image

Angel Nieto Meninggal Dunia, Punya Kenangan Manis dengan Rossi

Text : Suhartono | Photo / Video : MotoGP | Editor: Andi Wahyudi | 4 August 2017

SPORTKU.COM

Dunia balap motor kembali berduka. legenda balap Angel Nieto yang mengalami kecelakaan belum lama ini akhirnya menghembuskan nafas terakhirnya.

Nieto, pebalap kelahiran Spanyol 25 Januari 1947 silam itu sebelumnya mengalami kecelakaan saat tengah mengendarai quad bike. Dirinya dilaporkan tertabrak dari belakang oleh sebuah mobil.

Sesaat setelah kejadian tersebut Nieto langsung dilarikan ke rumah sakit untuk mendapatkan pertolongan medis. Media Spanyol melaporkan bahwa Nieto ketika itu berada dalam kondisi yang serius namun tidak kritis.

Namun akhirnya Nieto tak berdaya untuk tetap bertahan hidup dan meninggal dunia pada hari Kamis (3/8) kemarin di Ibiza, Spanyol. Nieto meninggal di usia 70 tahun karena mengalami kerusakan pada otaknya.

Sebelumnya, dokter tempat Nieto dirawat sudah merencanakan untuk segera melakukan operasi. Akan tetapi takdir berkehendak lain. Operasi yang sudah dijadwalkan awal pekan ini tak akan pernah terjadi pada Nieto.

Kondisi Nieto terus memburuk secara drastis pada Kamis (3/8) pagi akibat edema serebral, kondisi di mana terjadi peningkatan jumlah air yang terkandung di dalam otak. Umumnya, edema serebral terjadi akibat reaksi inflamasi di otak.

Baca Juga
Angel Nieto, Legenda MotoGP Kecelakaan

 

Sejarah Angel Nieto
Angel Nieto atau nama aslinya Angel Nieto Roldan lahir di Zamora, Spanyol pada 25 Januari 1947. Dia adalah salah satu juara tersukses di ajang Grand Prix (GP) motor dengan gelar 13 kali juara dunia.

Nieto menjalani karier balapnya pada tahun 1964 hingga 1986. Pertama kali balapan di ajang Spanish Grand Prix pada tahun 1964 dengan turun di Kelas 50cc. Sementara balapan terakhirnya terjadi pada tahun 1986 saat turun pada ajang Baden-Wurttemberg Grand Prix di Kelas 80cc. Saat gantung helm, usia Nieto baru 39 tahun.

Selama karier balapnya, Nieto telah melakukan 186 kali balapan. Dari jumlah tersebut dirinya meraih 139 podium dan 90 diantaranya dengan menangi balapan di podium teratas. Masuk dalam daftar salah satu pebalap tersukses di dunia, Nieto juga telah mengantongi 13 kali juara dunia di Kelas 50cc dan 125cc.

Dengan total 90 kemenangan sepanjang kariernya, membuat Nieto menempati posisi ketiga dalam daftar di belakang Giacomo Agostini dan Valentino Rossi. Putra Nieto, Pablo dan Angel Jr juga mengikuti jejak sang ayah yang turun sebagai pebalap.  Nieto mengkhususkan diri dalam balap sepeda berkapasitas kecil seperti di Kelas 50cc, 80cc dan 125cc.

Meski begitu, banyak pebalap lain termasuk mantan juara dunia Barry Sheene menganggap Nieto sebagai pebalap motor terbesar sepanjang masa.

Meskipun ia tidak pernah sukses di tingkat dunia dengan kapasitas motor yang lebih besar, tapi ia tercatat pernah memenangkan gelar Kejuaraan Nasional Spanyol di Kelas 50cc, 125cc, 250cc, 500cc dan 750cc.

Meski telah gantung helm, namun Nieto tidak benar-benar menghilang dari dunia balap. Dia kemudian mengoperasikan tim balap motor dengan anaknya Angel Nieto Jr. dan Emilio Alzamora di Kelas 125cc.

Nieto juga kerap kali menjadi komentator ajang balap motor GP untuk televise Spanyol. Bahkan untuk didirikan museum Angel Nieto di Madrid yang menampilkan beberapa piala dan memorabilia balapnya. FIM juga menganugerahi Nieto sebagai salah satu Legenda MotoGP atau Grand Prix "Legend" pada tahun 2000.

Nieto juga pernah menghadiri GP Prancis tahun 2008 si Sirkuit Bugtti Le Mans pada tanggal 18 Mei 2008. Nieto juga naik ke podium untuk memberikan ucapan selamat kepada Valentino Rossi yang saat itu menyamai kemenangannya ke-90 kali.

Bahkan Nieto juga mengendarai motor balap Rossi dan Rossi sebagai penumpang dengan memegang bendera setinggi 90”+90” saat mereka melakukan putaran kemenangan.

Nieto di layar lebar
Film dokumenter berjudul Angel Nieti: 12+1 yang disutradarai oleh Alvaro Fernandez Armero dirilis pada tahun 2005. Film ini merangkum seluruh karier Nieto di dunia balap motor. Film berisi tentang beragam persaingan sengitnya.

Baca Juga
Yamaha Cup race (YCR) 2017 Dimulai dari Kebumen
Suporter Klub Sepakbola Indonesia Deklarasi Damai

Text : Suhartono | Photo / Video : MotoGP | Editor: Andi Wahyudi | 4 August 2017

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company