Cara Mudah Menjaga Kebugaran Tubuh

Text : Adi Supriyatna | Photo / Video : Adi Supriyatna | Editor: Andi Wahyudi | 2 January 2018

Tips Menjaga Kebugaran Tubuh

SPORTKU.COM

Tubuh manusia membutuhkan perlakuan khusus agar bisa tetap stabil dan mampu mendukung aktivitas seseorang sehari-hari.

Apalagi bagi mereka yang berprofesi sebagai atlet. Tubuh yang bugar tentu menjadi kunci utama untuk bisa mencapai prestasi yang maksimal.

Untuk menjaga kebugaran tubuh memang berbeda antara satu dengan orang lainnya. Tapi sebenarnya, kuncinya adalah sama, yakni menjaga stabilitas stamina dengan berolahraga secara rutin.

Baca juga:
LOTTONL-JUMBO PASTIKAN PEBALAPNYA DI TDU

Menurut menurut fisioterapis profesional Matias Ibo, seseorang bisa mengambil waktu setiap hari untuk melatih tubuh atau ototnya. Hal itu perlu dilakukan secara rutin setiap hari atau maksimal tidak boleh lebih dari 72 jam atau 3 hari. Aktivitas yang dilakukan bisa dengan waktu atau intesitas yang sama.

“Karena tubuh memiliki muscle memory (ingatan otot). Muscle memory ini validasinya 72 jam. Jadi kalau hari ini kita olahraga, tubuh akan ingat, (bahwa kita) kemarin olahraga, aktivitasnya sekian lama, kalorinya sekian banyak dan lain-lain,” kata pria yang pernah menjadi fisioterapis di timnas sepak bola itu.

Tubuh secara otomatis akan mempersiapkan diri kembali. Tapi, Matias mengingatkan bahwa target latihan harus sama dengan sebelumnya. Bila seseorang tidak melatih tubuhnya secara teratur, maka stamina tubuh akan turun kembali.

“Jadi, kalau kita tidak melakukannya secara teratur (stamina) tubuh juga akan turun. Dan kalau (olahraga) dilakukan secara terus-menerus, maka tubuh akan stabil,” jelas Matias.

Matias juga menyarankan, bagi kalangan professional khusus, untuk melakukan aktivitas yang disengaja -bukan bekerja, dengan mengambil waktu setiap hari, selama 45 menit sampai 1 jam. 

Baca juga:
NICKY HAYDEN, PEBALAP CILIK DARI YOGYAKARTA

Matias Ibo fisioterapis profesional

matias-ibo-adi-supriyatna--9733058a13fc473.jpg

 

Text : Adi Supriyatna | Photo / Video : Adi Supriyatna | Editor: Andi Wahyudi | 2 January 2018

  • facebook share

RELATED NEWS

Dari Mana Malaysia Biayai Pebalapnya?

Dari Mana Malaysia Biayai Pebalapnya?

DID U KNOW
Event Balap di Bawah Dorna

Event Balap di Bawah Dorna

DID U KNOW
Data dan Fakta Sirkuit Chang

Data dan Fakta Sirkuit Chang

DID U KNOW
Misteri Lubang Lampu Mobil Balap

Misteri Lubang Lampu Mobil Balap

DID U KNOW

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company