image

Begini Proses Pembuatan Helm Pebalap MotoGP

Text : Suhartono | Editor: Andi Wahyudi | 8 December 2017

SPORTKU.COM

Helm menjadi perangkat terpenting bagi seorang bikers. Begitu juga untuk mereka para pebalap yang harus menggeber motornya.

Perlindungan kepala menjadi salah satu yang paling terdepan bagi seorang pebalap. Maka dari itu, helm menjadi 'pakaian' wajib yang harus digunakan oleh mereka saat turun ke sirkuit. Namun, helm untuk ajang balap tentu berbeda dengan yang digunakan untuk keperluan harian. Bukan hanya bahan, proses produksinya pun ternyata juga berbeda jika diamati lebih detail.

Salah satu pabrikan helm dunia AGV baru-baru ini merilis video mengenai detail pembuatan helm milik Valentino Rossi. Banyak tahapan yang harus dilalui Rossi selama proses produksi helm. Serangkaian tes dilakukan oleh AGV secara detail. Mulai dari pengukuran kepala menggunakan alat khusus hingga peletakan busa yang disesuaikan dengan ukuran kepala.

Beberapa titik yang dianggap rentan saat terjadi kecelakaan juga mendapat perlindungan lebih. Bukan hanya itu, peletakan visor atau kaca helm juga mendapat perhatian khusus dari AGV. Produsen helm Italia ini bahkan juga mengukur dari tingkat penglihatan bagi para pebalap serta jarak pandang saat melakukan balapan.

Baca Juga
5 Pebalap Indonesia Pernah Balapan Moto2 dan Moto3

Sebelum benar-benar masuk ke jalur produksi, helm juga akan diuji kekuatannya saat terjadi kecelakaan. Proses ini dilakukan menggunakan alat khusus yang disimulasikan dengan FEM analysis. Ketahanan dan kekuatan helm dilihat dari segala sisi, baik depan, belakang, maupun atas untuk melihat efek jika terjadi kecelakaan.

Proses pembuatan helm untuk pebalap memang terlihat rumit. Hal ini tentu dilakukan demi keamanan seorang pebalap. Maklum, dalam ajang balap seperti MotoGP, seorang rider bisa melaju dengan kecepatan 300 km/jam. Bayangkan saja kalau terjadi kecelakaan saat balapan dengan kecepatan motor tersebut.

Nah untuk lebih jelas mengenai proses pembuatan helm pebalap MotoGP, simak video singkat dari AGV berikut:

Baca Juga
5 Helm Ngetop MotoGP, Ada dari Indonesia
Menguak Asal usul Freixenet, Anggur Bersoda MotoGP

Text : Suhartono | Editor: Andi Wahyudi | 8 December 2017

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company