris dan LA Tuan Rumah Olimpiade 2024 dan 2028

Text : Maya Soeparwoto | Photo / Video : AP | Media Source: BBC,Reuters | 1 August 2017

Paris-LA Tuan Rumah Olimpiade

SPORTKU.COM

Setelah bersaing secara ketat, kedua kota Paris dan LA mengumumkan kesediannya sebagai tuan rumah Olimpiade 2024 dan 2028.

Paris secara resmi terpilih sebagai tuan rumah Olimpiade Musim Panas 2024 setelah calon kota pesaingnya Los Angeles setuju menjadi tuan rumah Olimpiade 2028 dalam sebuah kontes dua arah yang langka di antara kota-kota.

Kedua kota bersaing memperebutkan Olimpiade Musim Panas 2024 setelah beberapa pesaing lainnya mengundurkan diri dan panggung arena ditetapkan untuk Paris memenangkan tawarannya saat Komite Olimpiade Internasional (IOC) mengkonfirmasi bahwa Los Angeles resmi menyanggupi di tahun 2028 nanti.

"IOC menyambut baik keputusan Panitia Olimpiade dan Paralympik Los Angeles ini," kata Presiden IOC Thomas Bach dalam sebuah pernyataan.

Keputusan tersebut yang mendapat ratifikasi resmi dari IOC pada sebuah pertemuan di Peru pada bulan September, membuka jalan bagi Los Angeles dan Paris untuk bergabung dengan London sebagai satu-satunya kota yang pernah menjadi tuan rumah Olimpiade - musim panas atau musim dingin - tiga kali sejak Olimpiade moderen dimulai, lebih dari satu abad yang lalu.

Amerika Serikat terakhir menyelenggarakan Olimpiade untuk Olimpiade Musim Panas pada tahun 1996 di Atlanta. Yang pertama adalah Olimpiade Musim Panas III, berlokasi di St. Louis, Missouri, pada tahun 1904, bertepatan dengan World's Fair yang diadakan di sana pada musim panas.

"Saya dengan bangga mengumumkan bahwa Olimpiade akan kembali ke Amerika Serikat," Walikota Los Angeles Eric Garcetti mengatakan pada sebuah konferensi pers di kompleks olahraga StubHub Centre di pinggiran kota Carson.

Presiden Amerika Serikat Donald Trump, yang saat ini sedang dikepung oleh guncangan para stafnya dan kemunduran di Capitol Hill, memuji kabar tersebut dalam sebuah pernyataan selamat dari Gedung Putih.

"Saya yakin bahwa Olimpiade Musim Panas di Los Angeles akan menjadi contoh ideal Olimpiade dan semangat Amerika, dan kami berharap dapat menjamu mereka," katanya.

Amerika Serikat telah menyelenggarakan Olimpiade 9 kali, 5 Olimpiade Musim Panas dan 4 Olimpiade Musim dingin. Prancis telah menyelenggarakan 6 kali, masing-masing tiga di musim panas dan musim dingin.

Langkah IOC yang belum pernah terjadi sebelumnya, pada dasarnya memberikan dua kesempatan bersama-sama karena terkait sorotan tantangan keamanan yang dihadapi ibu kota Prancis sambil memberi kesempatan pada Los Angeles, yang terakhir kali menyelenggarakan Olimpiade 33 tahun yang lalu. Adalah cukup waktu untuk meningkatkan sistem transportasi umum.

Warga Los Angeles, yang menempati urutan kedua sebagai kota terbesar kedua di Amerika berdasarkan populasi, mengungkapkan perpaduan antusiasme Olimpiade dan kegelisahan tentang penempatan tambahan pada lalu lintas yang terkenal padat di kota ini.

"Ini adalah saat terakhir kami berada di sini di L.A., dan saya pikir ini akan menjadi keuntungan bagi bisnis dan  membawa persatuan kembali ke L.A.," kata penduduk Los Angeles Domenic Ferrante, 53.

