Peluang Persija di AFC Cup 2018

Text : Handy Fernandy | Photo / Video : Gts Official | Editor: Andi Wahyudi | 13 December 2017

SPORTKU.COM

Persija Jakarta akan mengikuti ajang AFC Cup 2018. Bagaimana peluang mereka di kompetisi antar klub se-Asia ini?

Persija Jakarta yang sukses mengakhiri Liga 1 musim 2017 sebagai peringkat keempat di klasemen akhir mendapatkan kesempatan untuk tampil di Asia dengan mengikuti ajang AFC Cup 2018. Mereka mendapatkan limpahan jatah dari PSM Makassar—yang berada di urutan ketiga- yang gagal lolos verifikasi AFC.

Namun, meski lolos ke putaran final ajang AFC Cup 2018, Persija tak bisa bersantai-santai. Pasalnya, tim berjuluk Macan Kemayoran itu tergabung di Grup H yang dapat dikatakan sebagai grup neraka dalam turnamen kali ini.

Pasalnya, Persija akan bertemu dengan Song Lam Nghe An FC asal Vietnam, Tampines Rovers atau Geylang International FC asal Singapura, dan Johor Darul Ta'zim atau Selangor FA asal Malaysia.

Song Lam Nghe An FC sendiri merupakan pemenang Piala Vietnam musim 2017. Sementara Tampines Rovers atau Geylang International FC merupakan tim kuat asal Singapura. Tampines misalnya, mereka sukses menjadi runner up Liga Singapura, sementara Geylang pernah menjadi semifinalis AFC Cup tahun 2004 silam.

Kemudian dua klub asal Malaysia, Johor Darul Ta'zim atau Selangor FA merupakan tim yang juga dianggap tangguh. Johor sebagaimana diketahui, mereka adalah mantan juara AFC Cup pada tahun 2015 silam. Sementara, Selangor sempat tercatat sebagai finalis Liga Champions Asia pada tahun 1967.


Menilik dari klub-klub di atas, dapat dikatakan Persija sudah harus berjuang ekstra keras sejak memulai ajang ini sejak awal. Tentu persiapan matang wajib dijalani oleh klub asal ibu kota ini untuk bisa eksis lebih lama.

Persija sendiri dapat dikatakan sudah berbenah untuk musim 2018 mendatang. Mereka cukup agresif dalam bursa transfer. Hingga tulisan ini ditulis pada Rabu (13/12) sudah sebanyak lima pemain yang mereka datangkan.

Kelima pemain tersebut adalah, Septinus “Hanoman” Alua, Valentino Telaubun, Arthur Bonai, Ahmad Syaifulah, dan Asri Akbar. Kelima pemain ini merupakan pemain yang penampilannya cukup memikat di Liga 1 dan Liga 2 musim 2017 lalu.

Baca juga
Intip All New Honda PCX 150

Selain itu, Persija juga sukses memperpanjang kontrak 7 punggawa mereka di musim lalu, yakni Rezaldi Hehanussa, Sandi Darman Sute, Maman Abdurrahman, Rizky Darmawan, Gunawan Dwi Cahyo, Daryono, dan Ramdani Lestaluhu.

Namun sayang, meski sukses mendatangkan pemain baru. Persija juga harus kehilangan pemain yang menjadi andalan di musim lalu. Mulai dari Willian Pacheco, Ryuji Utomo, Sutanto Tan, Arthur Irawan, Irfandy Zein, dan Amarzukih.

Pacheco misalnya, kehilangan pemain asal Brasil ini dapat dikatakan sebagai kehilangan besar bagi Persija. Pasalnya, pemain yang kini membela Selangor itu merupakan kunci pertahanan Macan Kemayoran di musim lalu.

Sebagaimana diketahui, Persija musim lalu merupakan tim yang paling jarang kebobolan. Mereka hanya kemasukan 24 gol dalam semusim. Duet Pacheco dengan Maman dapat dikatakan sebagai pasangan pemain bertahan terbaik di Liga 1 musim 2017 lalu.

Turnamen Pra Musim Sebagai Kunci

Persija sendiri dipastikan akan mengikuti turnamen pramusim di Malaysia dalam ajang yang bertajuk Boost Sportsfix Super Cup 2018 pada 13-20 Januari 2018 mendatang. Dalam laga ini, Pesjia akan menghadapi Ratchaburi klub asal Thailand dan Kelantan selaku tuan rumah penyelenggara.

Direktur Utama Persija, Gede Widiade mengatakan bahwa keikutsertaan mereka dapat dikatakan sebagai ajang persiapan menyambut AFC Cup juga Liga 1 yang juga akan bergulir pada tahun 2018 mendatang.

“Ini menjadi sebuah persiapan Persija untuk kompetisi Liga 1 2018. Selain itu, kami juga harus melihat bagaimana permainan sepak bola di kawasan Asia karena Persija juga akan berlaga di AFC Cup 2018 mendatang,” kata Gede seperti dikutip dari situs resmi klub.

Selain itu, Persija juga akan dihadapkan pada turnamen yang tak kalah besar, yakni Piala Presiden 2018. Ajang pramusim yang akan mempertemukan tim-tim kuat dari berbagai liga di Indonesia ini juga dapat dikatakan untuk mematangkan strategi dan pemain, terutama pemain yang baru bergabung. Bila sukses dalam dua ajang pra musim ini, bukan tidak mungkin Persija bisa bicara banyak di AFC Cup 2018 mendatang.

Baca juga
Kevin/Marcus Raih Penghargaan dari BWF

 

Text : Handy Fernandy | Photo / Video : Gts Official | Editor: Andi Wahyudi | 13 December 2017

  • facebook share

RELATED NEWS

MU Diimbangi Tim Promosi

MU Diimbangi Tim Promosi

FOOTBALL
Maman Siap Meredam Striker Persib

Maman Siap Meredam Striker Persib

FOOTBALL
Persija Incar Kemenangan di Bandung

Persija Incar Kemenangan di Bandung

FOOTBALL
Kane Mandul, Spurs Pun Hancur

Kane Mandul, Spurs Pun Hancur

FOOTBALL

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company