image Ahmad Fadillah Alam, pebalap Jakarta Ban Motorsport BMW E36 milik Fadil Podioum ETCC 3000 Pro

Ancaman Baru untuk Fadil di ETCC 3000 Pro

Text : Harsya Fikmazi | Photo / Video : Harsya Fikmazi | Editor: Andi Wahyudi | 24 October 2017

uploads/news/2017/10/tradisi-podium-satu-fadil-383531270c8300f.jpg

Tradisi Podium Satu Fadil Terancam

issom-seri-6-2017-89432fa64920415
issom-seri-6-2017-36527242635bcf6
issom-seri-6-2017-59193c79b63bb40
SPORTKU.COM

Ahmad Fadillah Alam, pebalap ETCC 3000 dari Jakarta Ban Motorsport, kini mendapat pesaing baru dengan hadirnya Setyawan Santoso.

Tradisi mendulang podium satu yang selalu dilakukan oleh Ahmad Fadillah Alam selama gelaran ETCC Indonesia 2017 kini mulai tergeser dengan adanya pendatang baru di kelas ETCC 3000 Pro. Setyawan Santoso, yang baru bermain saat putaran kelima lalu dengan bermodalkan BMW E46 miliknya mulai menunjukan ancaman baru untuk Fadil. Kehadirannya pun harus membuat Fadil bertekuk lutut dengan performa yang ditampilkan.

Sebelumnya di putaran kelima lalu Setyawan yang sebelumnya turun di kelas Retro, mulai menapaki kelas ETCC 3000 Master. Namun karena jam terbang dan mobil yang sangat mumpuni akhirnya membuat penyelenggara memindahkan pria ramah tersebut ke kelas yang lebih tinggi yakni ETCC 3000 Pro. Melihat performa yang ditampilkan tidak main-main, Fadil, sebagai salah satu pebalap yang merasakan dampak kehadirannya masih merasa belum terancam.

Baca juga:
AKHIR PEKAN YANG SEMPURNA UNTUK GERRY NASUTION

"Karena dia ikut di seri-seri terakhir, saya belum memikirkan banget. Karena saya masih punya banyak poin, jadi saya lebih fokus untuk mengamankan Juara Nasional," ungkap Fadil ditemui usai menerima podium ETCC 3000 (22/10). Pebalap yang menetap di negeri Paman Sam ini juga mengakui bahwa waktu yang dicetak oleh Setyawan dan dirinya memang terpaut sangat tipis. Di samping itu, datangnya monster baru di kelas tersebut, Fadil, menambahkan bahwa kehadiran Setyawan Santoso adalah sebagai patokan baru.

"Saya justru lebih merasa senang, jadi saya juga merasa ada tantangan baru. Sehingga kalau ada misalnya pebalap lain yang ada di depan, kita bisa tahu bahwa mobil harus lebih kencang lagi untuk ini saya jadikan patokan baru. Karena kan selama ini enggak ada saingan, di depan sendirian, jadi enggak kepikir gimana mobil yang penting finish. Kalau sekarang ada mobil yang spek sama, ya ada patokan baru lagi," tambah Fadil.

Selain kehadiran Setyawan yang menjadi perhitungan baru bagi Fadil, performa mobil Benny Santoso dengan livery barunya ini pun juga patut diperhitungkan. Melihat kemungkinan tersebut, Fadil, juga ikut melakukan improvisasi untuk bisa mengejar ketertinggalan.

"Waktu start saya sudah bagus, tapi ketika mau masuk ke gigi dua, mesin seperti ngedrop tiba-tiba, sehingga Benny Santoso dan pebalap lain sempat menyusul saya. Untuk mobil memang ada improve dikit, tapi memang pas balapan disusul oleh Benny Santoso, saya pengen mengikuti saja untuk beberapa lap sebelum mendekati Setyawan," imbuh Fadil.

Baca juga:
EKO BAMBANG MERINDUKAN PODIUM PERTAMA

Optimisme Fadil pun tumbuh ketika melihat jumlah putaran dalam balapan. ETCC 3000 Pro ini diselenggarakan dengan sebanyak 12 putaran. Di akhir-akhir balapan, mobil Fadil pun sempat ingin mengejar Setyawan, namun memang karena satu hal sehingga dirinya masih belum bisa menyalip Setyawan.

"Saya yakin bisa mengejar Setyawan (jika lapnya lebih dari 12). Sebenarnya tadi sempat bisa menyusul, tapi karena ada mobil yang overlap, Setyawan nyalipnya clean, dan saya agak ketahan sehingga gagal untuk bermanuver," paparnya.

Persaingan pun semakin seru untuk kelas ETCC 3000, jika sebelumnya wajah Fadil selalu menghiasi podium tertinggi di kelas ETCC 3000 Pro, kini Fadil harus mawas diri untuk mengamankan tradisi podium pertamanya dalam balapan mendatang.

Text : Harsya Fikmazi | Photo / Video : Harsya Fikmazi | Editor: Andi Wahyudi | 24 October 2017

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company