image

Evolusi Logo Barcelona

Text : Handy Fernandy | Photo / Video : FC Barcelona Official | Editor: Andi Wahyudi | 23 October 2017

SPORTKU.COM

Menelusuri evolusi logo Barcelona yang erat dengan faktor politik yang mempengaruhi pergantian logo selama berabad-abad.

FC Barcelona merupakan salah satu klub sepakbola paling terkenal dan tersukses di dunia. Bahkan klub ini sudah menjadi merek global yang mewakili identitas dari Kota Barcelona itu sendiri lewat nilai dan budaya.

Barcelona dikenal sebagai klub yang memiliki gaya permainan memikat dan dikenal telah melahirkan banyak pemain bintang.

Klub ini sendiri memiliki semboyan atau tagline bertulisan “Mes Que Un Club” yang memiliki arti: “lebih dari sebuah klub”. Pasalnya klub ikut andil dalam kancah politik, terutama menjadi simbol perjuangan orang Katalan.

"Mengapa lebih dari sekedar klub? Karena bukan hanya sepak bola, melainkan budaya, sejarah, perjuangan untuk kebebasan, hak,” ujar Pep Guardiola, pelatih Manchester City yang merupakan mantan pemain dan pelatih Barcelona.

Dalam sejarah, Barcelona sendiri sudah banyak berganti-ganti logo. Nyatanya, ada makna tersembunyi terkandung bernuansa pesan politik identitas untuk menunjukan semangat warga Katalunya, berikut perubahannya:

Lambang Pertama (1899-1910)

Barcelona didirikan pada tahun 1899 oleh Joan Gamper yang juga membantu klub dari krisis ekonomi. Logo awal Barcelona menggunakan lambang kota Barcelona sebagai bagian dari identitas klub.

Logo awal Barcelona berbentuk diamond yang dibagi menjadi 4 dimana warna didominasi oleh merah-kuning dan merah-putih. Merah kuning merupakan bendera Katalunya, sedangkan merah putih merupakan gambar atau simbol Saint George Cross (Santo pelindung Barcelona).

Lambang Buatan Carles Comamala (1910-1936)

Setelah survive dari krisis ekonomi, para pendiri Barcelona menyepakati beberapa rencana jangka panjang untuk klub tersebut, salah satunya adalah membuat kompetisi untuk membuat logo baru bagi klub tersebut.

Sayembara pembuatan logo baru sendiri dimenangkan oleh Carles Comamala, seniman yang juga bermain bagi Barcelona. Dialah yang membuat pondasi awal logo klub yang bentuknya masih bisa dilihat hingga hari ini.

Logo Barcelona yang dibuat oleh Comamala terdiri dari tiga unsur. Pertama warna merah-kuning yang merupakan bendera Katalan, lalu warna merah-putih yang merupakan simbol Saint George Cross dan warna merah-biru yang merupakan warna jersey Barcelona yang terinspirasi oleh FC Basel.

Baca juga
Hasil Lengkap YCR Kediri 2017

Lambang Era Francisco Franco (1941-1960)

Spanyol yang pada waktu tersebut dikuasai oleh Jenderal Francisco Franco Bahamonde itu membuat kebijakan dengan menghapus kata-kata asing di Spanyol, termasuk upaya menghapus bahasa Katalan—yang dianggap sebagai bahasa asing juga.

Hasilnya, singkatan FC Barcelona, FCB yang sebelumnya menggunakan bahasa inggris berubah singkatannya menjadi CFB yang mengadopsi bahasa Spanyol, Club de Futbola Barcelona.

Selain itu, logo klub juga diubah paksa dengan mengurangi jumlah garis batang warna merah-kuning sebagai upaya menghapus bendera Katalan di lambang tersebut dan lebih mirip dengan bendera Spanyol.

Namun pada tahun 1949, kontrol kediktatoran Franco mulai mengendur, Barcelona pun diizinkan untuk kembali menambahkan jumlah garis batang warna merah-kuning pada perayaan klub yang ke-50, namun tulisan CFB masih digunakan.

Lambang Pasca Era Francisco Franco (1974-2001)

Seiring dengan runtuhnya kekuasaan Franco pada tahun 1974, Barcelona pun menganti logo mereka seperti pada tahun 1910. Juga mengubah kembali singkatan CFB menjadi FCB seperti sedia kala.

Beberapa pergantian grafis pun dilakukan mengikuti perkembangan zaman meski bentuknya tetap merujuk karya buatan Comamala. Beberapa perubahan kecil juga dilakukan pada tahun 1975 dan 1982.

Lambang Era Modern (2002 – Sekarang)

Pada tahun 2002, Logo Barcelona kembali mengalami perubahan. Kali ini desain dibuat oleh Claret Serrahima. Adapun perubahannya terlihat garis batas yang lebih tipis atau mengecil dan runcing di bagian tepi.

Hal tersebut membuat logo klub lebih terlihat stylish dan lebih enak dipandang mata lantaran kesederhanaan sekaligus membuat orang lebih mudah mengingat logo klub ini.

Baca juga
Jonathan Rea Double Winner di WSBK Jerez 2017

Text : Handy Fernandy | Photo / Video : FC Barcelona Official | Editor: Andi Wahyudi | 23 October 2017

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company