image Press conference kemenangan Kawasaki pada ajang Asia Road Racing Championship Ibnu Sambodo, bos dari Manual Tech

Rahasia Sukses Azlan Shah Juarai ARRC 2017

Text : Suhartono | Photo / Video : Sonny Hastara | Editor: Dedi Hermawan | 11 December 2017

uploads/news/2017/12/rahasia-sukses-azlan-shah-69887f3c3d5d911.JPG

Rahasia Sukses Azlan Shah

kawasaki-manual-tech-860740c38de6d78
kawasaki-manual-tech-957117cbc56bc7e
SPORTKU.COM

Manual Tech KYT Kawasaki Racing Team berhasil menjadi juara umum di ARRC 2017 lewat Azlan Shah Kamaruzaman.

Dengan tunggangan Kawasaki ZX-6R, Azlan Shah berhasil menjadi jawara Asia Road Racing Championship (ARRC) 2017 di Kelas Supersport 600 (SS600). Setelah melewati perjuangan panjang selama musim 2017, akhirnya pebalap Malaysia tersebut memperoleh poin tertinggi setelah penampilannya di seri pamungkas ARRC Thailand pada 2-3 Desember lalu.

Tampil 6 seri atau 12 kali balapan (1 seri 2 race), Azlan Shah kemas 155 poin di klasemen akhir. Perjuangannya untuk merebut gelar juara Asia memang tidak mudah. Apalagi dirinya sempat mengalami cedera tangan yang membuat penampilannya menjadi kurang maksimal.

Namun pada seri akhir di Thailand, Azlan Shah yang menambah 27 poin akhirnya tak terkejar oleh para pesaingnya. Md. Zaqhwan Zaidi yang sebelumnya berada di puncak klasemen justru harus puas sebagai runner up. Begitu juga dengan Yuki Ito, pebalap Jepang ini juga harus turun satu posisi ke urutan 4. Sedangkan Taiga Hada naik ke posisi 3 klasemen akhir.

"Pada tahun ini memang bagi saya berbagai macam dugaan dan rintangan yang harus saya alami. Saya mengalami pasang surut, ada kalanya menang dan kalah, jatuh hingga harus mengalami patah jari saat balapan di Suzuka. Meski masih patah jari, tapi saya tetap balapan untuk mendapatkan poin. Banyak kenangan manis, pahit dan happy semuanya ada. Tapi Alhamdulillah saya mendapatkan kemenangan di tahun ini," cerita Azlan Shah.

Memang butuh perjuangan untuk bisa berada dalam posisi terbaiknya pada setiap serinya. Hal ini juga menjadi fokus Azlan Shah agar pada setiap balapan bisa menjadi yang terbaik. Ada beberapa hal yang menjadi fokus Azlan Shah setiap kali balapan berlangsung.

Balapan berjalan sangat menegangkan karena Azlan Shah sempat tertinggal 5 poin dari Zaqhwan saat usai Race 1. Namun pada akhirnya Azlan Shah berhasil mengejar ketertinggalannya. Menyusul Yudhistira dengan poin 125 yang membuatnya berhasil bertengger di posisi ke 5.

Baca Juga
Honda Wadahi Bikers CBR Balapan di Sirkuit Sentul (Video)

"Setiap balapan saya selalu memastikan agar bisa menghemat pemakaian ban untuk bisa maksimal di race. Kalau settingan motor saya tidak banyak melakukan ubahan pada setiap seri. Hanya saja saya selalu membuat diri saya agar lebih biasa dengan sirkuit dan membiasakan diri dengan set-up," sambung Azlan dalam konferensi persnya di showroom Kawasaki Motor Indonesia (KMI) di Jakarta, Senin (11/12).

"Kebetulan Azlan saya yang menangani set-upnya, sangat simpel. Saya selalu memakai data yang sudah ada, dari tim dia (Azlan) yang lama saya komparasi dengan data milik Yudhistira dan saya siapkan set-up untuk practice sampai race. Paling gak lebih dari dua menit kita ngobrol mengenai set-up," beber Ibnu Sambodo, bos dari Manual Tech.

"Karena saya tahu skill Azlan seperti apa, dia sangat bagus di hard braking jadi saya selalu siapkan set-up untuk bisa dipakai untuk extreme braking. Karena di beberapa sirkuit sangat diperlukan. Dan selama ini itu oke dan bisa dipakai. Tapi di beberapa sirkuit memang ada problem, kadang performa mesin tidak sesuai dengan yang kami harapkan," imbuhnya.

Tak hanya itu, Manual Tech KYT Kawasaki Racing Team juga berhasil mendapatkan predikat sebagai tim terbaik di Kelas Superspot 600 karena berada posisi pertama untuk Team Over All Championship Standing. Dengan dua pebalapnya Azlan Shah dan Yudhistira, tim ini kemas 182 poin.

Dalam konferensi persnya ini, turut hadir pebalap Manual Tech KYT Kawasaki Racing Team lainnya HA. Yudhistira yang juga turun di Kelas Supersport 600. Juga pebalap AM. Fadly yang menjadi andalan Manual Tech KYT Kawasaki Racing Team di Kelas Asia production 250cc (AP250).

Baca Juga
Event Balap ISC Indoclub Championship Gak Kalah Gengsi (Video)
Sean Gelael Dapat Penghargaan dari Ikatan Motor Indonesia 2017

Text : Suhartono | Photo / Video : Sonny Hastara | Editor: Dedi Hermawan | 11 December 2017

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

Indoclub Kembali ke Gery Mang

Indoclub Kembali ke Gery Mang

ROAD RACE
Daytona Fokus di Indoclub Championship

Daytona Fokus di Indoclub Championship

ROAD RACE
Busi Brisk Konsisten Dukung Indoclub

Busi Brisk Konsisten Dukung Indoclub

ROAD RACE
Dovizioso Juara MotoGP Qatar

Dovizioso Juara MotoGP Qatar

MOTOGP

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company