image

Regenerasi Pebalap Tanah Air Berjalan Mulus

Text : Harsya Fikmazi | Editor: Andi Wahyudi | 16 December 2017

SPORTKU.COM

Generasi baru d ajang balap Tanah Air kini semakin diwarnai oleh wajah-wajah baru. Pebalap muda bermunculan dan mengukir prestasi baru

Profesi pebalap dewasa kini terbilang terus bertambah, mulai dari usia belia hingga usia senja terus memadati slot starting grid di setiap kejuaraan. Mobilitas yang paling besar justru ditunjukan dengan semakin ramainya pebalap baru yang bermunculan.

Tidak hanya satu kejuaraan saja yang menyertakan pebalap baru, tapi dihampir di setiap kejuaraan selalu ada wajah-wajah segar yang menghiasi jalannya balapan. Sebut saja balap touring, gymkhana, sprint rally, rally, dan speed offroad, hampir mayoritas kini pebalap belia ambil bagian dalam sengitnya pertarungan.

Ibarat pepatah bilang, gugur satu tumbuh seribu. Yah, seperti itulah gairah pebalap baru yang bermunculan. Namun memang, saat ini pebalap muda yang muncul memang memiliki DNA dari ayahnya yang juga tercatat sebagai pebalap senior. Maklum, buah jatuh tidak jauh dari pohonnya, sehingga fenomena tersebut tetap berlaku di ajang balap.

Untuk balap touring, nama pebalap muda yang kini tengah bersinar antara lain adalah Aldio Oekon, Zharfan Rahmadi, Ahmad Fadillah Alam dan Avila Bahar menghiasi aura muda balap touring. Ketertarikan mereka semua ke dunia balap memang memiliki passion sendiri, akan tetapi ada peran orang tua di baliknya. Seperti Avila Bahar, pebalap yang telah merengkuh Rookie of The Year di ajang Honda Jazz Speed Challenge 2017, merupakan anak dari pebalap senior, Alvin Bahar.

Baca juga
Arai Luncurkan Helm Livery Nicky Hayden

Sementara untuk Aldio Oekon, darah balap yang ada di dalamnya juga ikut terpengaruh dari ayah yang juga mantan pebalap di era kejayaannya. Namun untuk Zharfan dan Fadil, mereka memang murni pebalap muda yang benar-benar natural dalam memilih karir balap tanpa ada darah balap dari orang tua.

Sedangkan di kancah balap lainnya, gymkhana atau yang sebelumnya dikenal sebagai slalom, peslalom Rinaldo SA yang baru saja menyabet gelar Juara Nasional kelas B merupakan anak dari Andri SA yang juga seorang master slalom di era sebelum zaman milenial.

Di samping Rinaldo SA, untuk cabang balap lainnya, pebalap yang menjadi tunas baru dari dunia motorsport Tanah Air adalah putera Eryanto Subaktiawan, seorang pereli senior yang juga pemilik Tim Bintang Automotive, yakni Tody Ramadhan. Tody saat ini tengah aktif menjadi driver dalam beberapa seri terakhir Kejurnas Sprint Rally dan Rally Indonesia 2017. Sebelumnya, Tody, hanya bertindak sebagai co-driver bersama Adrianza Yunial yang mengendarai Datsun 'Jambrong'.

Di ajang balap tanah lainnya, yakni rally, pereli muda juga ikut bermunculan. Bahkan, kemunculannya langsung meraih gelar Juara Nasional. Sebut saja pereli asal Makassar, Batara Michdar, pereli yang bertarung di dalam ketatnya persaingan kelas F sukses membuktikan sebagai yang terbaik di tahun 2017.

Peran serta ayah yang begitu besar juga turut dirasakan oleh Joni Saputra, offroader Jhonlin Racing Team. Tahun ini ia sukses mengukir kebehasilannya dalam meraih gelar Juara Nasional Speed Offroad. Kemenangan tersebut sekaligus mengalahkan dominasi ayahnya yang menjadi langganan podium pertama. Tidak hanya sang ayah yang dikalahkan, melainkan juga offroader Rifat Sungkar pun turut menjadi korban keganasan Joni Saputra di atas lintasan tanah Speed Offroad.

Baca juga
Kumpulan Model Rambut Paul Pogba
Highlights BRIRUN 2017

Text : Harsya Fikmazi | Editor: Andi Wahyudi | 16 December 2017

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company