image

Asian Style Jadi Kunci Kemenangan Galang Hendra di WSSP 300 Jerez

Text : Suhartono | Photo / Video : Suhartono | 25 October 2017

SPORTKU.COM

PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) menyambut kepulangan Galang Hendra Pratama yang baru saja menjuarai World Supersport (WSSP) 300.

Galang Hendra tampil memukau di Seri 9 WSSP 300 yang dihelat di Sirkuit Jerez, Spanyol pada akhir pekan kemarin, Minggu (22/10). Bermodal tiket wildcard, pebalap asal Yogyakarta tersebut berhasil menjuarai laga pamungkas WSSP 300 musim 2017. Galang Hendra menang tipis atas Scott Deroue, pebalap dari Belanda. Mereka hanya terpaut 0,026detik.

Pebalap asal Yogyakarta tersebut sekaligus mencatat sejarah sebagai pebalap Indonesia pertama yang menjuarai kompetisi balapan motor tingkat dunia. Sekadar info, WSSP 300 merupakan balapan level dunia di bawah World Superbike (WSBK) garapan Dorna yang juga merupakan penyelenggara MotoGP.

"Saya sangat bersyukur kepada Allah WST juga kepada Yamaha Racing Indonesia (YRI) dan para sponsor yang telah memberikan kesempatan kedua saya untuk berlaga di World Supersport 300 di Jerez. Saya sangat bersyukur membawa nama Indonesia dan Merah Putih berkibar di top podium," ungkap Galang Hendra dalam konferensi persnya di pabrik Yamaha di Pulogadung, Jakarta Timur, Rabu (25/10).

Galang Hendra yang geber Yamaha R3 sempat mengungkapkan prosesi detik-detik terakhir dalam memperebutkan podium tertinggi tersebut. Memang sulit, sebab dalam balapan yang berlangsung selama 11 lap tersebut dirinya harus memberikan perlawanan sengit kepada para pebalap dari daratan Eropa yang mendominasi grid.

Sejak lap pembuka, balapan berlangsung menegangkan. Tentu bukan hanya bagi para pebalap. Namun aksi mereka juga mampu membuat para penonton tegang. Seperti pada dua lap akhir, di mana Galang Hendra masih tertinggal di posisi ke-6. Namun lambat laun dia berhasil menyalip satu per satu para musuhnya.

Baca Juga
Aleix Espargaro Absen di MotoGP Malaysia 2017

Kemenangan Galang Hendra pun datang tepat di lap akhir jelang garis finish. Menggunakan teknik balap slipstream, Galang Hendra akhirnya finish terdepan. Lagu Indonesia Raya pun berkumandang di podium tertinggi di Sirkuit Jerez, Spanyol. Momentum ini sekaligus membayar kekalahan Galang Hendra yang gagal finish saat tampil di WSSP 300 seri Portugal karena masalah mesin pada motornya.

"Balapan berlangsung sangat ketat, banyak tantangan dari rider lain dan banyak senggolan dengan pebalap. Tapi dengan sedikit 'Asian Style' akhirnya saya bisa melewati semua pebalap dan dengan teknik slipstream saya bisa menang dan berhasil menyalip Deroue sebelum garis finish," cerita Galang Hendra yang tampil bersama tim Motoxracing.

Pencapaian Galang Hendra juga didapatkan karena mengikuti program Master Camp VR46 Riders Academy milik Valentino Rossi di Tavullia, Italia. Dua kali dia ambil bagian di tahun 2016 bahkan memperoleh kesempatan emas dididik langsung oleh Rossi. Program itu juga dijalani oleh pebalap-pebalap muda Yamaha dari negara lain seperti Jepang, Thailand, Malaysia. Mereka dimentori oleh rider Moto2 dan Moto3 yang juga murid Rossi.

Musim 2017 ini sendiri, Galang Hendra menjadi pebalap reguler Yamaha Racing Indonesia (YRI) di ajang Asia Road Racing Championship (ARRC). Bersama rekan setimnya Rey Ratukore, mereka turun di Kelas Asia Production 250cc (AP250). Kini Galang Hendra masih menduduki posisi ke-6 di klasemen sementara.

Baca Juga
Dimas Ekky Balapan Moto2 Malaysia, Gantikan Jorge Navarro
Sharing Ilmu dalam Co-Driver Coaching Clinic

Text : Suhartono | Photo / Video : Suhartono | 25 October 2017

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company