image

Tim Aspar Ganti Nama Angel Nieto Team di MotoGP 2018

Text : Suhartono | Photo / Video : Twitter | 26 December 2017

SPORTKU.COM

MotoGP 2018 tidak hanya akan melihat formasi baru dari para tim dengan pebalapnya. Namun juga ada tim dengan nama baru.

Aspar Team akan berganti nama menjadi Angel Nieto Team pada musim balap 2018 mendatang. Pergantian nama Aspar Team menjadi ANgel Nieto Team merupakan salah satu bentuk penghormatan untuk pebalap dengan nama lahir Angel Nieto Roldan tersebut. Angel Nieto juga merupakan mantan saingan dan mentor Jorge Martinez yang tak lain merupakan bos Aspar Team.

"Angel Nieto identik dengan balap motor, olahraga yang memberinya begitu banyak dan yang dia berikan begitu banyak sebagai gantinya. Balap motor adalah apa yang ada di Spanyol berkat orang yang meletakkan batu pertama dan kami ingin memberi penghormatan kepada fakta tersebut dengan mengganti nama tim kami menjadi Ángel Nieto Team," jelas Jorge Martinez 'Aspar', juara dunia empat kali.

Bukan hanya menobatkan Angel Nieto sebagai nama tim di MotoGP 2018. Namun Jorge Martinez juga akan mendapuk anak tertua Angel Nieto, Gelete Nieto sebagai Team Principal. "Angel membantu begitu banyak orang, saya antara lain, dan dia adalah bagian penting dalam hidup saya, begitu pula anaknya Gelete dan Pablo (sekarang menjadi manajer tim Sky Racing VR46) dan keponakannya Fonsi (sekarang menjadi pelatih pebalap di Pramac Ducati)," jelas Jorge Martinez.

Baca Juga
Hubungan Memanas, Marc VDS Ancam Tinggalkan Honda?

Gelete Nieto berkompetisi dengan Aspar Team dari tahun 1993 sampai 1997. Selam kurun waktu tersebut dia berhasil meraih beberapa kemenangan di Kejuaraan Eropa di Barcelona dan satu lagi di Kejuaraan Spanyol di Jerez. Selain itu juga membuat 28 kali penampilan Grand Prix (GP).

Gelete adalah keluarga Nieto pertama yang berpacu untuk Aspar. Kemudian diikuti oleh saudaranya Pablo dan sepupunya Fonsi. Saat-saat yang menonjol termasuk kemenangan Pablo di Grand Prix Portugal pada tahun 2003 dan Fonsi menjadi runner-up Kejuaraan Dunia 250cc pada tahun 2002.

Aspar Team atau Angel Nieto Team akan mengandalkan pebalap Alvaro Bautista dan Karel Abraham dengan mesin Ducati di MotoGP 2018. Ditambah Andrea Migno dan Albert Arenas dengan KTM di Moto3 2018.

Sementara itu, Angel Nieto, pebalap kelahiran Spanyol 25 Januari 1947 silam itu meninggal setelah sebelumnya mengalami kecelakaan saat tengah mengendarai quad bike. Dirinya dilaporkan tertabrak dari belakang oleh sebuah mobil. Sesaat setelah kejadian tersebut Nieto langsung dilarikan ke rumah sakit untuk mendapatkan pertolongan medis.

Namun akhirnya Nieto tak berdaya untuk tetap bertahan hidup dan meninggal dunia pada hari Kamis (3/8) kemarin di Ibiza, Spanyol. Nieto meninggal di usia 70 tahun karena mengalami kerusakan pada otaknya.

Baca Juga
Angel Nieto Meniggal Dunia Setelah Tertabrak Mobil
Valentino Kurang Berkesan dengan Penyelenggara Gymkhana Autoshow 2017

Text : Suhartono | Photo / Video : Twitter | 26 December 2017

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company