image Pembuatan wearpack MotoGP mendapat jahitan dua kali bahkan ada yang lebih Saat menikung lutut kaki pebalap bisa menyentuh aspal berkat panel berbahan karbob kevlar Bagian punuk pada wearpack memang sekilas terlihat tak ada gunanya. Selain untuk menyimpan air minum, juga untuk menahan helm saat terjadi kecelakaan Bagian punuk wearpack bukan hanya sebagai hiasan. Tapi juga untuk menyimpan air minum. Dengan sensor khusus, airbag pada wearpack akan mengembang secara otomatis jika terjadi kecelakaan dengan benturansangat keras

Kenali Bagian-Bagian Terpenting Wearpack

Text : Suhartono | Photo / Video : Istimewa | Editor: Andi Wahyudi | 2 October 2017

uploads/news/2017/10/kenali-bagian-bagian-terpenting-wearpack-3682820cfc50716.jpg

Kenali Bagian-Bagian Terpenting Wearpack

mengenal-bagian-bagian-terpenting-wearpack-18262f674e0e575
mengenal-bagian-bagian-terpenting-wearpack-6502718fc5ded3e
mengenal-bagian-bagian-terpenting-wearpack-187566dcc259e6a
mengenal-bagian-bagian-terpenting-wearpack-17982bb98b0ac5d
mengenal-bagian-bagian-terpenting-wearpack-944194d4e46fadc
SPORTKU.COM

Wearpack, tentu sudah banyak yang tahu dengan barang satu ini. Apalagi bagi mereka yang hobi balap.

Bisa dikatakan wearpack adalah nama beken untuk baju balap. Namun ada juga lho yang menyebutnya dengan panggilan racing suit. Baju balap menjadi salah satu peranti penting untuk para pebalap. Terlebih kegiatan di dalam sirkuit balap memang sangat rentang dengan aksi kecelakaan yang bisa membahayakan pebalap. Bahkan terkadang nyawa sebagai taruhannya.

Seragam khusus pebalap ini juga memiliki desain dan bahan khusus. Mengingat keberadaannya sangat penting sebagai salah satu pelindung bagi para pebalap. Wearpack didesain untuk melindungi bagian-bagian terpenting dari tubuh seorang pebalap. Maklum, balapan seperti halnya MotoGP memang sangat rentan dengan insiden kecelakaan.

Tanpa kecuali, wearpack diciptakan dengan menggunakan bahan terbaik dan memakai teknologi terkini. Dilansir dari laman Redbull, penyelenggara MotoGP mewajibkan para produsen wearpack seperti Alpinestar dan Daninese untuk menggunakan kulit kangguru sebagai bahan dasarnya dengan ketebalan 1,2-1,4mm.

Berat dari wearpack ternyata juga tidak bisa sembarangan. Jeremy Appleton dari Alpinestars mengatakan jika wearpack yang ideal hanya berbobot sekitar 4,5kg. Bentuk wearpack juga akan berbeda dari setiap pebalap, tergantung dari bentuk tubuh pebalap maupun produsennya masing-masing.

Sebagai pelindung tubuh pebalap, wearpack juga diciptakan dengan menggunakan panel berbahan karbob kevlar. Itu berfungsi untuk memberikan perlindungan maksimal pada beberapa titik penting tubuh manusia seperti dada, tulang belakang, lengan, siku, lutut, adn tulang kering. Semua bagian juga dibuat dengan sangat detail.

Baca Juga
Perbedaan Balap Motocross dan Grasstrack

Saking detailnya, proses penjahitan untuk menyatukan bagain per bagian juga juga menjadi perhatian khusus. Tidak sembarang menjahit, karena prosesnya dilakukan dengan menggunakan benang kevlar. Untuk memperkuat wearpack, jahitan dilakukan dua kali dan untuk beberapa bagian khusus bahkan lebih dari dua kali.

Ada satu bagian yang selalu menjadi perhatian publik, yakni punuk yang berada di bagian belakang atas di bawah kepala. Punuk juga terbuat dari bahan kevlar. Punuk mempunyai fungsi ganda, pertama untuk menyangga helm saat pebalap mengalami kecelakaan. Selain itu, punuk wearpack juga berfungsi sebagai tempat penyimpanan air minum.

Bagian yang lebih penting adalah wearpack dibekali dengan airbag. Tentu sudah tahu fungsi dari airbag tersebut yang berguna untuk melindungi para pebalap saat terjadi kecelakaan dengan benturan sangat keras. Maka secara otomatis, airbag yang bekerja dengan sensor khusus ini akan mengembang dan melindungi tubuh pebalap dan benturan keras. Dalam waktu 0,3detik, wearpack bisa mengembang 4-5cm.

Pebalap juga dibuat nyaman dengan wearpack. Sebab saat proses produksi, produsen wearpack juga memperhatikan asepek kenyamanan untuk para penggunanya. Maka jangan kaget jika wearpack juga dilengkapi dengan sensor khusus sebagai pengatur suhu. Sensor akan bekerja otomatis, jika suhu terlalu tinggi maka pompa pendingin yang disematkan di dalam wearpack akan bekerja dengan sendirinya layaknya kipas angin. Bagian bolong-bolong pada wearpack ternyata juga memiliki fungsi. Bukan hanya sebagai hiasan, karena keberadaannya yaitu untuk sirkulasi udara.

Masih ada bagian penting lainnya yang menyertai keberadaan wearpack. Setiap wearpack akan dilengkapi dengan pelindung lutut, siku, dan bahu. Di mana pada bagian-bagian tersebut dilengkapi dengan thermo plastic yang memiliki desain lebih keras di bagian tengahnya sedangkan bagian luar atau pinggirannya lebih lembut. Maka tak heran jika pebalap terkadang menyentuh aspal di bagian dengkulnya.

Baca Juga
Sejak Kapan Tradisi Semprot Sampanye Dimulai
5 Helm Ngetop MotoGP, Ada Merek dari Indonesia

Text : Suhartono | Photo / Video : Istimewa | Editor: Andi Wahyudi | 2 October 2017

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company