image

Andre Dumais: Street Race Jadi Harapan Baru Balapan Tanah Air

Text : Harsya Fikmazi | Photo / Video : Sonny Hastara | Editor: Andi Wahyudi | 23 August 2017

SPORTKU.COM

Sebagai salah satu founder ETCC Indonesia, Andre Dumais, melihat BSD Grand Prix menjadi harapan baru untuk kemajuan balap Tanah Air.

Selang 9 tahun dari gelaran balap jalan raya yang diadakan di Lippo Karawaci, kini ajang balap Indonesia Sentul Series of Motorsport (ISSOM) kembali menggelar nuansa balap penuh adrenalin dengan tajuk BSD City Grand Prix. Ya, balapan jalan raya ini bisa dikatakan menjadi mimpi dan cita-cita hampir sebagian pebalap untuk merasakan atmosfer berbeda di luar sirkuit Sentul. Sebagai salah satu orang berpengaruh di industri balap Tanah Air, Andre Dumais, sebagai salah satu founder ETCC Indonesia, menyambut baik sekaligus turut mengkritisi kekurangan di dalamnya.

Antusiasme yang besar dari pebalap untuk beradu kecepatan di lintasan jalan raya BSD City memang begitu besar. Bukan hanya untuk unjuk kebolehan, melainkan pebalap yang turun di seri keempat ini juga ingin merasakan sensasi baru, apalagi kalau bukan merasakan ganasnya balapan jalan raya. Menurut Andre Dumais, gebrakan ini seperti membuka harapan baru bagi pebalap agar balapan lebih variatif.

Baca juga:
KELEMAHAN HONDA JADI SENJATA UTAMA TOYOTA TEAM INDONESIA

"Balapan street race ini merupakan suatu terobosan baru lagi di dunia olah raga balap mobil Indonesia, karena selama ini balapan mobil hanya ada di sirkuit Sentul setelah pindah dari sirkuit Ancol. Sebelum BSD Grand Prix, kita tahu bahwa Lippo Karawaci pada tahun 2009 pernah mengadakan balapan jalan raya, saat itu dapat terlihat betapa besarnya animo pebalap karena ingin mencoba balapan yang berbeda, gayung pun bersambut, masyarakat penggemar balap juga rurut antusias menyambutnya," jelas Andre Dumais.

Masih menurut suami Debby Sahertian ini, dengan digelarnya balap jalan raya, sekaligus menjadi penyulut semangat pebalap untuk tampil lebih baik lagi. Pasalnya dalam balapan jalan raya, hampir semua masyarakat bisa langsung menyaksikan secara langsung. Dengan begitu, gairah pebalap untuk bermain sempurna semakin besar dan termotivasi.

Namun demikian, Dume (sapaan akrab Andre Dumais), juga turut mengkritisi beberapa hal dalam gelaran balap jalan raya ini. Poin pertama yang disorot oleh pebalap senior ini adalah tidak diberlakukannya penimbangan mobil, sedangkan poin kedua adalah kelirunya penerapan safety car dalam balapan yang berlangsung akhir pekan kemarin (20/8).

Baca juga:
KESERUAN BSD CITY GRAND PRIX

"Dari sisi penyelenggaraannya ada beberapa hal yang masih perlu diperhatikan. Pertama, penimbangan mobil balap yang ditiadakan karena ternyata timbangan portable yang ada tidak dapat digunakan, sedangkan seperti yang kita ketahui, penimbangan ini adalah hal yang mutlak karena diatur dalam regulasi," keluh Andre Dumais. Selanjutnya, mengenai pemberlakuan safety car, dalam balapan kemarin, keluarnya safety car tidak sesuai dengan regulasi.

"Kedua, saat balapan Euro 3000 terjadi kesalahan dalam safety car masuk ke track. Saat itu, safety car tidak mengetahui pebalap mana yang berada di posisi terdepan. Seharusnya safety car berada di depan pebalap yang memimpin jalannya balapan, tapi kemarin safety car keliru dan berada di depan pebalap nomor dua. Pada saat saya klarifikasi dengan COC, ternyata di race control tower mereka mengalami masalah dengan system pencatatan, seharusnya hal seperti ini mereka memiliki catatan manual atau back up. Jika seperti ini akan merugikan pebalap yang harusnya memimpin, tapi malah berada jauh di belakang," pungkas pebalap yang gemar dengan mobil BMW ini.

Kendati begitu, Dume, tetap mengapresiasi langkah penyelenggara, bahkan menurutnya balapan kemarin cukup sukses. Ia pun berharap ajang balap jalan raya ini tidak berhenti sampai di sini, melainkan akan terus dilangsungkan setiap tahunnya.

Text : Harsya Fikmazi | Photo / Video : Sonny Hastara | Editor: Andi Wahyudi | 23 August 2017

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company