image

Ducati Tertarik Ben Spies, Tapi Gak Punya Uang

Text : Suhartono | Photo / Video : MotoGP | Editor: Andi Wahyudi | 17 November 2017

SPORTKU.COM

Kabar akan kembalinya Ben Spies ke dunia balap terus berhembus kencang ke media.

Mantan Juara Dunia World Superbike (WSBK) 2009 sekaligus juara 5 kali AMA Superbike Ben Spies kembali menjadi perbincangan publik. Muncul lagi kabar jika pebalap asal Amerika tersebut akan kembali turun balap. Sebelumnya pada tahun 2016 lalu juga beredar isu jika Ben Spies akan kembali balapan bersama Yamaha. Namun hingga saat ini tak juga terwujud.

Akan tetapi baru-baru ini, Ducati telah memberikan kabar tentang kemungkinan kembalinya Ben Spies ke balap. Pabrikan Italia ini pun menyatakan ketertarikannya dan dengan senang hati akan memberikan dukungannya kepada Ben Spies jika memang ingin kembali tarik gas. Namun hingga kini belum terungkap jelas kemungkinan pasti Ben Spies akan kembali turun balap. Juga balapan apa yang akan diikutinya pun belum terungkap.

Ditegaskan oleh Paolo Ciabatti Selaku Direktur Olahraga Ducati, meski pihaknya akan memberikan dukungannya kepada Ben Spies, namun pabrikan Italia ini mengatakan tidak memiliki anggaran untuk melakukan balapan di Amerika. Begitu juga dengan anak perusahaannya di Amerika Serikat. Dikatakan olehnya, berarti Ducati memerlukan kemitraan serupa dengan BSB. Di mana Ducati menyediakan mesin balap yang didukung tim engineering untuk tim Paul Bird's Be Wiser.

"Saya mendengar beberapa orang mencoba menyusun paket untuk MotoAmerica. Ini yang saya tahu saat ini. Kami mengatakan kepada anak perusahaan kami, bahwa jika kami mengetahuinya dengan jelas pada saatnya, kami dapat menyediakan paket dengan materi World Superbike, dengan sedikit modifikasi yang diperlukan untuk MotoAmerica. Dan itu untuk saat ini. Kupikir itu masih lebih dari sebuah ide daripada sebuah proyek," ungkap Ciabatti.

Ciabatti secara jelas mengungkapkan jika uang menjadi modal utama untuk mewujudkan rencana proyek ini. "Seperti yang saya katakan, saya mendengar bahwa kami didekati untuk mengetahui apakah materi akan tersedia. Dan kami berkata, 'Ya, kita perlu tahu dalam batas waktu tertentu. Kembalilah kepada kami jika proyek ini terwujud," sambungnya.

Baca Juga
Ben Spies Akan Kembali Balapan?

"Secara pribadi, akan sangat bagus karena Ben Spies adalah teman kami. Dia masih menjadi pebalap yang hebat, tapi saya belum berbicara dengan Ben Spies. Saya baru mendengar dari anak perusahaan kami bahwa beberapa orang mendekati mereka dan mereka memiliki rencana ini. Sebenarnya mereka tidak menyebut nama Ben Spies. Saya juga membaca di media sosial."

"Jadi saya tahu Ben. Ben ingin kembali ke balap, mungkin di Amerika. Mari kita lihat untuk saat ini. Bagi kami, ini lebih merupakan 'wait and see'. Ducati tidak punya anggaran untuk berlomba di Amerika. Juga anak perusahaan kami," lagi Ciabatti menegaskan seperti dikutip dari laman Crash.

"Jadi harus menjadi usaha pribadi yang serius yang didanai secara pribadi. Tentunya kami akan dengan senang hati memberikan materi. Kami senang memberikan materi tanpa membuat margin, tapi perlu dibayar. Kami tidak bisa menyediakannya secara gratis."

Kehadiran balap di Amerika tidak diragukan lagi menjadi salah satu yang terbaik bagi Ducati. Pabrikan yang berpusat di Bologna, Italia ini tercatat memiliki sejarah menarik di Kejuaraan AMA Superbike, sebuah seri yang dimenangkannya dalam dua kesempatan.

Baca Juga
Gadis Seksi MotoGP Valencia 2017

"Jelas itu (kehadiran balap di Amerika) selalu bagus. Ducati, kami berada di AMA selama bertahun-tahun. Dari satu sisi kita berpikir bahwa pekerjaan perusahaan saat ini masih terpusat untuk mencoba dan melakukan sebaik mungkin di sini (MotoGP]) dan di World Superbike," imbuh Ciabatti.

"Kami tidak sebesar orang Jepang. Kami tidak menjual banyak sepeda motor seperti Jepang untuk bisa mendanai program di kejuaraan nasional. Kami sangat beruntung memiliki pasangan seperti Paul Bird di Inggris karena antara dia dan Ducati UK, kami bisa membuat sesuatu yang sangat sukses. Tapi kita butuh situasi serupa di Amerika untuk bisa terus maju," tutup Ciabatti.

Sekadar info, Ben Spies memang memiliki kedekatan dengan Ducati. Sebelumnya, Ben Spies dan Ducati telah menandatangani kontrak dua tahun bersama untuk 2 musim balap MotoGP pada tahun 2013 dan 2014. Ben Spies seharusnya membela tim balap satelit Ignite Pramac Racing Team. Namun proyek Ben Spies dan Ducati berhenti di tengah jalan.

Baru menjalani balapan MotoGP dua seri di Qatar dan Amerika, pebalap kelahiran 11 Juli 1984 di Memphis, Tennessee, Amerika itu harus mengumumkan gantung helm pada tahun 2013. Keputusan itu dia ambil karena mengalami cedera parah di bahunya. Akankah Ben Spies kembali ke sirkuit untuk balapan?

Baca Juga
Sejarah Nama Sirkuit Ricardo Tormo di Valencia

Text : Suhartono | Photo / Video : MotoGP | Editor: Andi Wahyudi | 17 November 2017

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company