image

Sial, Marquez Alami Nasib Seperti Hayden

Text : Suhartono | Photo / Video : Crash | Editor: Andi Wahyudi | 29 August 2017

SPORTKU.COM

Marc Marquez gagal meraih kemenangan keduanya di Sirkuit Silverstone, Inggris pada akhir pekan kemarin, Minggu (27/8).

Seri 12 MotoGP 2017 di Sirkuit Silverstone, Inggris menjadi mimpi buruk bagi Marquez. Pebalap Repsol Honda tersebut gagal finish. Sungguh disayangkan. Memulai balapan dari posisi pole, namun justru tak bisa menyelesaikan balapan hingga bendera finish berkibar.

Bukan hanya tak mampu finish. Ada akibat lain yang membuat Marquez semakin kecewa. Kini dirinya terlempar dari posisi puncak klasemen sementara MotoGP 2017. Turun ke posisi runner up, Andrea Dovizioso yang menjuarai MotoGP Inggris menggantikan posisinya.

Awal balapan sebenarnya berjalan cukup baik bagi Marquez. Pebalap Spanyol itu memang tak mampu memimpin jalannya race. Pada lap pertama, dia menempati posisi kedua. Dan turun ke posisi tiga pada lap kedua. Di mana saat itu Maverick Vinales ambil alih posisinya dan Valentino Rossi memimpin balapan.

Hingga lap ke-5, Marquez masih bisa bertahan di nomor tiga. Namun masuki lap ke-6, Marquez kembali turun satu posisi dan kini menduduki barisan ke-4. Dia kalah cepat dari Dovizioso yang geber Ducati Desmosedici GP17. Marquez terus berusaha untuk kembali lagi ke posisi depan.

Usaha dan strategi yang diterapkan akhirnya berbuah manis. Pada lap ke-12, Marquez kembali lagi menempati posisi ke-3 di belakang Rossi dan Dovizioso yang juga berhasil overtake Vinales di lap ke-11. Akan tetapi Marquez tak bisa lama menduduki posisi ke-3 ini.

Kesialan mendatangi Marquez di lap ke-13. Marquez mengalami masalah dengan motornya. Tiba-tiba Honda RC213V miliknya mengeluarkan asap. Itu membuat Marquez terpaksa harus mengurangi kecepatan dan memarkirkan motornya di pinggir trek. Dengan penuh kecewa, Marquez kembali ke paddock.

Baca Juga
Dovizioso Panaskan Perebutan Gelar Juara Dunia MotoGP 2017

"Pada saat itu (ketika mesinnya rusak) saya tidak memikirkan apa yang menyebabkan itu bisa terjadi, saya hanya memikirkan tentang juara dunia. Kami memiliki keuntungan kecil sebelum balapan, Anda tidak ingin kehilangan keuntungan itu dengan cara seperti ini. Tapi itu bagian dari balap, itu bisa terjadi. Yang paling penting adalah kami berjuang untuk meraih kemenangan," ungkap Marquez.

Marquez mengatakan tak ada masalah dengan mesinnya sebelum balapan berlangsung. Dia juga mengakui tak ada tanda-tanda masalah pada RC213V. “Mesinnya bekerja sempurna, tapi tiba-tiba saat saya sampai di ujung tikungan trek lurus mesin keluar asap. Saya segera menarik kopling karena saya mulai merasakan roda belakang terkunci pada kecepatan 300km/jam.”

"Itu adalah beberapa masalah mekanis di dalam mesin, sekarang kita perlu menemukan apa yang terjadi karena ini adalah mesin baru. Tapi saya yakin Honda akan cepat menemukan solusi dan kami akan memperbaikinya," sambung Marquez.

Saat balapan berlangsung, Marquez mengaku jika dirinya memang tak cepat melakukan serangan ke depan. Namun sebenarnya dia akan nge-push di lap-lap akhir. Hal itu dilakukan karena Marquez ingin menghemat pemakaian ban.

"Saya mencoba mengendalikan balapan dengan cara menyelamatkan ban depan, karena itu adalah masalah terbesar kami saat suhunya terlalu tinggi. Meski begitu, saya bisa berada di belakang Maverick Vinales dan saya melihat Valentino ada di depan. Saya merasa sangat bagus di motor,” pungkasnya.

Peristiwa ini memang menjadi catatan buruk bagi Repsol Honda. Terakhir kali Honda mengalami masalah dengan mesin di tengah balapan terjadi pada tahun 2007 silam. Saat itu kerusakan mesin Honda dialami oleh mendiang Nicky Hayden. Dan kini kesialan itu menimpa Marquez. Bahkan dengan mesin anyar yang baru dipakai sejak MotoGP Brno lalu.

Baca Juga
BBM Basi Hebohkan Seri 3 Kejurnas IRS 2017
Sepatu Bersepeda Bergaya Rajutan

Text : Suhartono | Photo / Video : Crash | Editor: Andi Wahyudi | 29 August 2017

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company