image

Intip Berapa Gaji Pebalap Motor Indonesia

Text : Suhartono | Photo / Video : Suhartono | Editor: Dedi Hermawan | 30 December 2017

SPORTKU.COM

Pekerjaan dengan bayaran tinggi tentu menjadi idaman semua orang. Begitu juga dengan para pebalap.

Menjadi pebalap memang bukan pekerjaan yang mudah. Bukan hanya soal skill yang berbicara. Kesuksesan seorang pebalap juga harus dibarengi dengan public speaking mumpuni. Pebalap yang kelihaian dalam mengolah susunan kalimat saat berhadapan dengan media tentu akan memiliki nilai tambah.

Lihat saja para pebalap MotoGP misalnya. Mereka digaji dengan milyaran rupiah per tahunnya bukan hanya untuk menjadi pebalap saja. Tapi juga dituntut untuk bisa 'jualan' produk sponsor maupun brand milik timnya. Pastinya, yang menjadi media darling bisa minta bayaran lebih ketimbang pebalap lainnya.

Para pebalap MotoGP bisa saja meraup angka puluhan milyar setiap musimnya. Itu tentu belum termasuk bonus dan tambahan dari para sponsor pribadi mereka. Seperti halnya Jorge Lorenzo. Bersama Ducati di musim ini pebalap Spanyol itu punya gaji USD7 juta atau setara dengan Rp93 milyar per musim. Rossi dengan gaji USD10 juta atau Rp113 milyar. Marquez kabarnya juga bergaji sama dengan Rossi.

Lalu bagaimana dengan para pebalap di Indonesia? Seorang sumber kepada SPORTKU.com mengatakan jika pebalap Indonesia rata-rata memiliki gaji Rp100 juta setiap musimnya untuk tim satelit. Sementara bagi mereka yang sudah masuk tim pabrikan bisa meraup nilai Rp150 juta setiap musimnya.

Baca Juga
Smart Samarinda, Timnya Para Pengusaha Muda (Video)

Angka tersebut istilahnya baru gaji pokok atau nilai kontrak saja dengan tim. Belum lagi pendapatan dari sponsor pribadi, bonus per seri jika podium maupun bonus akhir musim. Masih dari sumber yang sama, setiap seri para pebalap juga akan menerima start money. "Start money setiap seri sekitar Rp2,5 juta untuk pebalap satelit. Kalau pebalap pabrikan bisa Rp5 juta," katanya.

Sekadar info, nilai ini untuk para pebalap yang berlaga di ajang Kejurnas Indospeed Race Series (IRS) dan Kejurnas Motoprix. Bayaran setiap pebalap memang pasti berbeda. Banyak faktor yang bisa mempengaruhi nilai kontrak. Bisa dari segi prestasi, tim tersebut satelit atau pabrikan. Dan masih banyak faktor lainnya.

Sementara itu, sumber lainnya mengatakan kepada SPORTKU.com jika pebalap untuk kategori pemula bisa bernilai Rp25 juta per musim. Pebalap seeded namun masih baru sekitar Rp50-100 juta. Sedangkan untuk pebalap seeded senior rata-rata di atas Rp100 hingga Rp200 juta setiap musimnya.

Baca Juga
5 Peristiwa Penting Kejurnas IRS 2017

"Tapi semua itu tergantung kebijakan tim. Karena kontrak pebalap ada yang pakai start money ada juga yang gak ada start money. Dan nilai itu biasanya di luar bonus per seri dan bonus akhir musim. Bonus ada yang dari tim juga pabrikan. Kontrak pebalap dengan ti biasanya juga di luar sponsor pribadi," ungkap sumber yang enggan disebutkan namanya.

Kestabilan ekonomi di Indonesia juga memberikan banyak dampak terhadap pendapatan para pebalap. Sebab pada setiap musimnya, setiap tim maupun pabrikan akan melihat kondisi ekonominya sebelum menentukan besaran gaji yang akan ditawarkan kepada calon pebalapnya.

"Selain kestabilan ekonomi, juga banyak faktor lain yang bisa mempengaruhi nilai kontrak. Bisa dari prestasi, prestasi tidak hanya dilihat dari apakah pebalap tersebut sering podium atau tidak. Tapi juga menyangkut hubungan personal pebalap dengan media atau sponsor lainnya. Ini akan menjadi nilai lebih. Percuma saja sering podium tapi kalau gak ada pemberitaan media. Imej pebalap juga berpengaruh," bebernya.

"Untuk saat ini yang saya tahu, gaji pokok pebalap Kejurnas rata-rata di tiga besar sekitar Rp250 juta setiap musimnya. Kalau saya pernah tahun 2013 terima bonus hingga Rp117 juta. Belum lagi dengan gaji pokok, saat itu saya bisa terima bersih pendapatan sekitar Rp350 juta."

Baca Juga
Teknik Balap Gantung Gas Sudah Tak Berlaku di Balap Motor Sport

Text : Suhartono | Photo / Video : Suhartono | Editor: Dedi Hermawan | 30 December 2017

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company