image Nicky Hayden juga punya nomer balap 69 Nicky Hayden dengan sang ayah Nicky Hayden (69) saat balap mini moto

Nicky Hayden, Pebalap Cilik dari Yogyakarta

Text : Suhartono | Photo / Video : Suhartono, Sonny Hastara | 1 January 2018

uploads/news/2018/01/nicky-hayden-pebalap-cilik-73434bb214e1e83.JPG

Nicky Hayden, Pebalap Cilik Yogyakarta

nicky-hayden-pebalap-cilikjogja-44549b8fccd0615
nicky-hayden-pebalap-cilikjogja-76841fa057bd448
nicky-hayden-pebalap-cilikjogja-177830dd22b7761
SPORTKU.COM

Menjadi fans berat memang merupakan doktrin paling mutakhir untuk akhirnya melakukan segala sesuatu seperti sang idola.

Mendengar nama Nicky Hayden, terbesit kepada sosok pebalap asal Amerika yang sudah meninggal dunia. Hayden begitu nama panggungnya sering terdengar di berbagai ajang balap dunia khususnya di MotoGP dan World Superbike (WSBK). Meski kini sudah tinggal nama, namun Nicky Hayden masih terus dikenang oleh para pecinta balap di seluruh dunia.

Bicara soal Nicky Hayden, ternyata ada kembarannya. Kembar di sini bukan dalam arti yang sebenarnya. Adalah pebalap cilik asal Sleman, Yogyakarta yang mencantumkan nama Nicky Hayden di akta kelahirannya. Penampilan apik Nicky Hayden di ajang MotoGP 2006 menjadi inspirasi kedua orang tuanya untuk menggunakan nama Nicky Hayden kepada si jabang bayi.

Pasangan Ary Basuki dan Hartini menamakan sang anak sama persis dengan Nicky Hayden. Sejak masih dalam kandungan, sang ayah memang sudah bernadzar jika sang anak lahir dengan jenis kelamin laki-laki akan diberi nama seperti pebalap MotoGP yang bisa juara dunia di musim 2006.

Dan ketika itu, Nicky Hayden berhasil menjadi Juara Dunia MotoGP 2006. Bukan hanya nama Nicky Hayden yang disematkan kepada sang anak. Nomer balap dengan angka kramat 69 pun juga tertempel pada semua perlengkapan balap si pebalap cilik Nicky Hayden. Praktis, saat berada di sirkuit pun sosok Nicky Hayden begitu mencuri perhatian.

Baca Juga
Dokter Terbaik MotoGP

"Dulu saat istri saya hamil, saya berjanji kalau anak saya lahir dengan jenis kelamin laki-laki maka akan saya beri nama yang bisa Juara Dunia MotoGP 2006. Dan kebetulan juaranya adalah Nicky Hayden, makanya saya kasih nama Nicky Hayden,: ungkap Ary saat berbincang santai dengan SPORTKU.com.

Sang ayah sendiri memang begitu menyukai kegiatan racing. Meski tak menjadi pebalap, namun sering kali Ary meluangkan waktu untuk melihat aksi balap di sekitaran Yogyakarta. Hobi tersebut ternyata masih dia lakukan hingga sang anak lahir. Sejak kecil pula Nicky Hayden sering kali diajak mondar-mandir sirkuit untuk nonton balap.

"Kalau saya bukan pebalap, hanya hobi saja. Anak sering saya ajak nonton balap dan akhirnya dia kepingin jadi pebalap. Ya sudah saya tidak masalah yang penting masih dalam hal positif. Kalau balapan profesional di trek-trek resmi belum lama juga, paling baru sekitar bulan Mei lalu," sambung Ary.

Masih menurut Ary, event pertama kali yang diikuti Nicky Hayden adalah ajang balap Lenka Fun Race yang berlangsung di Sirkuit Mandala Krida Jogjakarta. Saat itu, Nicky Hayden pada debut balapnya langsung meraih tiga juara sekaligus, yaitu juara 1, juara 2, dan juara 1 di kelas yang berbeda.

Sukses dengan penampilan perdananya, Nicky Hayden mulai tertarik dengan hobi balapnya. Memang, jika dilihat skill balapnya berada di atas rata-rata pebalap seusianya. Apalagi jika mengingat Nicky Hayden yang lahir pada tanggal 23 Januari 2007 saat ini masih duduk di kelas 6 SDN Plosorejo, Umbulharjo, Sleman - Yogjakarta.

Untuk terus mengasah skill balapnya, Nicky Hayden kini berada di bawah sang kapten Dedy Fermadi dan Agung Bening yang juga merupakan ayah dari pebalap Dafa Kresna.

Baca Juga
Intip Berapa Gaji Pebalap Motor Indonesia
Siapa Pencetus Motorhome di MotoGP?

Text : Suhartono | Photo / Video : Suhartono, Sonny Hastara | 1 January 2018

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company