image

Loris Baz Terancam Hengkang dari MotoGP

Text : Suhartono | Photo / Video : Gettyimages | Editor: Andi Wahyudi | 5 October 2017

SPORTKU.COM

Loris Baz mengatakan dia masih akan memiliki kesempatan untuk tetap berada di MotoGP pada musim 2018.

Nasib baik kurang berpihak pada Loris Baz. Pebalap muda asal Perancis itu terancam tak bisa lagi membalap di MotoGP. Sebab kini namanya sudah dicoret sebagai pebalap satelit Ducati bersama Reale Avintia Racing Team. Tim telah menunjuk Tito Rabat dan Xavier Simeon sebagai gantinya.

Tiga tahun Loris Baz bertugas di ajang MotoGP dan akan berakhir pada musim 2017. Namun sayang, pebalap berusia 24 tahun itu tidak dapat memperbarui kesepakatannya dengan Reale Avintia Racing Team. Tim satelit MotoGP asal Madrid, Spanyol yang dimiliki oleh Raul Romero ini tak lagi menjadikan Loris Baz sebagai pebalap andalannya.

Dengan tidak ada lagi kursi yang tersedia di MotoGP, Baz akan dipaksa untuk meninggalkan seri tahun depan, dan fokus untuk mengamankan kembalinya World Superbikes.

Kendati berada dalam masa sulit, namun Loris Baz menganggap jika dia masih akan punya waktu untuk kembali ke MotoGP pada masa mendatang. Apalagi dengan usianya yang masih terbilang muda. Bahkan Loris Baz juga menyontohkan Valentino Rossi yang masih bisa bersaing pada usia 38 tahun.

"Saya baru 24 tahun, saya punya waktu untuk kembali ke MotoGP. Ada seorang pebalap di Yamaha (Rossi) yang menunjukkan Anda bisa balapan sampai berusia 40 tahun, dan mungkin lebih. Kami berusaha semaksimal mungkin untuk tetap di sini (MotoGP). Tidak berhasil saat ini, sangat memalukan karena kami memiliki musim yang hebat bersama tim. Saya telah menunjukkan potensi bagus dengan motor ini (Ducati spesifikasi 2015)," beber Loris Baz.

Baca Juga
Dari MotoGP, Hector Barbera Hengkang ke Moto2

"Tapi saya mengerti apa yang tim cari, masalah yang harus mereka tutup adalah anggaran untuk musim depan. Sekarang saya hanya ingin menyelesaikan musim ini dan menikmati balapan dengan mengendarai motor ini, dan mencari tim terbaik untuk tahun depan," lanjut pebalap kelahiran 1 Februari 1993 silam itu.

Ada pilihan lain bagi Loris Baz jika dirinya tak bisa melanjutkan karirnya di MotoGP. Di mana dirinya bisa bergabung dengan tim lain di ajang World Superbike (WSBK). Balapan ini memang pernah diikutinya. Sebelum di ajang MotoGP, Loris Baz pernah membalap selama tiga musim di WSBK. Bahkan pernah tercatat menang dua kali bersama skuat Kawasaki dengan menyelesaikan musim 2014 di peringkat 5.

Jika saja dirinya tertarik untuk kembali ke WSBK, tim Ten Kate Honda yang kini diisi oleh Stefan Bradl (mantan pebalap MotoGP) menjadi pilihan menarik Loris Baz. Apalagi tim ini juga pernah menjadi naungan bagi pebalap papan atas sekaligus juara dunia MotoGP Nicky Hayden yang belum lama ini meninggal dunia.

"Proyek dari Ten Kate pasti keren. Saya pernah bersama mereka di masa lalu di Superstock 1000 tahun 2011 dan mereka adalah tim pemenang, tim juara dunia. Apa yang mereka lakukan sekarang bukanlah potensi sebenarnya dari tim. Ini akan menjadi tantangan besar untuk pergi bersama mereka dan bekerja sama dengan mereka untuk membuat motor mereka menjadi yang hebat lagi," ungkap Loris Baz.

Selain Ten Kate Honda, masih ada beberapa tim lain lain yang bisa menjadi pilihan Loris Baz. Berbekal prestasi apiknya saat masih di ajang WSBK, tentu banyak tim yang berminat untuk meminang Loris Baz. Terlebih lagi dengan usianya yang masih muda dan pada masa lalu dia merupakan pesaing podium yang konsisten.

Ten Kate Honda untuk musim 2018 memang belum mengumumkan pebalap anyarnya untuk menggantikan Hayden. Namun rumor yang beredar menyebutkan jika Bradl akan diduetkan bersama Leon Camier yang saat ini geber MV Agusta.

Baca Juga
Tak Ada Prestasi Menonjol, Xavier Simeon Naik Kelas MotoGP
Tips Ringan Merawat Motor Balap

Text : Suhartono | Photo / Video : Gettyimages | Editor: Andi Wahyudi | 5 October 2017

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company