image

Sejak Kapan Malaysia Gelar MotoGP?

Text : Suhartono | Photo / Video : Alpinestars | Editor: Andi Wahyudi | 24 October 2017

SPORTKU.COM

Malaysia menjadi sala satu negara terbaik di kawasan Asia dalam penyelenggaraan Kejuaraan Dunia Balap Motor.

Negeri Jiran ini menjadi negara kedua di Asia yang ditunjuk oleh Dorna Sport untuk menjadi tuan rumah MotoGP. Malaysia tercatat sudah sejak puluhan tahun lalu menggelar World Champhion Grand Prix (GP) Motorcycle. Bahkan sudah dimulai sejak era Michael Doohan menjadi penguasa sirkuit.

Sejak tahun 1991, Malaysia sudah menjadi tuan rumah MotoGP. Akan tetapi pada saat itu bukan Sirkuit Sepang yang menjadi lokasi digelarnya event balap motor bergengsi ini. Melainkan di Sirkuit Shah Alam atau Sirkuit Batu Tiga Speedway yang terletak di Ibu Kota Selangor di Shah Alam, antara Stadion Shah Alam dan Federal Highway.

Pada balapan perdana yang digelar di sirkuit rancangan desainer Belanda John Hugenholtz tersebut, pebalap Amerika John Kocinski yang tunggangi Yamaha berhasil menang di kelas utama 500cc. Sedangkan dua pebalap Italia Luca Cadalora menangi Kelas 250cc dengan Honda dan Loris Capirossi yang juga geber Honda menang di Kelas 125cc.

Selama bertahun-tahun atau tepatnya hingga musim balap 1997, Sirkuit Shah Alam menjadi lokasi favorit para penggemar balap di seluruh dunia. Tahun 1997 menjadi musim terakhir MotoGP digelar di trek sepanjang 3.693meter ini. Michael Doohan, pebalap Australia menangi balapan terakhir di Sirkuit Shah Alam untuk Kelas 500cc. Lagi, dua pebalap Italia berhasil menduduki podium tertinggi. Kali ini adalah Max Biaggi di Kelas 250cc dengan motor balapnya Honda dan Valentino Rossi di Kelas 125cc dengan Aprilia.

Baca Juga
Sirkuit Phillip Island Pernah Mogok dari Gelaran MotoGP

Selanjutnya di tahun 1998 balapan MotoGP dipindahkan ke Sirkuit Johor. Akan tetapi trek balap yang keberadaannya terletak di negara bagian Johor, Malaysia tersebut hanya menjadi tuan rumah sekali saja. Kala itu Honda masih menjadi pemenanganya dengan pebalap Michael Doohan di Kelas 500cc. Sedangkan dua pebalap Jepang Tetsuya Harada menangi Kelas 250cc dengan Aprilia dan Noboru Ueda di Kelas 125cc dengan Honda.

Sejak tahun 1999, Malaysia memasuki babak baru sebagai tuan rumah gelaran MotoGP. Seakan bertransformasi menjadi yang terbaik, Sirkuit Sepang menyodorkan proposal untuk menyelenggarakan balapan bergengsi di dunia ini. Dorna Sports selaku penyelenggara MotoGP akhirnya menyetujui Sirkuit Sepang menjadi tuan rumah.

Sepang International Circuit yang berlokasi di Sepang, Selangor, Malaysia sejak tahun 1999 menjadi tuan rumah MotoGP. Suzuki menjadi jawara pertama di Sirkuit Sepang. Bersama pebalap Amerika Kenny Roberts, Suzuki mampu unjuk gigi dengan raihan podium tertingginya di Kelas 500cc. Kemudian di Kelas 250cc adalah pebalap Honda Loris Capirossi. Pebalap Jepang Masao Azuma mengamankan gelar di Kelas 125cc.

Hingga saat ini, Sirkuit Sepang masih tetap menjadi penyelenggara MotoGP. Sirkuit garapan desaineradal Jerman Hermann Tilke ini bahkan menjadi salah satu lokasi paling menarik di kalender MotoGP. Seperti pada musim ini, digadang-gadang Marc Marquez yang menjadi pemuncak klasemen sementara bisa saja kunci gelar Juara Dunia MotoGP 2017 di Sirkuit Sepang.

Baca Juga
Dimulainya Peradaban Balap Motor di Australia
MotoGP Jepang Punya Mimpi Buruk

Text : Suhartono | Photo / Video : Alpinestars | Editor: Andi Wahyudi | 24 October 2017

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

Hasil Indomatic Race Sentul 2019

Hasil Indomatic Race Sentul 2019

ROAD RACE
Indoclub Championship Terus Genjot Kualitas

Indoclub Championship Terus Genjot Kualitas

ROAD RACE
AHRT Terjunkan 2 Pebalap Supersport

AHRT Terjunkan 2 Pebalap Supersport

ARRC
Mario Aji Tak Dibebani Target

Mario Aji Tak Dibebani Target

ROAD RACE

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company