image

Dari MotoGP, Hector Barbera Pindah ke Moto2

Text : Suhartono | Photo / Video : Motorbike Magazine | 1 October 2017

SPORTKU.COM

Reale Avintia Racing Team telah mengumumkan dua pebalap barunya untuk MotoGP 2018 mendatang.

Tim satelit Ducati tersebut telah menandatangani kontrak bersama Xavier Simeon dan Tito Rabat untuk dua musim beruntuk di tahun 2018 dan 2019. Dengan penumuman kedua pebalapnya ini, maka sekaligus menjadi kisah akhir dari duet Hector Barbera dan Loris Baz yang saat ini membalap untuk Reale Avintia Racing Team.

Memang kabar buruk bagi Barbera yang ternyata tak hanya didepak oleh Reale Avintia Racing Team. Sebab selain itu pebalap Spanyol berusia 30 tahun ini juga harus turun pangkat. Di mana pada musim depan Barbera sudah tak lagi balapan di kelas paling bergengsi MotoGP. Melainkan kembali ke balapan Moto2.

Karir Barbera di Kejuaraan Dunia sudah dimulai sejak tahun 2002 saat masih di Kelas 125cc bersama Master - Aspar Team. Di kelas tersebut bertahan hingga 2004. Dengan raihan terbaiknya menjadi runner up klasemen akhir musim 2004 dan di tahun 2003 di posisi ke-3. Karir Barbera terus menanjak.

Hingga akhirnya musim 2005 naik Kelas 250cc dengan Fortuna Honda. Pada tahun berikutnya, Barbera masih tetap di Kelas 250cc, namun kali ini dengan tim Fortuna Aprilia. Dengan Aprilia, Barbera terus membalap di Kelas 250cc hingga tahun 2009. Meski dalam rentan waktu tersebut Barbera beberapa kali ganti tim namun tetap dengan motor Aprilia.

Hingga puncak karirnya, barbera naik tahka ke kelas bergengsi MotoGP pada tahun 2010. Ducati menjadi tunggangan Babera dalam setiap serinya. Dan tahun ini tim satelit Ducati Reale Avintia Racing akan menjadi rumah terakhirnya sebelum musim 2017 berakhir.

"Dari tahun pertama saya tiba di Kejuaraan Dunia, saya selalu berjuang untuk memenangkan setiap balapan, meraih posisi runner-up, tapi setelah delapan tahun di MotoGP tujuan itu belum tercapai," ungkap Barbera, pebalap yang lahir di Dos Aguas, Spanyol pada 2 November 1986 silam.

Baca Juga
AHM Tutup Gelaran HBD Regional 2017

"Ketika saya melihat kesempatan untuk kembali ke tim Sito Pons, saya tidak berpikir ulang. Bersama-sama kami berada di urutan kedua dalam klasemen akhir, memenangkan beberapa balapan dan saya pikir pada saat ini saya harus mengambil risiko dan membuat keputusan seperti itu. Saya sangat senang dan saya memiliki motivasi untuk memulai proyek baru ini. Saya juga ingin mengucapkan terima kasih kepada Avintia Racing."

"Tujuannya tidak lain adalah berjuang untuk memenangkan perlombaan dan kejuaraan, tidak akan mudah tapi saya melakukan yang terbaik. Saya memiliki pengalaman, saya siap secara fisik dan mental, dan baik Sito maupun tim teknisnya, yang dipimpin oleh Santi, bisa memberi saya apa yang diperlukan untuk mencapainya."

Nantinya, Barbera akan menjadi rekan setim Lorenzo Baldassarri yang pindah dari Forward Racing Team. "Saya sangat senang menjadi bagian dari tim HP Pons 40 untuk musim depan dan saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Sito Pons dan VR46 atas kepercayaan mereka akan peluang baru dalam karir olahraga saya," sambung Baldassarri.

"Saya sangat senang dengan kaliber tim kami untuk musim depan. Menyambut Hector Barbera kembali ke tim. Dia adalah pebalap yang sangat cepat yang telah bertempur di level tertinggi, mengenal tim dan saya yakin kita bisa mencapai hasil tinggi di kejuaraan ini," tutup bos tim Sito Pons.

Dengan masuknya Barbera dan Baldassarri, juga berarti mendepak Fabio Quartararo, pebalap muda Perancis untuk mencari tim baru. Bahkan Sito Pons juga harus merelakan sang anak Edgar Pons untuk meninggalkan timnya.

Baca Juga
Davies Juara, Rea Gagal Finish di Race 2 WSBK Prancis 2017
Eksistensi Pangarang Slalom Team di Ajang Slalom

Text : Suhartono | Photo / Video : Motorbike Magazine | 1 October 2017

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company