image Peran suspensi saat mendarat setelah jumpingan Julian Johan, offroader AHSRT Superwolf milik Julian Johan

Biar Lebih Asyik Melibas Jumpingan, Perhatikan Hal Ini

Text : Harsya Fikmazi | Photo / Video : Harsya Fikmazi | Editor: Dedi Hermawan | 21 November 2017

uploads/news/2017/11/cara-asyik-melibas-jumpingan-234789db9f59a05.png

Cara Asyik Melibas Jumpingan

julian-johan-1851150716093a3
julian-johan-182217590ecbf3d
julian-johan-189160aa68d8d40
SPORTKU.COM

Untuk melibas jumpingan di lintasan offroad ada beberapa hal yang diperhatikan. Julian Johan berbagi informasinya, simak yuk.

Salah satu tontonan menarik saat menyaksikan gelaran speed offroad dengan tajuk Indonesia Xtreme Offroad Racing (IXOR) adalah melihat mobil terbang alias jumping. Bagi penonton, aksi itu sungguh asyik untuk dinikmati, sehingga banyak dari mereka yang menyiapkan alat memotret untuk mengabadikan momen tersebut. Meski terlihat tidak perlu persiapan khusus yang harus dilakukan offroader untuk melibas jumpingan, sebetulnya ada beberapa hal yang harus mereka perhatikan sebelum balapan di mulai.

Dalam bincang-bincangnya bersama SPORTKU, Julian Johan, salah satu offroader kenamaan Tanah Air membagi sedikit informasi bagaimana cara melibas jumpingan terebut. Offroader yang bernaung di bawah Asal Hati Senang Racing Team (AHSRT) ini membagi informasi apa saja yang harus dipersiapkan sebelum melibas jumpingan di medan offroad.

Baca juga:
SEAN GELAEL DIGAET PREMA UNTUK MUSIM DEPAN

Dari beberapa hal, salah satu faktor yang baiknya dipersiapkan adalah settingan suspensi.

"Kalau jumpingan itu yang paling penting adalah suspensi, bukan hanya spesifikasinya saja, melainkan juga settingan yang diterapkan juga sangat penting. Menggunakan produk yang mahal sekalipun, kalau settingan tidak benar, pasti enggak akan enak untuk melibas jumpingan. Di sini settingan harus sesuai," beber Julian Johan.

Lebih jauh lagi, Jeje, melukiskan settingan seperti apa yang harus diterapkan pada suspensi agar jumpingan lebih maksimal. Offroader yang menjadi brand ambassador ban GT Radial ini juga menuturkan faktor penting lain yang harus diperhitungkan selain suspensi.

"Terlalu empuk atau kerasnya suspensi juga enggak bagus, semuanya harus pas sehingga tidak terlalu keras atau terlalu empuk. Selain itu, Faktor lain yang diperhitungkan ada banyak, misalkan bobot mobil, dimensi mobil, karakter mobil. Terus juga jenis suspensinya, dan enggak ketinggalan karakter lintasannya seperti apa," tambah Jeje.

Baca juga:
DEMAS AGIL RAIH GELAR JUARA NASIONAL SLALOM KESEMBILAN KALINYA

Mengapa begitu penting melakukan penyetelan suspensi untuk jumpingan? Ini dikarenakan rebound yang ditimbulkan oleh suspensi mampu memberikan tingkat kestabilan pada kendaraan ketika mendarat dari jumpingan. Jika settingan suspensi diatur keras, maka saat mendarat mobil akan terasa lebih sangat keras dan guncangan yang ditimbulkan pun akan membuat mobil tidak stabil.

Begitupun dengan settingan suspensi yang sangat empuk, bisa jadi mobil semakin liar karena rebound yang ditimbulkan dari settingan suspensi tersebut membuat mobil tidak bisa dikendalikan selepas mendarat dari jumpingan. Bukan hanya untuk jumping, rupanya settingan suspensi juga sejatinya selalu diubah setiap balapan. "Idealnya setiap lintasan settingan suspensinya itu beda-beda, bahkan saat kondisi hujan atau kering pun juga mestinya beda. Bagi saya tidak dua-duanya, keras atau empuk itu harus pas saja. Gak kekerasan dan enggak keempukan," pungkas offroader yang menggeber Grand Cherokee bernuansa Ironman ini.

Text : Harsya Fikmazi | Photo / Video : Harsya Fikmazi | Editor: Dedi Hermawan | 21 November 2017

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company