'Chariots of Fire'

Perjanjian sebagi tuan rumah Olimpiade 2028 ini membuat IOC harus berkontribusi keuangan pada LA sebesar $ 2 miliar atau sekitar 26 trilyun rupiah, sekitar $ 500.000 lebih banyak daripada yang diterima Rio de Janeiro untuk Olimpiade Musim Panas tahun lalu.

Sisa dari proyeksi anggaran $ 5,3 miliar akan berasal dari sponsor lokal dan penjualan tiket, kata Garcetti. Pemerintah federal telah sepakat untuk biaya keamanan nasional," katanya.

Penunjukan Paris sebagai tuan rumah Olimpiade 2024 memang belum resmi diumumkan. Namun jelas menandai peringatan seratus tahun Olimpiade Paris 1924, yang pernah diangkat ke layar lebar peraih Oscar 1981 "Chariots of Fire. Paris juga pernah menjadi tuan rumah Olimpiade Musim Panas modern kedua, pada tahun 1900.

Walikota Paris Anne Hidalgo menyambut baik keputusan Los Angeles namun ia juga mengatakan bahwa Olimpiade 2024 diyakini akan  diselenggarakan di kotanya. Pembicaraan dengan IOC akan berlanjut sampai Agustus untuk mencapai kesepakatan tripartit," katanya.

Seorang perwakilan dari kantor Hidalgo, yang berbicara tanpa menyebut nama, mengatakan tentang kepastian akan tiba saat IOC bertemu pada 13 September di Lima, Peru, setelah beberapa langkah lagi dalam prosedur tersebut telah selesai.

Pejabat tinggi untuk Olimpiade Paris, Tony Estanguet, mengatakan bahwa tim pengorganisasiannya telah meyakinkan IOC "tentang manfaat pemberian" 2024 Games ke Paris. Panitianya menyambut baik pengumuman Los Angeles sebagai "langkah kunci dalam proses pemberian Olimpiade."

Garcetti mengatakan bahwa dia mengantisipasi dukungan IOC dengan suara bulat untuk penentuan tuan rumah 2028 di kotanya.

Anggota dewan senior Kanada IOC Dick Pound mengatakan: "Ini adalah kemenangan bagi kedua kota."

"Ini bagus untuk IOC karena kita punya dua kota besar yang beriringan untuk dua perhelatan besar berikutnya," katanya kepada Reuters.

Olimpiade Musim Panas berikutnya, pada 2020, sudah dijadwalkan akan digelar di Tokyo. Los Angeles sebelumnya menyelenggarakan Olimpiade Musim Panas tahun 1932 dan 1984.

 

Baca Juga:
Bendera Olimpiade Tiba di Tokyo

 

Kota California selatan berpendapat bahwa mereka bisa menjadi tuan rumah Olimpiade yang berdana murah mengingat sudah memiliki semua infrastruktur yang diperlukan, sementara Paris perlu membangun beberapa fasilitas baru yang mahal.

Namun Paris dipandang pantas sebagai runner-up untuk Olimpiade 2024 karena telah dilewatinya serangkaian tawaran Olimpiade sebelumnya dan ibukota Prancis tersebut akan menandai 100 tahun sejak terakhir kali menyelenggarakan Olimpiade. Selain itu Paris juga memiliki sistem transportasi umum berkelas dunia.

Reputasi Los Angeles untuk lalu lintas yang padat dan dampak larangan Trump untuk bepergian ke Amerika Serikat (travel ban) bagi enam negara mayoritas Muslim telah dipandang sebagai faktor yang membebani tawaran terakhir oleh kota Pantai Barat A.S.

 

 

Baca Juga:
Rawan Teroris, Presiden Prancis Jamin Keamanan untuk Olimpiade 2024
.

Text : Maya Soeparwoto | Photo / Video : AP | Media Source : BBC,Reuters | 1 August 2017

  • facebook share

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company