image Froome dengan trofi double winner pasca memenangkan Vuelta 2017 (Getty Images Sport)

Juara Tour de France Chris Froome Terindikasi Doping

Text : Adi Supriyatna | Editor: Andi Wahyudi | Media Source: Nytimes | 14 December 2017

uploads/news/2017/12/chris-froome-terindikasi-doping-51281feeef55986.jpg

Chris Froome Terindikasi Doping

froome-raih-velo-d-or-853103954f8fbc2
SPORTKU.COM

Juara 4 kali Tour de France Chris Froome dinyatakan positif menggunakan obat asma secara berlebihan pada musim gugur lalu.

Ketika test urin pada Vuelta September lalu, ditemukan obat Salbutamol dalam jumlah 2 kali lebih banyak dari yang diizinkan. Ketika itu, Froome keluar sebagai juara Vuelta.

UCI menyatakan analisa test sample B memastikan bahwa Froome positif. Tapi hasil itu tidak lantas membuat UCI mengambil langkah disiplin apapun kepada Froome sampai pengujian seluruh sampel selesai.

Froome sendiri menyatakan bahwa banyak pihak yang mengetahui tentang dia yang menderita asma. Froome juga menegaskan bahwa dirinya sangat mengetahui regulasi yang berlaku.

“Sudah banyak yang mengetahui bahwa saya memiliki asma dan saya tahu persis bagaimana aturannya,” kata Froome.

“Saya menggunakan inhaler untuk mengatur simptom saya. Dan saya tahu pasti, saya akan dites setiap hari saat menggunakan jersey pemimpin lomba,” tambah Froome.

Froome juga menjelaskan bahwa asmanya memburuk di Vuelta sehingga dia mengikuti nasihat tim dokter untuk menambah dosis Salbutamol. Dia mengaku sangat hari-hati untuk memastikan apa yang dilakukan dan tidak lebih dari dosis yang diizinkan.

Froome juga menyatakan siap bekerjasama dengan UCI dan, bersama dengan timnya, untuk memberikan semua informasi yang diperlukan.

"Saya mengambil posisi pemimpin dalam olahraga saya dengan sangat serius. UCI sangat tepat untuk memeriksa hasil tes dan, bersama dengan tim, saya akan memberikan informasi apa pun yang dibutuhkannya," jelas pebalap Team Sky itu.

Dengan kasus ini, Froome masuk dalam daftar panjang pebalap yang bermasalah dengan doping, bersama Lance Armstrong, Alberto Contador, Floyd Landis, Marco Pantani, Jan Ullrich dan Bjarne Riis.

Baca juga:
CANYON SPECTRAL 2018 USUNG DESAIN FRAME BARU

Baca juga:
KEVIN/MARCUS RAIH PENGHARGAAN PEMAIN PUTRA TERBAIK 2017


Chris Froome dengan trofi double winner pasca memenangkan Vuelta 2017 (Getty Images Sport)
froome-raih-velo-d-or-853103954f8fbc2.jpg

 

Text : Adi Supriyatna | Editor: Andi Wahyudi | Media Source : Nytimes | 14 December 2017

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company