Transformasi WTCC Menjadi WTCR

Text : Aldito GM/Harsya Fikmazi | Photo / Video : FIA WTCC | Editor: Andi Wahyudi | 12 December 2017

SPORTKU.COM

Kejuaraan World Touring Car Championship atau yang biasa dikenal dengan WTCC akan berubah nama menjadi WTCR.

Ajang balap FIA World Touring Car Championship akan kembali digelar pada 2018 mendatang, namun dalam penyelenggaraannya tersebut penyelengara akan mengganti nama menjadi FIA World Touring Car Cup (WTCR), dalam pergantian nama ini mereka melaluinya dengan tahap pemungutan suara yang disetujui olehh FIA Wold Motor Sport Council di paris (6/12).

Sebagai dari kesepakatan tersebut, TCR International Series akan dihentikan sementara dan FIA European Toring Car Cup tidak lagi berjalan.

"Kami sangat bangga dengan kesepakatan ini yang menghormati sepenuhnya semangat TCR. Hubungan dengan promotor berpengalaman seperti Eurosport Events bersama dengan label FIA di WTCR merupakan pengakuan tertinggi untuk konsep TCR yang kami diluncurkan tiga tahun lalu dan belum berhenti berkembang sejak itu," ujar Marcello Lotti sebagai Chief Executive, WSC.

Baca juga:
RETROSPEKSI KEJUARAAN INDONESIA RETRO RALLY

Dalam sebuah perubahan nama menjadi WTCR tentu saja akan ada perubahan format dan teknis seperti peraturan baru, lebih banyak mobil dan lebih banyak balapan. Yang menarik pada format balap akhir pekan WTCC dimana setiap balapan akan terdiri dari tiga balapan yaitu sesi kualifikasi dan race dihari pembukanya, kemudian dihari kedua diadakan kembali sesi kualifikasi tiga fase dan dua balapan dengan balapan memanfaatkan grid terbaik. Lalu balapan musim baru terdiri dari 30 balapan di 10 event di empat benua yang berbeda.

Sementara itu pelaksanaan teknis WTCR ini akan dilisensikan oleh WSC kepada FIA sebagai mengatur peraturan FIA WTCR, dan yang boleh mengikuti balapan di WTCR ini harus memenuhi syarat seperti mobil TCR yang telah di setujui oleh WSC dan FIA WTCR. Pada musim yang baru ini akan ada 26 tim dan diprioritaskan kepada tim TCR International dan tim WTCC yang sudah mengikuti musim 2017.

Dengan nama baru tentu saja akan meningkatkan promosi seperti harus meliput lebih dari 50 jaringan seluruh dunia, selalu berpromosi di setiap even dan mengakampanyekan di media sosial. Ini akan menjadi era baru yang sangat seru bagi pembalap mobil touring international dengan perbuhan teknis balap dan format. Begitupun para penggemar yang sudah tidak sabar ingin melihat ajang WTCR digelar.

Text : Aldito GM/Harsya Fikmazi | Photo / Video : FIA WTCC | Editor: Andi Wahyudi | 12 December 2017

  • facebook share

RELATED NEWS

Duel Alinka Hardianti-Avila Bahar

Duel Alinka Hardianti-Avila Bahar

ITCC
Albon Hijrah Ke Formula E

Albon Hijrah Ke Formula E

FORMULA E
Vandoorne Dilirik Tim Balap IndyCar

Vandoorne Dilirik Tim Balap IndyCar

CIRCUIT
Performa Mesin Tak Mengimbangi Zharfan

Performa Mesin Tak Mengimbangi Zharfan

TOURING

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company