image

Ilija Spasojevic, Solusi Lini Depan Timnas Indonesia?

Text : Handy Fernandy | Photo / Video : Spaso Official Twitter | Editor: Dedi Hermawan | 26 November 2017

SPORTKU.COM

Apakah kehadiran Ilija Spasojevic adalah jawaban bagi lini depan Timnas Indonesia yang selama ini dikenal mandul?

Ilija Spasojevic menjadi bintang kemenangan Tim Nasional (Timnas) Indonesia. Pasalnya, Pria yang kini menginjak usia 30 tahun itu sukses mencetak dua gol kemenangan yang mengantar Tim Garuda menang 2-1 atas Guyana di laga perhabatan internasional yang dilangsungkan di Stadion Patriot Candrabhaga, Kota Bekasi pada Sabtu (25/11) malam WIB.

Indonesia sendiri dalam laga tersebut sempat dikejutkan oleh gol cepat yang dicetak oleh Shaquille Agard ketika pertandingan baru berjalan 8 menit. Namun, Spaso—panggilan akrab Ilija Spasojevic –sukses menyamakan kedudukan pada menit ke-37 lewat tendangan pinalti yang dieksekusi sempurna oleh pemain yang membela kesebelasan Bhayangkara FC itu.

Spaso akhirnya tampil menjadi pahlawan kemenangan usia mencetak gol kedua pada menit ke-76 usai menerima umpan akurat dari Septian David di depan gawang Guyana. Mantan pemain Persib itu menunjukan bahwa dirinya merupakan penyerang haus gol lantaran kini ia hanya butuh dua laga untuk membuktikan ketajamannya di depan gawang lawan.

Kemunculan Spaso barangkali semacam oase bagi lini depan Timnas Indonesia yang saat ini seeprti kekurangan stok pemain depan yang memiliki naluri gol yang tinggi.

Boaz Solossa yang selama ini menjadi andalan di lini depan sudah termakan oleh usia sehingga ketajaman dan kecepatannya berkurang. Hal senada juga berlaku bagi Cristian Gonzales dan Bambang Pamungkas yang bahkan sudah lama tak lagi dipanggil di ajang internasional seperti ini.

Sementara penyerang lain seperti Marinus Wanewar, Ilham Udin Armayn, Lerby Eliandry, dan Ezra walian masih belum matang dan terbukti.

Baca juga
Hasil Final YCR Solo 2017

Spaso dan Reputasinya sebagai Penyerang Haus Gol

Spaso memiliki reputasi yang dapat dikatakan cukup disegani oleh mayoritas penjaga gawang di Indonesia. Maklum, sejak pertama kali menginjakan kaki di Indonesia pada tahun 2011 ia telah menasbihkan dirinya sebagai striker haus gol.

Saat bermain bagi bali Devata di ajang Liga Primer Indonesia pada tahun 2011 silam, Spaso sukses mencetak 8 gol dari 14 laga. Setelah itu, di musim berikutnya, ia mencoba peruntungan di kesebelasan PSM Makassar.

Bersama PSM, Spaso sukses mengumpulkan 19 gol dari 29 penampilannya. Hal ini membuat manajemen Mitra Kukar pun tertarik merekrut dirinya untuk bermain di ajang Liga Super Indonesia (kini Liga 1).

Bermain, di Mitra Kukar, Spaso sanggup mencetak 10 gol dari 16 laga. Ia sendiri direkrut di putaran kedua.
Kemudian pada ajang Liga Super Indonesia msuim 2014, Spaso dipinang oleh Persisam Putera Samarinda. Bermain di klub asal Kalimantan tersebut, ia mampu menyumbang 12 gol dalam 23 pertandingan.

Kemudian, di tahun 2015, Spaso sempat singgah sebentar di Pelita Bandung Raya dan kemudian di kontrak oleh Persib. Sayang, ketika di klub asal Bandung tersebut hanya mencetak 4 gol dalam 8 laga di ajang Piala Presiden 2016. Saat itu kompetisi terhenti, ia pun pindah ke Malaysia dan bermain bersama Melaka United.

Keputusan pindah ke Melaka dapat dikatakan sebagai keputusan tepat. Ia sukses mencetak 30 gol dalam 35 pertandingan dalam jangka waktu 18 bulan bermain. Atas prestasi tersebut, pria yang beristri orang Indonesia ini mampu menjadi pencetak gol terbanyak di semua kompetisi Malaysia pada tahun 2016 juga sukses mengantarkan klub yang ia bela menjuarai Liga Premier Malaysia tahun 2016.

Kembali ke Indonesia di putaran kedua Liga 1 pada Agustus 2017, Spaso tak kehilangan nalurinya dalam mencetak gol, ia bahkan mencetak 12 gol dari 16 pertandingan sekaligus mengantarkan tim yang ia bela, Bhayangkara FC juara Liga 1 musim 2017 kali ini.

Berangkat dari kepandaian Spaso dalam mencetak gol, tentu kita berharap agar dirinya tetap konsisten, apalagi tenaganya dibutuhkan dalam dua ajang besar di tahun 2018, yakni ajang Asian Games dan Piala AFF.

Baca juga
Alasan Mengapa Serie A Tontonan Terbaik Musim Ini

Text : Handy Fernandy | Photo / Video : Spaso Official Twitter | Editor: Dedi Hermawan | 26 November 2017

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company