image Para pebalap wanita di TDU (Tourdownunder) Richie Porte, pebalap lokal juara TDU 2017 (Tourdownunder) Stuart O'Grady, juara TDU pertama (Tourdownunder)

Tour Down Under dari Masa ke Masa

Text : Adi Supriyatna | Editor: Andi Wahyudi | Media Source: Tourdownunder | 29 December 2017

uploads/news/2017/12/draft-perjalanan-tour-down-under-46724bcfa16725b.jpg

Perjalanan Tour Down Under

tour-down-under-dari-23150b6b0279e94
tour-down-under-dari-52780c4e283ab36
tour-down-under-dari-893172601cb89c4
SPORTKU.COM

Tour Down Under menjadi salah satu tour penting bagi para pebalap sepeda profesional di dunia. Bagaimana perjalanannya? 

Tour Down Under (TDU) adalah ajang balap sepeda terbesar di Australia dan memiliki sejarah yang kaya. Lomba balap sepeda ini berlangsung selama sembilan hari dan menjadi pembuka dari Worldtour (tour dunia) balap sepeda.

TDU pertama kali digelar pada tahun 1999. Kala itu race ini belum berstatus tour dunia UCI dan lomba tersebut dimenangkan oleh pebalap lokal, Stuart O'Grady.

Sejak saat itu, banyak pesepeda terkenal internasional yang bergabung dengan Honour Roll. Event ini juga kemudian berkembang dan menjadi lomba balap sepeda terbesar di belahan bumi bagian selatan.

Baca juga:
COMMENCAL BERPISAH DENGAN GEORGE BRANNIGAN

Pada tahun 2006, TDU memperkenalkan jersey pemimpin race ochre yang khas. Warna ochre sangat terkait dengan budaya dan sejarah Australia, dan menjadi keunikan dari TDU.

TDU bergabung dengan UCI WorldTour pada tahun 2008. Balapan ini menjadi event pertama di luar rumah tradisional bersepeda di Eropa. TDU mengunjungi beberapa pantai spektakuler di Australia Selatan, kawasan anggur terkenal di dunia dan kota-kota bersejarah, sebelum berakhir di jalan-jalan di Adelaide.

Pebalap elite dunia, seperti Peter Sagan, Cadel Evans, Marcel Kittel, Andy Schleck dan Andre Greipel telah berlomba di ajang ini dan menaklukkan jalan-jalan terbaik di Australia.

Pada tahun 2017, TDU disaksikan 840 ribu penonton yang berbaris di jalan-jalan di Australia Selatan untuk menyaksikan pahlawan bersepeda Australia Richie Porte dari Tim Racing BMC yang meraih juara umum, dengan lebih dari 43.000 pengunjung dari luar negeri dan luar negeri melakukan perjalanan hanya untuk menyaksikan pertunjukan tersebut.

Acara, diklaim penyelenggara, menghasilkan $56,5 M pada bidang ekonomi bagi perekonomian negara dan berkontribusi pada banyak komunitas di seluruh negara bagian di Australia.

Selain putra, TDU juga melombakan kategori elite wanita internasional yang bersaing dengan tim wanita terbaik Australia di National Road Series.

Data & Fakta Penting di TDU
1999: TDU digelar untuk pertama kalinya. Rider lokal Stuart O'Grady keluar sebagai juara.
2000: TDU memiliki etape berjarak 180km (McLaren Vale stage). Etape ini merupakan yang terpanjang dalam sejarah race ini.
2006: Race paling panas, dengan lebih 42 derajat Celsius selama 4 hari di Yankalilla.
2007: Race paling basah dalam sejarah, dengan adanya hujan lebat di etape 4 dan 5.
2008: Mendapat status “UCI WorldTour” dan menjadi race tour dunia pertama di luar Eropa.

Baca juga:
5 PERISTIWA PENTING KEJURNAS IRS 2017


Richie Porte, pebalap lokal yang menjuarai TDU 2017 (Tourdownunder)

tour-down-under-dari-52780c4e283ab36.jpg

 

Text : Adi Supriyatna | Editor: Andi Wahyudi | Media Source : Tourdownunder | 29 December 2017

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company