image

Lima Klub Indonesia Dapatkan Lisensi AFC

Text : Handy Fernandy | Photo / Video : Afc Official | Editor: Andi Wahyudi | 28 October 2017

SPORTKU.COM

AFC, sebagai otoritas tertinggi sepak bola di Asia memberikan lima lisensi profesional kepada lima klub Indonesia. 

Meski demikian, baru dua klub saja yang mendapatkan lisensi profesional tanpa pengecualian, yakni Arema FC dan Persib Bandung. Sementara tiga sisanya, yakni Bali United, Madura United, dan Persija Jakarta lolos dengan catatan.

Wakil Ketua Umum PSSI, Joko Driyono, mengatakan ketiga klub yang lolos dengan catatan itu lantaran gagal memenuhi kriteria B dimana hal tersebut menghalangi mereka mendapatkan lisensi. Meski demikian, mereka masih diberikan tenggat waktu selama tiga bulan ke depan untuk memenuhi syarat yang tersisa.

"Jadi ketiga tim itu, Bali United, Madura United dan Persija Jakarta sebenarnya berhak mendapatkan lisensi karena sudah melengkapi status kriteria A, kriteria yang kalau tidak dipenuhi otomatis gugur verifikasi. Namun, ketiga klub belum bisa menuntaskan beberapa hal di kriteria B," ujar Joko seperti dikutip Antaranews.

Baca juga
Nasib Persiba Ditentukan Pekan Ini

Sebelumnya, proses verifikasi untuk lisensi klub AFC sendiri sudah dimulai sejak April 2017. Lisensi ini bersifat wajib lantaran untuk digunakan bagi sebuah tim untuk bisa tampil di kompetisi tingkat Asia di bawah AFC.

AFC sendiri menetapkan ada lima aspek penilaian yang mesti dipenuhi standarnya oleh klub agar dapat memperoleh lisensi yaitu legalitas, finansial, infrastruktur, sumber daya manusia dan administrasi serta sporting (pembinaan usia dini).

Di tahun 2018 mendatang, tiga klub Indonesia sudah dibolehkan kembali berpartisipasi di turnamen yang diselenggarakan AFC, yakni satu klub bermain di babak playoff Liga Champions Asia, dan dua klub masuk putaran final Piala AFC.

Adapun yang bakal mewakili Indonesia baik di Liga Champions Asia dan AFC adalah klub yang berada di tiga besar klasemen akhir Liga 1. Namun, syarat ini bisa berubah bila ada klub yang belum mendapatkan lisensi AFC. Penetapan lisensi AFC kepada setiap klub di Asia sendiri sudah dilakukan sejak pada tahun 2008 lalu.

Baca juga
Kejurnas Sprint Rally Jadi Momen Spesial Batara Michdar

Text : Handy Fernandy | Photo / Video : Afc Official | Editor: Andi Wahyudi | 28 October 2017

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company