image Para rider berusaha menaklukkan lintasan Dua rider BMX berkejaran di berm Seorang rider BMX Cross melaju di atas lintasan Jakarta Youth MTBMX Race melombakan nomor Push Bike

Upaya Pembinaan Sosialisasi dan Pemassalan Olahraga Sepeda

Text : Adi Supriyatna | Photo / Video : Pariyono | 19 December 2017

uploads/news/2017/12/draft-jakarta-youth-mtbmx-race-14864656565a963.JPG

Jakarta Youth MTBMX Race

galeri-jakarta-youth-mtbmx-41170948e9a7115
galeri-jakarta-youth-mtbmx-8257363cc3bc049
galeri-jakarta-youth-mtbmx-98844d2c0e6a5c7
galeri-foto-jakarta-youth-3204587094cd49a
SPORTKU.COM

Sebagai upaya untuk pembinaan, sosialisi olahraga sepeda, Jakarta Youth MTBMX Race digelar di Satharlan Bike Park, Jakarta Timur.

Jakarta Youth MTBMX Race merupakan merupakan yang pertama kali digelar oleh Jakarta Youth Cycling (JYC). Event ini juga menjadi bagian dari program ISSI DKI Jakarta untuk memperkenalkan olahraga bersepeda kepada masyarakat sejak usia dini.

“Event yang pertama yang diselenggarakan Jakarta Youth Cycling yang merupakan program dari ISSI DKI Jakarta untuk pembinaan, sosialisasi dan pemassalan sport cycling sejak usia dini,” kata Dede Dewanthono selaku ketua penyelenggara.

Kejuaraan ini diikuti oleh sekitar 80 peserta yang umumnya dari Jabodetabek. Selain itu ada pula peserta dari kota lain di Jawa, seperti Bandung dan Cilacap.

Sesuai namanya, kejuaraan ini melombakan sejumlah nomor atau cabang, yakni BMX Cross (untuk usia 7 hingga 17 tahun), dan MTB 4X (15 sampai 18 tahun). Disamping itu, event ini turut melombakan nomor lain sebagai eksebisi, yaitu Balance Bike yang diikuti oleh peserta berusia 3 hingga 6 tahun dan MTB 4X kelas Master Open.

Dede berharap, dari kejuaraan ini akan muncul lebih banyak lagi bibit-bibit atlet sepeda yang akan berpartisipasi.

Dede juga menambahkan, pada 2018, pihaknya akan mengelar serangkaian lomba secara reguler untuk disiplin atau genre lain, seperti MTB XC (Cross Country) dan Road Bike.

Pada nomor BMX Cross, penyelenggara memberlakukan sistem dengan dua kali moto (moto 1 dan 2). Para rider dinilai dari pencapaian terbaik dari kedua moto tersebut. Sementara pada nomor MTB 4X, penyelenggara menerapkan sistem gugur, dimana 2 rider tercepat di setiap hit akan berhak melaju ke babak berikutnya, hingga final.

Meski didominasi rider muda, jalannya race di nomor BMX maupun MTB 4X berjalan seru. Sejumlah rider bahkan mengalami crash (terjatuh dari sepedanya akibat terjatuh atau menabrak dengan rider lainnya). Namun demikian, hal itu tidak mengakibatkan cedera yang serius. 

Selain menerima medali, para juara pada kejuaraan ini juga menerima hadiah berupa dana pembinaan dari penyelenggara.

Baca juga:
HASIL JAKARTA YOUTH MTBMX RACE

Baca juga:
ABSEN DI GIRO, VINCENZO NIBALI BERSAING DI TOUR DE FRANCE

Baca juga:
TANTANGAN MENPORA UNTUK MARCUS/KEVIN


Para rider MTB 4X berusaha menaklukkan lintasan

galeri-jakarta-youth-mtbmx-41170948e9a7115.JPG

 

Text : Adi Supriyatna | Photo / Video : Pariyono | 19 December 2017

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company