Berd Klaim Ciptakan Spoke Paling Ringan di Dunia

Text : Adi Supriyatna | Photo / Video : Berd | Editor: Andi Wahyudi | Media Source: Bikeradar | 3 January 2018

Inikah Spoke Paling Ringan?

SPORTKU.COM

Sebuah perusahaan yang berbasis di Minnesota, AS, bernama Berd telah menciptakan spoke dengan bobot yang super ringan.

Spoke tersebut diklaim sebagai yang paling ringan di dunia. Bukan terbuat dari baja atau aluminium, spoke (jari-jari) Berd terbuat dari bahan Polylight atau polimer unik, yang disebut polyethylene dengan berat molekul yang ultra ringan.

Baca juga:
JOSH BRYCELAND DAN JOSH LEWIS DIDUKUNG ROYAL RACING

Menurut pembuatnya, ada tiga manfaat utama dari penggunaan bahan tersebut. Yang paling jelas adalah pengurangan bobot. Berd mengklaim bahwa bahan yang digunakannya bisa menghemat hingga 250 gram untuk sepasang roda - untuk sebuah roda 265mm hanya berbobot 2,3 gram.

Sebagai perbandingan, spoke baja DT Swiss Comp double-butted (2.0 / 1.8 / 2.0) memiliki berat sekitar 5,9gram, straight 2.0 sekitar 6,9gram, dan DT Swiss Revolution (2.0/1.5/2.0) sekitar 4,4gram.

 

Komparasi bobot spoke Berd dengan jenis lain

berd-klaim-spoke-nya-paling-3636695385561e1.jpg

Keuntungan kedua adalah penurunan getaran akibat peredaman oleh polimer. Roda yang dibangun dengan spoke Berd diklaim lebih halus dan lebih nyaman dibanding dari bahan logam.

Yang terakhir adalah minim kerusakan. Berd mengklaim, material polimer tidak mengalami “kelelahan” seperti pada logam, sehingga mengurangi kemungkinan patah dan meningkatkan impact resistance (tahan terhadap benturan).

Meskipun memiliki bobot hanya setengahnya dari jenis lain, spoke Berd lebih kuat dari spoke tradisional. Spoke Polylight, dilaporkan, mampu menahan beban hingga 300kg (660lbs) dalam kondisi tegang.

Selain itu, pada kecepatan rata-rata berkendara dengan spoke buatannya, Berd mengklaim sepersekian watt lebih rendah dibandingkan spoke high-end. Lebar spoke Polylight hanya 1,8mm.

Saat dipasang, Polylight akan tampak terpasang seperti sopke biasa, dimana terdapat ujung logam berulir 2.0mm yang menempel pada nipple. Pada sisi hub, spoke ini menonjol di lubang yang dapat ditarik melalui lubang hub dan diamankan dengan tangkai berukuran kecil. Spoke Berd juga diklaim kompatibel dengan hub jenis J-bend dan straight-pull.

Yang menarik, jari-jari Polylight ternyata telah disetujui UCI. Pasalnya, Berd telah bermitra dengan beberapa pembuat roda kustom, bekerja dengan produsen roda dan menawarkan produknya untuk membangun kembali roda dengan jari-jari polimer-nya.

Baca juga:
ANDY MURRAY DILANDA KEKECEWAAN DAN KETAKUTAN


Spoke buatan Berd diklaim paling ringan di dunia 

berd-klaim-spoke-nya-paling-514706d6f824228.jpg



 

Text : Adi Supriyatna | Photo / Video : Berd | Editor: Andi Wahyudi | Media Source : Bikeradar | 3 January 2018

  • facebook share

RELATED NEWS

Öhlins Tarik Dua Fork MTB

Öhlins Tarik Dua Fork MTB

BUSINESS & TECHNOLOGY
MTB Baru Sam Hill

MTB Baru Sam Hill

BUSINESS & TECHNOLOGY
Rodalink Gelar Event Unik

Rodalink Gelar Event Unik

BUSINESS & TECHNOLOGY
Test Ride Polygon XQUARONE DH

Test Ride Polygon XQUARONE DH

BUSINESS & TECHNOLOGY

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company