image

Ana Carrasco Ubah Pandangan Dunia

Text : Suhartono | Photo / Video : Twitter | Editor: Andi Wahyudi | 12 December 2017

SPORTKU.COM

Tak terhitung lagi berapa banyak pebalap wanita di dunia. Tapi untuk yang satu ini bisa dibilang paling eksis saat ini.

Ana Carrasco Gabarron, namanya memang sudah tak begitu asing di ajang balap motor. Lahir di Murcia, Spanyol pada tanggal 10 Maret 1997 silam, kini nama Ana Carrasco masuk dalam daftar pebalap di ajang Kejuaraan Dunia. Menggeber Kawasaki Ninja 300, Ana Carrasco membalap di World Supersport (WSSP) 300 yang menjadi bagian dari World Superbike (WSBK) sepanjang musim 2017 ini.

Sebelum memutuskan untuk turun di Kejuaraan Dunia WSSP 300, Ana Carrasco juga aktif di ajang balap Moto3. Ana memulai debutnya di Moto3 pada musim balap 2013 silam. Saat itu Ana Carrasco membalap dengan motor KTM bersama Team Calvo. Masih di Moto3, musim berikutnya Ana Carrasco hijrah ke RW Racing GP Racing Team. RBA Racing Team menjadi pelabuhan Ana berikutnya di tahun 2015. Dan di tahun 2016 memilih vakum.

Siapa sejatinya Ana Carrasco? Sejak usia 3 tahun, Ana Carrasco sudah mengenal motor. Maka tak heran jika baru menginjak usia 6 tahun, Ana Carrasco sudah malang melintang di berbagai kejuaraan resmi di Spanyol. Hingga puncaknya di tahun 2009, Ana Carrasco menjadi jawara di Kelas Extremena 125cc, Murcia 125cc dan Copa de Espana 2T.

Sukses di negaranya, nama Ana Carrasco mulai dikenal publik. Dia juga membalap di ajang CEV 125. Pada tahun 2012 menjadi babak baru bagi Ana Carrasco. Dia mencoba peruntukannya di Moto3 dan menjadi wanita pertama yang turun di kelas ini. Baru pada tahun berikutnya, Ana Carrasco membalap penuh selama satu musim di Moto3.

Baca Juga
Sudarmono Samai Kisah Dovizioso

Nama Ana Carrasco pun terus diperhitungkan oleh para pesaingnya. Menjadi pebalap dari Team Calvo, Ana Carrasco berdampingan dengan Maverick Vinales yang kemudian menjadi Juara Dunia Moto3 2013. Ana Carrasco juga mencetak sejarah di ajang moto3 bersama Team Calvo. Di mana dia berhasil menjadi pebalap wanita pertama yang meraih poin.

Hasil itu dia torehkan saat tampil di Sirkuit Sepang, Malaysia. Ana Carrasco yang memulai balapan dari grid 19 berhasil finish ke posisi 15. Dia harus berjuang dan terlibat pertarungan sengit dengan pebalap Italia Francesco Bagnaia dari San Carlo Team. Sebelum ke Malaysia, posisi terbaik Ana Carrasco adalah posisi ke-17 yang diraihnnya di Indianapolis.

"Saya pikir saya memiliki balapan yang sangat bagus dan saya sangat senang. Saya sedikit berjuang sejak awal, melihat banyak yang jatuh, jadi saya lebih suka melakukan balapan dengan santai. Saya kemudian mengalami kesulitan untuk membuat posisi, tapi sekitar enam lap tersisa, saya berada di depan kelompok saya. Saya melewati seseorang di akhir lap untuk mendapatkan poin pertama saya di Kejuaraan Dunia. Saya sangat bahagia!," beber Ana Carrasco saat itu.

Baca Juga
Video Ali Adrian Kenang Masa Lalunya di Balapan Nasional

Prestasi Ana Carrasco di Moto3 Malaysia 2013 membuatnya menjadi pebalap wanita pertama yang mencetak poin di Kejuaraan Dunia sejak pebalap Jerman Katja Poensgen finish di urutan ke-14 Kelas 250cc Grand Prix (GP) Italia tahun 2001 di Sirkuit Mugello. Namun, tidak ada pebalap wanita yang mencetak poin di kelas ringan selama 18 tahun. Yang terakhir adalah Tomoko Igata dari Jepang yang finish ke-7 di Kelas 125cc Grand Prix Ceko tahun 1995 di Sirkuit Brno.

Dan di musim 2017 ini, Ana Carrasco kembali membuat sejarah baru. Dia menjadi wanita pertama yang berhasil finish terdepan di Kejuaraan Dunia WSSP 300. Di mana Ana Carrasco finish terdepan saat tampil di Sirkuit Portimao, Portugal pada 17 September lalu. Ana Carrasco meraih kemenangan kurang dari sepersepuluh detik dari Alfonso Coppola, pebalap Italia yang finish ke-2.

"Saya sangat senang dengan hasil ini. Kami telah bekerja sangat keras dan kami telah membuat kemajuan di setiap balapan. Wanita tidak akan pernah menjadi mayoritas, ini jelas. Saya kira akan ada lebih banyak wanita dalam daftar, tapi pada akhirnya apa yang diharapkan adalah bahwa kita semua memiliki kesempatan yang sama dan kejuaraan dunia adalah yang terbaik," ungkap Ana Carrasco.

Kehadiran dan keberhasilan Ana Carrasco dalam menorehkan prestasinya di berbagai kejuaraan dunia juga membuat pendapat publik berubah. Jika pada akhirnya, pebalap wanita juga bisa menjadi pesaing kuat bagi para pebalap pria.

Baca Juga
MRT Dhevara, Tim Balap Hasil Proyek Pertemanan (Video)

Text : Suhartono | Photo / Video : Twitter | Editor: Andi Wahyudi | 12 December 2017

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company