image

India Bangun Tiga Sirkuit Baru

Text : Suhartono | Photo / Video : Suhartono | Editor: Andi Wahyudi | 16 October 2017

SPORTKU.COM

India memandang dunia balap bisa menjadi salah satu bisnis menguntungkan. Untuk itu India tengah berencana membangun tiga sirkuit balap.

India menjadi salah satu kawasan di Asia dengan penduduknya yang memiliki hobi di dunia balap. Dan tidak menunggu lama lagi, dunia balap di India sepertinya akan mulai berubah. Tiga sirkuit balap akan segera hadir di Negara Barata tersebut. Dikutip dari lama Motorsport, tiga sirkuit itu rencananya akan dibangun di Hosur (Tamil Nadu), Hyderabad dan antara Mumbai atau Pune.

Akbar Ebrahim, Presiden Federation of Motor Sports Clubs of India (FMSCI) menegaskan bahwa rencana untuk melancarkan pembangunan tiga sirkuit juga telah masuk dalam tahap pembicaraan dengan berbagai pihak terkait. Orang-orang penting di tiga lokasi yang direncanakan akan dibangun sirkuit juga telah berunding dengan Akbar Ebrahim.

"Saya tidak dapat mengungkapkan lebih rinci saat ini karena mereka sedang dalam pembicaraan dengan kami dan itu sekarang menjadi rahasia. Kami sadar bahwa mereka tertarik untuk membangun sirkuit. Sampai mereka mengumumkannya, kami tidak akan mengungkapkan rinciannya," buka Akbar Ebrahim.

Akbar Ebrahim kembali meyakinkan jika pihaknya sudah berdiskusi mengenai rencana pembangunan sirkuit dengan pentolan dari tiga wilayah tersebut. "Begitu mereka telah memastikan segalanya dan mulai bekerja, saya yakin mereka juga akan mengumumkannya," tambah Akbar Ebrahim dengan yakin.

Baca Juga
Pasca Kecelakaan, Begini Kondisi Terkini Richard Taroreh

Pihaknya juga menegaskan jika pembangunan sirkuit ini dilakukan oleh pihak swasta dan tidak ada kaitannya dengan pemerintahan India. "FMSCI akan mendukung mereka dengan apapun yang mereka minta dalam hal homologasi dan spesifikasi, dan tingkat sirkuit apa yang ingin mereka bangun, apakah itu kelas 4, 3 atau 2. Ada spesifikasi berbeda yang akan diberikan FMSCI kepada mereka," beber Akbar Ebrahim.

Pria tersebut melanjutkan jika tiga sirkuit yang akan dibangun di India nanti tingkatannya tergantung dari seberapa besar investasi yang mereka siapkan. Selain itu, hal tersebut juga tergantung dari mereka tingkat mana yang diinginkannya. "Jika ingin yang lebih tinggi, dibutuhkan lebih banyak infrastruktur. Ini bukan hanya tentang panjang dan lebar sirkuit. Mereka telah membentuk rencana konkret untuk menyelesaikan proyek-proyek ini."

Akbar Ebrahim juga mengatakan bahwa dengan hadirnya tiga sirkuit baru di India, maka akan menjadi dorongan kuat untuk terus menumbuhkan dunia motorsport India. Sebab ketika lebih banyak infrastruktur muncul, maka otomatis olahraganya juga akan tumbuh lebih cepat karena adanya akses ke sirkuit. Seorang pebalap tidak bisa terus-menerus balapan dari satu tempat ke tempat lain sepanjang waktu.

Saat ini, India sudah memiliki tiga sirkuit utama yaitu, Buddh International Circuit (FIA Grade 1) di Greater Noida, Madras Motor Race Track (FIA Grade 2) di Sriperumbudur dan Kari Motor Speedway di Coimbatore. Ada juga trek karting tingkat internasional di Bangalore dan Hyderabad. Yang lain kebanyakan hanya trek untuk latihan karting atau menjadi tuan rumah Kejuaraan Nasional.

Baca Juga
Sirkuit Gery Mang Sukses Gelar Balap Malam
Hattrick Sempurna Mauro Icardi

Text : Suhartono | Photo / Video : Suhartono | Editor: Andi Wahyudi | 16 October 2017

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company