image

Dimas Ekky Dibikin Kesal Pebalap Australia

Text : Suhartono | Photo / Video : Federal Oil Gresini Moto2 | Editor: Andi Wahyudi | 30 October 2017

SPORTKU.COM

Dimas Ekky Pratama apes saat tampil di Kejuaraan Dunia Moto2 Malaysia 2017 pada akhir pekan kemarin, 29 Oktober.

Karir Dimas Ekky di musim balap 2017 mencapai puncaknya. Untuk pertama kalinya pebalap asal Depok, Jawa Barat tersebut tampil di Kejuaraan Dunia Moto2, kelas yang berada satu tingkat di bawah MotoGP. Dimas Ekky tampil bersama Tim Federal Oil Gresini Moto2 untuk menggantikan Jorge Navarro yang sedang dalam perawatan medis.

Menjadi momen mengharukan bagi para pecinta balap untuk kembali menyambut pebalap Indonesia di Moto2. Terakhir kali pebalap Indonesia di ajang Moto2 tercatat pada musim 2013 yang diwakili oleh Doni Tata Pradita dan Rafid Topan Sucipto. Maka wajar jika kedatangan Dimas Ekky di Moto2 kali ini disambut suka cita publik Tanah Air.

Dengan persiapan mepet, Dimas Ekky mendapat restu dari Astra Honda Racing Team (AHRT) yang selama ini menjadi rumah kedua baginya. Tim balap yang berada di bawah naungan PT Astra Honda Motor (AHM) tersebut juga mendukung penuh kiprah Dimas Ekky untuk tampil sebaik mungkin di ajang Moto2.

Sesi demi sesi dilalui Dimas Ekky kala membalap di Sirkuit Sepang, Malaysia. Debutnya di Kelas Moto2 dimulai dengan beberapa kali melakukan latihan bebas. Pada free practice (FP) 1 yang digelar dalam kondisi trek kering, Dimas Ekky berada di posisi buncit atau ke-29 dengan kemasan waktu 2menit 9.742detik.

Tentunya Dimas Ekky tak puas dengan hasil tersebut. Di FP2 yang berlangsung dalam kondisi trek basah, Dimas Ekky mulai main agresif. Di mana kali ini meski sempat alami kecelakaan di tikungan pertama, namun dia berhasil membukukan waktu 2menit 27.392detik dan berada di peringkat 16.

Baca Juga
Sambut HUT ke-43, GS Astra Bagi-bagi Hadiah

Dimas Ekky masih memiliki kesempatan satu kali latihan bebas. Akan tetapi di FP3 tak berjalan mulus baginya. Dimas Ekky kembali mencatat hasil kurang memuaskan. Di FP3 ini dia hanya kemas waktu tercepat ke-28 dengan raihan 2menit 9.419detik. Namun yang menarik adalah catatan waktu Dimas Ekky lebih cepat dari Alex De Angelis yang tak lain merupakan mantan pebalap MotoGP.

Adaptasi Dimas Ekky memang dilakukan cukup singkat dengan mesin Kalex yang menjadi pacuannya. Pada sesi kualifikasi, Dimas Ekky hanya bisa kemas waktu 2menit 8.571detik. Catatan waktu tersebut membawanya hanya di posisi grid ke-28. Kembali Dimas Ekky berhasil lebih cepat dari Alex de Angelis.

Dengan harapan tinggi bisa finish dengan membawa pulang poin, namun Dimas Ekky justru kena apes. Penampilan yang kurang menguntungkan bagi Dimas Ekky di penampilan perdananya Kejuaraan Dunia Moto2. Dimas Ekky justru gagal finish dan tak bisa menyelesaikan balapan hingga 19 lap. Padahal sebelumnya Dimas Ekky sudah mampu memberikan penampilan terbaiknya.

Saat balapan dimulai, Dimas Ekky sudah berhasil merangsek ke grup tengah. Bahkan terlihat Dimas Ekky sudah berhasil menduduki posisi 11. Aksi yang memukau untuk pebalap yang baru pertama kali geber tunggangan Moto2 namun langsung bisa bersaing dengan para seniornya. Namun apes, mimpi Dimas Ekky untuk tampil dengan kemasan waktu terbaik seketika hilang. Dia mengalami kecelakaan dengan Remy Gardner, pebalap Australia dari Tech 3 Racing Team.

"Ini pengalaman yang luar biasa. Saya dituntut untuk balapan dan memiliki awal yang baik. Saya mendapati berada di tengah sirkuit, mengejutkan, tapi sayangnya langkah Gardner membawa saya keluar dari persaingan. Tujuan saya sebelum akhir pekan adalah menyelesaikan balapan dengan poin dan saya tahu ini adalah tugas yang sulit," buka Dimas Ekky.

"Akhir pekan ini berakhir dengan rasa pahit, di satu sisi saya senang dengan debut kejuaraan dunia saya, tim Gresini benar-benar fantastis dan saya juga ingin mengucapkan terima kasih kepada Astra Honda dan Honda Motors atas kesempatan ini," imbuh Dimas Ekky yang mengaku sangat kecewa dengan kecelakaan tersebut.

Baca Juga
DAM Gelar Workshop Creative Video
Newbi, Komunitas Baru Pecinta Baleno

Text : Suhartono | Photo / Video : Federal Oil Gresini Moto2 | Editor: Andi Wahyudi | 30 October 2017

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company