image

Jonathan Rea Kunci Gelar Juara Dunia WSBK 2017

Text : Suhartono | Photo / Video : Kawasaki | 1 October 2017

SPORTKU.COM

Jonathan Rea kunci gelar juara dunia World Superbike (WSBK) 2017.

Hasil itu dia dapatkan setelah mampu finish terdepan di Race 1 WSBK Perancis, Sabtu (30/9). Dalam ajang yang dihelat di Sirkuit Magny-Cours tersebut, Rea telah membuat sejarah dengan mengunci gelar juara dunia WSBK untuk ketiga kalinya berturut-turut. Balapan di Sirkuit Magny-Cours berhasil dilalui dengan mudah oleh pebalap Kawasaki Racing Team (KRT), asal Inggris tersebut.

Di mana dia mengalahkan Marco Melandri, pebalap Italia dari tim Aruba.it Racing Ducati yang geber Panigale R di posisi ke-2. Sedangkan rekan setimnya sekaligus pesaing kutanya untuk perebutan gelar juara dunia Tom Sykes harus puas berada di posisi ke-3. Sykes pun harus merelakan gelar juara dunia kembali jatuh ke tangan Rea.

Rea telah menciptakan sejarah dengan menjadi pebalap pertama yang meraih gelar juara dunia WSBK ketiga secara beruntun. Pebalap kelahiran Irlandia Utara itu memang selalu tampil sempurna sejak pertama kali gabung dengan Kawasaki di tahun 2015 lalu. Musim ini juga menjadi yang paling sukses dengan 12 kemenangan.

Sejauh ini, penampilan terburuknya saat dirinya membalap di Sirkuit Donington Park, Inggris. Pada saat itu Rea tak berhasil finish di atas podium dan justru tak mampu finish. Ketika itu Rea mengalami masalah dengan ban belakangnya yang tiba-tiba pecah dan membuatnya gagal finish.

Baca Juga
WSBK Kembali Berduka, Maxime Berger Meninggal Dunia

Musim ini juga mencatatakan raihan terbaik Rea dengan merajai podium dalam lima balapan pembuka WSBK 2017. Selebihnya, pebalap berusia 30 tahun itu selalu finish di peringkat dua besar. Satu kali harus puas di podium ke-3 saat Race 1 di Sirkuit Misano, Italia. Akan tetapi prestasi Rea terus dia torehkan untuk merebut juara dunia.

Kini setelah gelar juara dunia WSBK 2017 berhasil dia genggam, maka Rea akan menjalani sisa balapan dengan penuh suka cita. Balapan masih akan menyisakan 5 kali race, 1 kali di Magny-Cours dan dua seri lagi di Jerez dan Qatar.

Usai Race 1, Rea sudah mengantongi 456 poin. Berada di bawahnya adalah Sykes dengan 327 poin. Keduanya terpaut 129 poin, sementara dengan 5 race yang tersisa, hanya ada 125 poin yang masih bisa diperebutkan. Artinya, jika saja Rea tidak berhasil menambah koleksi poinnya, maka dirinya sudah menang 4 poin.

"Saya tidak punya kata-kata saat ini. Saya telah banyak berkorban dalam hidup saya, seperti orang tua dan semua orang yang terlibat dalam membantu saya membawa saya ke tingkat ini. Saya tidak dapat menghitung kejuaraan untuk pertama kalinya, untuk kedua kalinya dan kemudian tiga kali berturut-turut," ungkap Rea.

"Terima kasih saya kepada semua tim, setiap anggota tim, dan semua orang dari Kawasaki. Yang terpenting, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada istri dan anak-anak yang berkorban begitu banyak. Untuk memenangkan lomba istimewa ini. Memenangkan perlombaan untuk memenangkan kejuaraan bukanlah sesuatu yang telah saya lakukan sebelumnya, jadi penting bagi saya untuk melakukan itu. Saya juga mencetak kemenangan ke-50 saya di WorldSBK," tutup Rea yang pada Race 2 gagal finish.

Baca Juga
Tak Ada Prestasi Menonjol, Xavier Simeon Pindah ke MotoGP
Hamilton Tambah Poin Tinggalkan Vettel

Text : Suhartono | Photo / Video : Kawasaki | 1 October 2017

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company